Contoh Teks Laporan Rekaman Percobaan


Teks rekaman percobaan ini pertama kali diperkenalkan kepada siswa saat kelas 9 SMP. Pada kesempatan kali ini kami akan melakukan sebuah percobaan yang direkam dalam langkah-langkah kemudian sampai pada hasil dan kesimpulan yang didapat. Berikut ini adalah pengertian dan contohnya.



Pengertian Teks Rekaman Percobaan

Teks rekaman percobaan merupakan sebuah teks yang menceritakan tentang percobaan yang dilakukan oleh penulis. Umumnya digunakan untuk melakukan percobaan, karya ilmiah, pembuatan sesuatu, dan lainnya.

Berhubung teks rekaman percobaan ini tidak jauh berbeda dengan teks prosedur, sebaiknya kita tahu perbedaan antara keduanya. Teks rekaman percobaaan merupakan sebuah teks yang menceritakan percobaan yang dilakukan oleh penulis. Sedangkan teks prosedur merupakan sebuah teks yang menceritakan tahapan atau proses yang diceritakan oleh penulis.

Struktur Teks Rekaman Percobaan

Terdapat 4 struktur yang menyusun teks rekaman percobaan sehingga akan menjadi kesatuan dan sama seperti teks prosedur, hanya saja di dalam teks prosedur tidak ada hasil dan simpulan. Adapun 4 struktur tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Tujuan serta alat dan bahan
  2. Langkah-langkah
  3. Hasil
  4. Simpulan

Unsur Kebahasaan Teks Rekaman Percobaan

Adapun ciri kebahasaan yan sering digunakan dalam teks rekaman percobaan, yaitu penggunaan :

  • Sinonim dan Antonim
  • Kalimat Kompleks atau Kalimat Majemuk
  • Kata Penghubung
  • Kata rujukan
  • Istilah teknis
  • Kalimat perintah
  • Kata bilangan

Contoh Singkat Teks Rekaman Percobaan

Untuk lebih mempermudah pemahaman anda mengenai teks rekaman percobaan ini maka kami akan memberikan contoh beserta strukturnya. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.



“Cara Membuat Baterai Alami dari Kentang”

Kita seringkali membeli baterai di toko, tapi pernahkan terbesit di pikiran anda untuk membuat sebuah baterai alami dengan memanfaatkan kentang? Bisa dibilang ini tidak masuk akal, namun nyatanya memang bisa. Tujuan dibuatnya baterai alami adalah untuk mengantisipasi jika energi baterai yang ada sudah habis, ketika mati lampu, atau untuk menambah pengetahuan kita.

Alat dan bahan yang digunakan :

  • Kentang
  • Lampu LED atau lampu bohlam kecil
  • Kabel
  • Penjepit buaya
  • Lempengan tembaga
  • Lempengan seng
  • Untuk pengganti tembaga dan seng ini bisa digunakan isi dalam baterai yang umumnya berwarna hitam.

Langkah-Langkah Pembuatan :

  1. Pertama tancapkan tembaga dan seng kedalam kentang dengan jarak sekitar beberapa cm, dan jangan sampai menancapkan berdekatan.
  2. Jepit kabel ke setiap lempengan tersebut, lalu hubungkan dengan lampu.
  3. Anda harus perhatikan lampu, apakah nyala atau tidak. Jika masih belum menyala cobalah dibalik.
  4. Namun jika masih belum menyala juga, tambahkan kentang untuk dapat menghasilkan arus listrik yang lebih besar.

Hasil

Setelah semua langkah tersebut dilakukan, setidaknya anda bisa membuat salah satu energi alternatif yang dapat digunakan untuk digunakan pada saat-saat tertentu.

Simpulan



Lampu tersebut dapat menyala karena adanya arus listrik yang mengalir. Sama halnya baterai lampu senter, kentang dan lempengan-lempengan tersebut juga bisa menghasilkan arus listrik meskipun sangat lemah.

Getah kentang dapat mempengaruhi logam secara kimiawi sama seperti larutan elektrolit dalam aki. Maka dari itu, susunan seperti ini disebut dengan elemen galvani. Hal ini dikarenakan yang pertama kali mengamati proses ini dalam eskperimen adalah seorang dokter dari Italia bernama Galvani.



Leave a Reply

Your email address will not be published.