Contoh Pidato Singkat Bahasa Indonesia


Pidato Singkat Bahasa Indonesia – Pidato merupakan suatu kegiatan orasi atau menyampaikan pesan di depan orang banyak dengan memakai struktur dan intonasi yang tertentu, sehingga tujuan pidato tersebut bisa tercapai. Pidato memiliki tujuan untuk menyampaikan suatu pendapat atau pandangan terhadap hal tertentu kepada banyak orang.



Mungkin bagi kebanyakan orang, pidato merupakan hal yang sangat mudah dilakukan. Namun bagi sebagian orang lainya pidato menjadi hal yang cukup menakutkan. Sebenarnya hal tersebut bisa saja dicegah, karena pidato bisa dipersiapkan terlebih dahulu. Sehingga ketika melakukan pidato kita tidak tidak akan mengalami grogi ataupun kendala yang lainnya.

Cara Membuat Pidato Dan Unsur-Unsur Pidato

Untuk melakukan pidato kita membutuhkan naskah pidato singkat atau panjang yang memiliki fungsi sebagai garis besar pokok pembicaraan yang akan kita sampaikan. Di dalam sebuah teks pidato terdapat 3 unsur penting, yaitu:

  1. Bagian Pembukaan Pidato

Bagian pembukaan merupakan bagian awal dari pidato. Bagian ini berisi ucapan salam kepada pihak-pihak yang dihormati, ucapan rasa syukur kepada Allah ST, dan sapaan kepada hadirin yang telah hadir.

  1. Bagian Isi Pidato

Bagian isi merupakan bagian tengah yang sakaligus bagian inti di dalam teks pidato. Bagian ini berisi poin-poin penting yang ingin disampaikan. Isi pidato juga harus disesuaikan dengan peserta yang mendengarkan pidato. Perhatikan tingkat kemampuan menyerap informasi para pendengar pidato dan sebaiknya menggunakan bahasa yang mudah untuk dipahami.



Pidato yang akan ditujukan untuk anak Sekolah Menengah Pertama sudah pasti berbeda dengan pidato yang ditujukan untuk kalangan mahasiswa atau masyarakat umum. Anda harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan jangan sampai menggunakan bahasa asing jika kemungkinan tidak dipahami oleh para hadirin.

  1. Bagian Penutup Pidato

Penutup adalah bagian akhir dari pidato. Bagian penutup berisi ungkapan terima kasih kepada para hadirin yang sudah menyempatkan waktunya untuk mendengarakn sesi pidato. Kemudian dilanjutkan dengan ungkapan rasa syukur sebagai kalimat penutup.

Cara Berpidato Di Depan Umum Tanpa Nervous

Setelah membahas cara menyusun teks pidato, pembahasan berikutnya adalah bagaimana cara pidato atau teknik pidato yang benar. Berikut ini adalah cara pidato efektif yang baik dan tepat sasaran.

  1. Menggunakan Data yang Bisa Dipertanggungjawabkan

Pada saat melakukan pidato, kita harus menggunakan informasi yang aktual dan bisa dipertanggungjawabkan. Hal ini dikarenakan pidato bisa mempengaruhi para hadirin. Pastikan informasi yang kita sampaikan benar adanya sehingga tidak akan menyesatkan para hadirin.

  1. Tujuan yang Jelas

Pada saat berpidato, kita harus mempunyai tujuan yang jelas. Tujuan yang jelas akan membantu kita untuk menyusun isi pidato yang efektif dan efisien.

  1. Isi Mudah Dipahami

Pidato sebaiknya memiliki isi yang berupa kalimat-kalimat yang mudah dipahami oleh audience. Hal ini dikarenakan isi merupakan bagian yang paling penting dari sebuah teks pidato. Tercapai atau tidaknya tujuan dari sebuah pidato dalam menyampaikan pandangan, gagasan, atau informasi tergantung dari kejelasan isi dan juga penyampaiannya.





Leave a Reply

Your email address will not be published.