Contoh Teks Prosedur Dalam Bahasa Inggris


Procedure Text – Jenis teks bahasa Inggris ini merupakan teks yang paling familiar dan dekat dengan kehidupan kita. Procedure text adalah sebuah teks yang isinya menjelaskan prosedur atau instruksi dalam melakukan sesuatu.



Tujuan dari procedure text adalah untuk menunjukan urutan sebuah proses guna membuat pembaca menjadi mengerti bagaimana prosedur sesuatu hal dan untuk memberitahu pada pembaca hal bagaimana melakukan sesuatu hal yang sesuai dengan urutan langkahnya.

Baca juga: Pengertian Teks Prosedur Dan Strukturnya

Ada  3 jenis procedure text yang biasa digunakan dalam materi bahasa Inggris, diantaranya :

  1. Jenis yang pertama adalah procedure text yang memiliki fungsi untuk menjelaskan bagaimana dalam mengoperasikan sesuatu, disebut dengan manual procedure text.
  2. Procedure text yang kedua adalah jenis teks yang berfungsi untuk menjelaskan bagaimana membuat sesuatu, disebut dengan making procedure text.
  3. Terakhir adalah jenis teks yang menjelaskan bagaimana menjadi sesuatu yang berkaitan dengan perilaku manusia, disebut dengan how to procedure text.

Language Features Of Procedure Text

Setelah mengetahui tujuan dan aspek-aspek yang ada pada Procedure Text, berikutnya kita akan pelajari tentang fitur-fitur bahasanya. Ada fitur bahasa apa saja, ya ? Mari kita simak ulasan di bawah ini.

  • Simple Present Tense

Prosedure Text harus dibuat menggunakan Simple Present Tense. Ini karena dalam sebuah Procedure Text terdapat kalimat-kalimar fakta tentang pembuatan atau penggunaan sesuatu.



  • Kalimat perintah (Imperative Senteces)

Kira-kira apa saja contoh kalimat dalam Procedure Text? Contohnya adalah seperti add 3 onnions and mix it well with the dough. Perhatikan juga bahwa kalimat perintah harus diawali dengan kata kerja (verb). Contohnya adalah seperti heat, stir, mix, add, boil, plug in, dan sebagainya.

  • Kata Penghubung (Connectives)

Kata penghubung (Connectives) biasa digunakan sebagai penghubung antara satu kegiatan dengan kegiatan yang lainnya. Contohnya adalah firstly, secondly, then, after that, finally, last, dan sebagainya.

  • Kata Keterangan (Adverbs)

Kata keterangan (adverbs) biasa dipakai untuk memberikan keterangan waktu seperti in 10 minutes, for 1 hour, during the first half hour. Disamping itu, bisa juga digunakan untuk memberikan keterangan cara (manner). Contohnya adalah slowly, throughly, well, fast, dan lain-lain.

Untuk lebih memudahkan anda dalam mempelajari tentang struktur umum procedure text, kami akan menjelaskan contoh procedure text dari masing-masing procedure text.

Baca juga: Contoh Teks Prosedur Kompleks

Contoh Procedure Text

Contoh Manual Procedure Text Beserta Arti dan Analisis Struktur Umumnya

“How to Insert Sim Card Cellphone”

Cellphone is a modern communication device which connects one to the others by voice, written message and data. However this device can not work until the SIM card is inserted.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *