Contoh Teks Opini Dan Strukturnya Lengkap


Menyusun Teks Opini – Mungkin anda pernah menemui sebuah teks yang isinya tentang pendapat pribadi dari seseorang terhadap seseorang suatu masalah. Jika pernah teks tersebutlah yang biasa disebut dengan teks opini.



Untuk dapat membedakan antara teks opini dengan jenis teks lainnya, di bagian akhir artikel ini kami akan sertakan ciri-ciri nya. Selain itu, kami juga akan membahas tentang pengertian, struktur, dan kaidah kebahasaan yang digunakan beserta contohnya.

Baca juga: Contoh Teks Debat

Pengertian Teks Opini

Teks opini merupakan sebuah teks yang isinya tentang pendapat pribadi seseorang terhadap suatu isu atau masalah aktual. Isu tersebut meliputi masalah politik, sosial, atau masalah ekonomi yang masih berkaitan dengan politik.

Teks opini rutin terdapat di koran dan majalah. Pengungkapan teks opini harus disertai dengan bukti, fakta, ataupun alasan yang logis supaya pembaca dapat menerimanya.

Tujuan Teks Tajuk Rencana / Opini :

  • Mengajak para pembaca agar ikut berpikir dalam masalah (isu atau topik) yang sedang hangat terjadi di kehidupan sekitar.
  • Memberikan suatu pandangan kepada para pembaca terhadap isu yang sedang berkembang.

Manfaat Teks Opini :

Teks opini akan memberikan informasi kepada para pembaca, untuk merangsang pemikiran, dan biasanya mampu menggerakkan para pembaca untuk bertindak.



Fungsi Teks Tajuk Rencana / Opini

  • Fungsi tajuk rencana biasanya akan menjelaskan berita dan akibatnya pada masyarakat.
  • Mengisi latar belakang dari kaitan berita itu sendiri dengan kenyataan sosial dan faktor yang mempengaruhi secara menyeluruh.
  • Terkadang ada analisis kondisi yang memiliki fungsi untuk mempersiapkan masyarakat akan kemungkinan yang dapat terjadi.
  • Meneruskan penilaian moral tentang berita tersebut.

Ciri-Ciri Teks Opini

  • Pada umumnya tesk tulisannya akan selalu hangat (sedang berkembang dibicarakan secara luas oleh masyarakat, bersifat aktual dan faktual.
  • Bersifat sistematis dan logis
  • Tajuk rencan merupakan opini atau pendapat yang bersifat argumentative
  • Sangat menarik untuk dibaca, sebab penggunaan kalimatnya yang singkat, padat, dan jelas.

Struktur Teks Opini

Struktur yang menyusun teks opini sama seperti struktur yang telah membangun teks eksposisi. Berikut ini adalah 3 struktu teks opini :

  1. Pernyataan pendapat (tesis): pada bagian ini berisi sudut pandang penulis tentang masalah yang akan dibahas. Umumnya sebuah teori yang akan diperkokoh oleh argumen.
  2. Argumentasi : Alasan atau bukti yang akan dipakai untuk memperkuat pernyataan dalam tesis, meskipun secara umum argumentasi diartikan untuk menolak suatu pendapat. Argumen bisa berupa pernyataan umum atau data hasil penelitian, pernyataan para ahli, atau fakta-fakta dari sumber yang terpercaya.
  3. Pernyataan atau penegasan ulang pendapat (Reiteration) : Bagian berisi penegasan ulang pendapat yang didukung oleh fakta di bagian argumentasi untuk dapat memperkuat atau menegaskan. Bagian ini terdapat di bagian akhir teks opini.

Kaidah Kebahasaan Teks Opini

Hampir sama dengan kaidah kebahasaan yang digunakan di teks posedur kompleks. Di ciri kebahasaan teks opini ini juga menggunakan verba material. Kaidah kebahasaan teks opini adalah sebagai berikut :



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *