Contoh Teks MC Acara Formal Dan Non Formal


Contoh Text MC Acara Resmi – MC adalah singkatan dari Master of Ceremony. Secara harfiah, MC berarti sebagai penguasa acara, pembawa acara, atau pemandu acara. Master = penguasa, ahli. Sedangkan ceremony = acara.



MC merupakan seni dalam membawakan sebuah acara dengan bahasa lisan yang efektif dan vocal yang jelas (intonasi, speed, asentuasi atau penekanan kalimat, dan artikulasi atau pengucapan dan kalimat) yang didukung oleh penggunaan bahasa lisan ataupun  tulisan dan bahasa tubuh (gestural). Ada juga yang mengatakan bahwa seorang MC adalah seniman kata-kata dan seniman bahasa tubuh.

Menjadi MC bisa dibilang gampang-gampang susah. Ada beberapa hal yang harus kita penuhi yaitu memiliki kepribadian baik, berpenampilan atraktif dan simpatik, mempunyai wawasan yang luas, mempunyai kemampuan berbahasa dan berkomunikasi yang baik, tanggap dan cekatan dan lain sebagainya.

Untuk menjadi seorang Master Of Ceremony atau MC tidak hanya butuh modal suara atau golden voice saja. Tetapi ada banyak sekali penunjang yang harus kita perhatikan dengan serius. Menjadi seorang MC harus bisa menarik perhatian khalayak, menghibur, menyampaikan suatu pesan dan menjadi pembangkit semangat dari khalayak yang telah hadir.

Baca juga: Contoh Berita Acara Untuk Berbagai Keperluan

Syarat-Syarat Menjadi MC atau Pembawa Acara

Saat membawakan sebuah acara, sebuah teks MC harus mampu menarik perhatian para hadirin untuk segera  merasa terlibat dalam acara tersebut. Apabila upaya tersebut gagal, maka jalannya acara akan menjadi hambar, tidak berkesan dan sangat mengecewakan.

Namun sebaliknya, apabila MC pandai untuk menguasai dan menghibur para hadirin, maka acara tersebut akan menjadi lancar dan menyenangkan. Dengan begitu, kesuksesan dalam sebuah acara sangat ditentukan oleh MC.

Berikut ini adalah syarat-syarat yang harus dimiliki oleh seorang Master of Ceremony (MC) :

  • Memiliki pengetahuan dan pengalaman luas
  • Cerdas
  • Memiliki rasa humor
  • Sabar
  • Imajinasi
  • Antusiasme
  • Rendah hati dan bersahabat
  • Memiliki kemampuan dalam bekerjasama

Contoh Teks MC dalam Acara Formal

Assalamuaikum wr wb

Selamat Pagi dan Salam Sejahtera bagi kita semua

Pertama-tama, marilah kita mengucap rasa syukur kehadirat Allah SWT, karena atas limpahan rahmat dan hidayahnya kita masih diberikan keberkahan yang sungguh tak terhingga.

Yang saya hormati Bapak….. selaku Pembicara

Yang saya hormati Ibu.. selaku (menyebutkan jabatan)

Yang saya hormati Bapak………selaku (menyebutkan jabatan)

Dan yang saya sayangi rekan-rekan mahasiswa…

Dengan mengucap rasa syukur Alhamdulillah, atas nikmat dan hidayah yang telah dimpahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa, sehingga kita semua dapat berkumpul pada acara yang sangat kita nanti – nantikan ini, yaitu (menyebutkan acara).

Bapak/ Ibu dan para hadirin yang berbahagia, sebelum memasuki acara inti, marilah kita terlebih dahulu memulai acara ini dengan berdo’a, supaya agenda yang akan kita laksanakan pada hari ini bermanfaat untuk kita semua, serta acara bisa berjalan dengan lancar dan kondusif.

Berdoa dimulai………………..

Bapak/ ibu serta para hadirin yang berbahagia, Pada pagi hari ini, izinkan saya untuk membacakan susunan acara, sebagai berikut :

  1. Sambutan dari Ibu (menyebutkan nama dan jabatan).
  2. Sambutan dari Bapak (menyebutkan nama dan jabatan).
  3. Seminar (sebutkan seminar ini membahas apa).
  4. Sesi tanya jawab.
  5. Dan yang terakhir Penutup.

Para hadirin yang saya hormati,  langsung saja kita mulai acara ini. Saya persilahkan kepada ibu (menyebutkan namanya) untuk memberikan sambutan.

Setelah yang bersangkutan sudah selesai menyampaikan sambutan, maka tugas anda mengucapakan terimakasih atas sambutan yang telah disampaikan dan menuju ke agenda acara berikutnya.

Bapak/ Ibu dan hadirin yang berbahagia, agenda acara yang berikutnya adalah sambutan dari (menyebutkan namanya), kepada bapak………..waktu dan tempat kami persilahkan.

Terima kasih kepada Bapak Zaenal atas sambutannya. Marilah kita memasuki acara inti yakni seminar (sebutkan seminar tentang apa) yang akan dipimpin oleh bapak…..kepada yang bersangkutan waktu dan tempat kami persilahkan.

Demikian sambutan yang dapat disampaikan oleh bapak………., terima kasih banyak atas informasi dan ilmu yang telah diberikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua.