Contoh Cerita Hikayat Pendek Dan Singkat


Contoh Cerita Hikayat – Mungkin anda pernah mendengar sebuah cerita tentang Hang Tuah dan Abu Nawas. Ya, kedua cerita tersebut termasuk hikayat.



Tahukah anda apa yang dimaksud dengan teks hikayat? Dalam artikel ini kami caramenghitung.com akan membahas tentang teks hikayat beserta contohnya.

Pengertian Hikayat

Hikayat adalah sebuah karya sastra lama yang berbentuk prosa yang didalamnya mengisahkan tentang kehidupan dari keluarga istana, kaum bangsawan atau orang-orang terkenal dengan segala kesehatan, kesaktian maupun kepahlawananannya. Di dalam hikayat juga diceritakan mengenai kekuatan, mukjizat dan segala keanehannya.

Hikayat berasal dari bahasa Arab, yaitu haka yang memiliki arti bercerita atau menceritakan. Hikayat memiliki fungsi sebagai pembangkit semangat, penghibur atau pelipur lara, atau hanya untuk meramaikan sebuah pesta.

Terkadang, hikayat ini tidak jauh berbeda dengan cerita sejarah yang isinya banyak terdapat hal-hal yang kurang masuk akal dan penuh dengan keajaiban.

Hikayat sendiri mulai berkembang pada masa Melayu klasik, sehingga banyak kata yang dipakai dalam hikayat mengandung bahasa Melayu klasik yang biasanya susah untuk dimengerti.

Ciri-Ciri Hikayat

Hikayat termasuk ke dalam jenis prosa lama yang memiliki beberapa ciri, antara lain yaitu :

  • Hikayat umumnya menggunakan bahasa Melayu lama
  • Istana sentris, ini berarti pusat ceritanya berada didalam lingkungan istana
  • Pralogis, ini berarti banyak sekali cerita didalam hikayat tidak masuk akal
  • Statis, artinya memiliki sifat kaku dan tetap
  • Anonim, artinya tidak jelas siapa yang telah mengarang hikayat tersebut
  • Hikayat memakai kata arkhais, yaitu kata-kata yang sekarang ini sudah tak lazim untuk digunakan seperti misalnya syahdan dan sebermula.

Struktur Teks Hikayat

  1. Abstraksi, adalah ringkasan atau inti dari sebuah cerita yang akan dikembangkan menjadi rangkaian-rangkai peristiwa atau bisa juga gambaran awal dalam sebuah cerita. Abstrak ini bersifat pilihan yang berarti sebuah teks hikayat boleh menggunakan abstrak atau boleh juga tidak.
  2. Orientasi, merupakan bagian teks yang berhubungan dengan waktu, suasana, ataupun tempat yang berkaitan dengan hikayat itu sendiri.
  3. Komplikasi, pada bagian ini berisi urutan kejadian-kejadian yang dihubungkan secara sebab akibat. Pada bagian komplikasi kita akan mendapatkan karakter atau watak dari tokoh cerita sebab kerumitan sudah mulai bermunculan.
  4. Evaluasi, konflik yang telah terjadi yang mengarah pada klimaks sudah mulai mendapatkan solusi dari konflik tersebut.
  5. Resolusi, pada bagian resolusi penulis akan mengungkapkan solusi terhadap permasalahan yang dialami oleh tokoh atau pelaku.
  6. Koda, ini merupakan nilai atau pelajaran yang dari sebuah teks cerita oleh pembacanya.

Contoh Teks Hikayat

Hikayat Panji Semirang

Cerita Panji Semirang mengisahkan percintaan antara Dewi Candra Kirana dan Raden Inu Kertapati. Mereka yang sebelumnya pernah ditunangkan dan belum pernah bertemu sama sekali, terpisah lantaran kekacauan di Kerajaan Daha. Dewi Candra Kirana melarikan diri dari istana, dan dalam perjalanannya, akhirnya memutuskan untuk membangun kerajaan sendiri.



Leave a Reply

Your email address will not be published.