Contoh Teks Iklan Lengkap Dengan Strukturnya


Contoh Text Iklan – Dunia periklanan menjadi bidang yang masih diminati sampai saat ini. Pasalnya, iklan biasa digunakan oleh banyak usaha seperti usaha kuliner, pendidikan, retail, percetakan, dan sebagainya.



Kualitas iklan dapat mempengaruhi reputasi suatu perusahaan atau pebisnis yang ingin memproduksi produknya. Semakin padat dan menarik, maka akan semakin banyak target yang terjaring.

Pengertian Teks Iklan

Teks iklan merupakan sebuah media promosi yang sangat efektif untuk mempromosikan  atau memasarkan produk. Daya jangkauannya yang terbilang masif dan luas sehingga akan memungkinkan produk yang diiklankan tersebut dapat menyentuh target pasar yang diincar.

Seperti yang telah disebutkan, iklan memungkinkan produk (barang atau jasa) dapat dikenali konsumen sehingga mereka tertarik untuk membeli atau mengonsumsinya.

Di jaman modern ini, persaingan di dunia periklanan semakin ketat dengan bertambahnya media dalam beragam format. Mulai dari radio, televisi, media cetak, sampai konten online.

Hal ini akhirnya mendorong kreator iklan untuk terus berinovasi dalam menciptakan karyanya agar tak hanya membantu para klien saja, tetapi juga menunjukkan mutu iklan yang berkualitas dan berbobot.

Baca juga: Contoh Teks Negosiasi

Fungsi Teks Iklan

Secara garis besar, teks  iklan berisi sebuah pesan untuk memperkenalkan produk kepada masayarakat. Namun, ada sebuah perbedaan yang membuat teks iklan berbeda dengan pengumuman biasa.

Perbedaan tersebut adalah sifatnya yang lebih persuasif supaya target pasar tertarik untuk membeli atau mengunakan produk yang diiklankan. Selain itu, teks iklan juga memiliki beberapa fungsi, diantaranya :

  1. Media Informasi untuk menyampaikan informasi suatu produk, ciri-ciri, dan sebagainya.
  2. Media Persuasi untuk mengarahkan atau membujuk calon konsumen supaya tertarik untuk membeli.
  3. Media Pengingat atau reminder untuk mengingatkan konsumen perihal produk yang tertentu supaya mereka berlangganan atau terus menggunakan produk kita.

Struktur dalam Teks Iklan

Untuk membuat iklan yang baik, teks iklan tidak boleh dibuat sembarangan. Ada beberapa struktur yang harus anda perhatikan. Struktur ini juga akan membantu anda dalam menyusun konten iklan tersebut, diantaranya :

  • Judul

Judul merupakan bagian yang diletakkan di bagian paling atas teks iklam. Akan tetapi, tidak semua iklan mencantumkan judul dalam konten. Sebagian iklan justru hanya mencantumkan nama produk di bagian paling atas.

  • Nama Produk

Pada bagian ini akan mencantumkan nama produk yang akan diiklankan.

  • Deskripsi Produk

Pada bagian ini, anda harus menjelaskan produk yang dijual secara detail dan sepadat mungkin. Deskripsi produk biasanya meliputi spesifikasi, cara mendapatkan produk, alamat dan kontak (nomor telepon atau surel) yang bisa dihubungi.

Kaidah Kebahasaan Teks Iklan

Kaidah kebahasaan dalam teks iklan juga harus anda perhatikan. Pasalnya, bahasa yang dipakai dalam teks iklan akan berbeda dengan jenis tulisan lainnya. Berikut ini ada beberapa ciri bahasa dalam teks iklan yang bisa anda terapkan.

  • Memakai Slogan

Bagi anda yang sudah mengamati iklan dalam waktu lama tentu akan selalu menemui slogan di dalamnya. Kata-kata atau kalimat di dalam sebuah slogan harus dibuat se-menarik mungkin, mencolok, dan dapat mencuri perhatian dari calon konsumen. Slogan yang memiliki empat sampai lima kata yang harus mampu menyampaikan pesan dari produk yang dipromosikan.

  • Bersifat persuasif

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kalimat-kalimat dengan unsur membujuk harus diaplikasikan dalam teks iklan. Tujuan penggunaan kalimat bersifat persuasif yaitu untuk mengajak target pasar menyimak hingga meminta mereka untuk menggunakan produk yang telah ditawarkan tanpa unsur memaksa.