Contoh Teks Narasi Beserta Strukturnya Lengkap


Pengertian Teks Narasi РPada kesempatan kali caramenghitung akan mengulas secara lengkap tentang contoh paragraf teks narasi. Apakah anda sudah tahu apa itu paragraf narasi? Selain membahas tentang contoh paragraf  narasi kami juga akan membahas mengenai jenis-jenis teks narasi, ciri-ciri teks narasi beserta contohnya. Nah untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan selengkapnya berikut ini.



Pengertian Teks Narasi

Teks narasi merupakan sebuah karangan yang mengisahkan atau menerangkan secara detail dan lengkap mengenai suatu peristiwa atau kejadian yang didasarkan dengan kronologi atau urutan waktu.

Terdapat dua jenis peristiwa dalam teks narasi, yang pertama adalah kejadian yang benar-benar nyata dan yang kedua adalah hanya sekedar karangan atau imajinasi saja.

Sudah bisa anda bayangkan kan tentang pengertian teks narasi? Jadi kesimpulannya adalah suatu teks narasi tidak hanya sekedar dari peristiwa saja, tetapi juga bisa diambil dari sebuah cerita fiktif atau khayalan seperti novel, cerpen, drama, biografi dan roman.

Baca juga: Pengertian Teks Eksposisi

Jenis-Jenis Teks Narasi

Berikut ini adalah ulasan tentang jenis-jenis teks narasi

  1. Teks Narasi Eskpositorik

Teks narasi ekspositorik merupakan sebuah paragraf narasi yang mempunyai target dalam menyampaikan suatu informasi secara tepat tentang suatu peristiwa atau kejadian dengan tujuan untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang cerita pribadi seseorang.

  1. Teks Narasi Sugestif

Teks narasi sugestif merupakan jenis paragraf narasi yang bertujuan untuk menyampaikan maksud tertentu atau memberikan sebuah amanat yang bersifat terselubung bagi para pendengar ataupun para pembacanya. Jadi seakan-akan pendengar atau pembaca dapat mengetahui dan mengerti maksudnya.

Ciri-ciri Teks Narasi

Berikut ini adalah ulasan selengkapnya tentang ciri-ciri teks narasi :

  • Teks narasi mempunyai tiga unsur utama yaitu waktu, tokoh, dan peristiwa.
  • Teks narasi mempunyai sifat fiksi dan non fiksi
  • Teks narasi memiliki tujuan untuk dapat menyampaikan informasi ataupun menciptakan pengalaman yang ada kesannya untuk para pendengar dan pembaca.
  • Teks narasi umumnya memuat kisah, peristiwa, cerita dan kejadian.

Nah untuk lebih mempermudah anda dalam mempelajari teks narasi, berikut ini kami akan memberikan contoh beserta penjelasannya. Silahkan disimak.

Contoh Teks Paragraf Narasi

Contoh Paragraf Narasi Ekpositoris 1

Perjuangan Ir. Soekarno

Pada tanggal 4 Juli 1927, Partai Nasional Indonesia atau PNI telah didirikan oleh Soekarno yang bertujuan supaya Indonesia bisa segera merdeka. Namun kenyataanya pada tanggal 29 Desember 1929, penjajah mengirim beliau ke dalam penjara Sukamiskin di Bandung sampai tanggal 31 Desember 1931.

Setelah itu beliau dibebaskan lalu ikut berpartsipasi dengan partindo. Namun untuk kedua kalinya beliau ketahuan dan ditangkap lagi kemudian diasingkan ke Ende Flores pada tahun 1993. Kemudian Belanda memindahkannya ke Bengkulu. Setelah melewati berbagai perjuangan dalam waktu yang sangat lama, akhirnya beliau ditemani oleh Bung Hatta untuk memproklamirkan kemerdekaan resmi Indonesia pada tanggal 17 Agustus  1945.

Contoh Teks Narasi Eskpositoris 2

Perang Surabaya

Pada tanggal 20 November 1945 meletuslah sebuah pergerakan perlawanan rakyat Surabaya untuk mengusir penjajahan Belanda dan para sekutu di tanah air khususnya di daerah Surabaya.

Awal mulanya terjadinya perang ini adalah karena terbunuhnya salah satu pimpinan mereka yaitu Brigadir Jenderal Mallaby yang kemudian menyulut kemarahan para tentara Inggris. Karena pemimpin mereka telah tewas, akhirnya Inggris dan para sekutunya menyampaikan suatu Ultimatum bagi semua pejuang yang berada di Surabaya agar segera menyerah.