Contoh Pidato Singkat Bahasa Indonesia


Pidato Singkat Bahasa Indonesia – Pidato merupakan suatu kegiatan orasi atau menyampaikan pesan di depan orang banyak dengan memakai struktur dan intonasi yang tertentu, sehingga tujuan pidato tersebut bisa tercapai. Pidato memiliki tujuan untuk menyampaikan suatu pendapat atau pandangan terhadap hal tertentu kepada banyak orang.



Mungkin bagi kebanyakan orang, pidato merupakan hal yang sangat mudah dilakukan. Namun bagi sebagian orang lainya pidato menjadi hal yang cukup menakutkan. Sebenarnya hal tersebut bisa saja dicegah, karena pidato bisa dipersiapkan terlebih dahulu. Sehingga ketika melakukan pidato kita tidak tidak akan mengalami grogi ataupun kendala yang lainnya.

Cara Membuat Pidato Dan Unsur-Unsur Pidato

Untuk melakukan pidato kita membutuhkan naskah pidato singkat atau panjang yang memiliki fungsi sebagai garis besar pokok pembicaraan yang akan kita sampaikan. Di dalam sebuah teks pidato terdapat 3 unsur penting, yaitu:

  1. Bagian Pembukaan Pidato

Bagian pembukaan merupakan bagian awal dari pidato. Bagian ini berisi ucapan salam kepada pihak-pihak yang dihormati, ucapan rasa syukur kepada Allah ST, dan sapaan kepada hadirin yang telah hadir.

  1. Bagian Isi Pidato

Bagian isi merupakan bagian tengah yang sakaligus bagian inti di dalam teks pidato. Bagian ini berisi poin-poin penting yang ingin disampaikan. Isi pidato juga harus disesuaikan dengan peserta yang mendengarkan pidato. Perhatikan tingkat kemampuan menyerap informasi para pendengar pidato dan sebaiknya menggunakan bahasa yang mudah untuk dipahami.



Pidato yang akan ditujukan untuk anak Sekolah Menengah Pertama sudah pasti berbeda dengan pidato yang ditujukan untuk kalangan mahasiswa atau masyarakat umum. Anda harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan jangan sampai menggunakan bahasa asing jika kemungkinan tidak dipahami oleh para hadirin.

  1. Bagian Penutup Pidato

Penutup adalah bagian akhir dari pidato. Bagian penutup berisi ungkapan terima kasih kepada para hadirin yang sudah menyempatkan waktunya untuk mendengarakn sesi pidato. Kemudian dilanjutkan dengan ungkapan rasa syukur sebagai kalimat penutup.

Cara Berpidato Di Depan Umum Tanpa Nervous

Setelah membahas cara menyusun teks pidato, pembahasan berikutnya adalah bagaimana cara pidato atau teknik pidato yang benar. Berikut ini adalah cara pidato efektif yang baik dan tepat sasaran.

  1. Menggunakan Data yang Bisa Dipertanggungjawabkan

Pada saat melakukan pidato, kita harus menggunakan informasi yang aktual dan bisa dipertanggungjawabkan. Hal ini dikarenakan pidato bisa mempengaruhi para hadirin. Pastikan informasi yang kita sampaikan benar adanya sehingga tidak akan menyesatkan para hadirin.

  1. Tujuan yang Jelas

Pada saat berpidato, kita harus mempunyai tujuan yang jelas. Tujuan yang jelas akan membantu kita untuk menyusun isi pidato yang efektif dan efisien.

  1. Isi Mudah Dipahami

Pidato sebaiknya memiliki isi yang berupa kalimat-kalimat yang mudah dipahami oleh audience. Hal ini dikarenakan isi merupakan bagian yang paling penting dari sebuah teks pidato. Tercapai atau tidaknya tujuan dari sebuah pidato dalam menyampaikan pandangan, gagasan, atau informasi tergantung dari kejelasan isi dan juga penyampaiannya.



  1. Cara Menyampaikan Jelas

Gunakanlah bahasa yang efektif dan jelas. Jangan terlalu banyak berimprovisasi menambahan informasi yang tidak penting sehingga tujuan utama dari pidato akan menjadi teralihkan dan bahkan tidak tersampaikan.

  1. Cara Penyampaian yang Tidak Membosankan

Cara penyampaian yang menyegarkan juga sangat dibutuhkan agar hadirin tidak bosan dengan sesi pidato yang telah disampaikan. Selain itu, perhatikan juga durasi pidato. Memilih pidato singkat yang padat isi akan lebih baik dibandingkan dengan pidato panjang tetapi bertele-tele.

Nah, ternyata cara menyusun teks pidato, ceramah dan cara melakukan pidato tidak sesulit yang kita bayangkan kan? Selanjutnya kami akan memberikan contoh teks pidato singkat yang akan membantu anda dalam mamahami bagaiamana cara menyusun teks pidato. Contoh pidato yang akan kami bahas kali ini adalah beberapa contoh teks pidato singkat bertema pendidikan.

  • Contoh Pidato Singkat

  • Pidato Singat Tentang Pendidikan Dan Pentingnya Untuk Masa Depan



Assalamu’alaikum Wr.Wb

Yang saya hormati Bapak/Ibu…………… (berisi nama penjabat, orang yang dihormati)

Beserta Para Hadirin yang berbahagia

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, pada hari ini kita diberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga kita dapat berkumpul pada kesempatan yang baik ini dalam keadaan sehat wal’afiat.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang makna pendidikan dan betapa pentingnya pendidikan bagi masa depan nantinya. Pendidikan merupakan sebuah proses belajar untuk dapat meningkatkan pengetahuan.

Pendidikan bukan hanya proses mentransfer ilmu dari pendidik untuk peserta didik. Lebih dari itu, pendidikan memiliki tujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia dan mencetak generasi bangsa yang cerdas. Pendidikan memiliki peran yang sangat penting di dalam suatu kehidupan berbangsa dan bernegara karena disinilah cita-cita dan masa depan generasi bangsa ditentukan.

Hadirin yang berbahagia

Kita tahu bahwa pendidikan merupakan hal yang sangat penting, baik itu dalam kehidupan pribadi atau dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Namun sayangnya, tidak semua orang memiliki kesempatan untuk mengenyam pendidikan sampai tingkat pendidikan yang tinggi.

Keterbatasan ekonomi dan keterbatasan akses membuat pendidikan menjadi sangat sulit untuk didapatkan oleh masyarakat kita yang berada di wilayah terpencil. Masih ingatkah anda bahwa ada sebagian kecil masyarakat kita yang harus menyebrang sungai terlebih dahulu dan bertaruh nyawa demi bisa sampai di sekolah? Hal ini tentu sangat membuat kita prihatin.

Di saat mereka ingin memperoleh pendidikan yang baik, mereka harus terkendala akses untuk menuju sekolah yang sangat sulit dicapai. Maka dari itu, bagi kita yang mendapatkan kemudahan dalam mengenyam pendidikan, kita harus mengunakan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk mecapai prestasi yang setiggi-tingginya.

Pendidikan merupakan salah satu jalan untuk mencapai cita-cita. Apakah cita-cita anda? Menjadi Dokter? Insinyur? Diplomat? Presiden? Semua cit-cita tersebut tidak akan bisa kita daatkan tanpa pendidikan yang memadai. Pendidikan juga merupakan jalan paling mudah untuk memutus rantai kemiskinan karena kemiskinan sangat berkaitan dengan kebodohan.

Pendidikan akan membuat seseorang menjadi lebih terdidik, lebih mudah untuk mendapatkan informasi, dan lebih cerdas. Hal ini pun membuat orang berpendidikan mendapatkan peluang yang lebih besar untuk mendapatkan posisi karier yang tinggi dan kesempatan kerja yang lebih luas sehingga tingkat kesejahteraanya juga jauh lebih baik dibandingkan orang yang tidak berpendidikan.

Hadirin sekalian yang saya hormati

Mengingat betapa pentingnya pendidikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara atau kehidupan pribadi, maka mulai sekarang ini mari kita siapkan diri untuk meraih pendidikan setinggi mungkin supaya cita-cita kita dapat tercapai. Demikian apa yang dapat saya sampaikan pada pagi hari ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *