Contoh Cerita Fantasi Pendek Dan Singkat


  • Terdapat keanehan, misterius, dan keajaiban

Apabila anda menjumpai suatu teks cerita yang mengandung unsur keanehan, bersifat misterius seperti adanya unsur mistis ataupun keajaiban yang tidak bisa dilogikan oleh pikiran maka hal ini bisa menjadi ciri ciri cerita fantasi. Pada umumnya segala keanehan yang muncul dalam cerita bersifat berlebih seperti anda tengah membayangkan seorang manusia bersayap dan bisa terbang tinggi seperti burung dan lain sebagainya.



Cerita fantasi merupakan sebuah cerita yang bisa merubah ketidakmungkinan menjadi mungkin dengan cara menghidupkannya dalam bentuk cerita. Hal ini dikarenakan teks fantasi merpakan sebuah teks karangan cerita yang memiliki sifat imajinatif (imajinasi yang diciptakan oleh pengarang).

  • Latar

Latar yang biasa digunakan dalam cerita fantasi ini bisa menembus ruang dan waktu. Maksudnya adalah terjadi di sebuah tempat dan waktu yang tertentu seperti misalnya cerita guardian of the galaxy yang mempunyai latar cerita di planet Jupiter di jaman masa depan. Padahal jika dilogika secara cermat, di planet Jupiter tidak ada udara sama sekali. Tetapi dengan cerita fantasi segela ketidakmungkinan bisa menjadi mungkin.

  • Tokoh yang unik

Tokoh dalam teks cerita fantasi pada umumnya mempunyai kelebih tersendiri yang unik dan berbeda dengan yang lain. Seperti misalnya dalam cerita superman yang tokoh utamanya yaitu clark kent (superman) mempunyai kekuatan super untuk terbang, mengangkat beban jutaan kilogram dan bahkan bisa mengeluarkan laser dari matanya.

  • Fiksi atau khayalan

Karena bersifat fiksi dan hanya cerita khayalan semata, maka cerita fantasi ini tidak dapat dinalar oleh akal pikiran apabila dibandingkan dengan kehidupan di dunia nyata.

  • Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam teks fantasi tidak harus selalu menggunakan bahasa yang formal. Melainkan mengunakan bahasa yang bervariasi.



Struktur Cerita Fantasi

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa struktur cerita fantasi tidak jauh berbeda dengan struktur teks narasi yang terdiri dari orientasi, konflik, resolusi dan ending. Berikut ini adalah penjelasan selengkapanya dari masing-masing struktur tersebut :

  1. Orientasi atau pengenalan : Merupakan bagian dimana pengarang akan memberikan pengenaan mengenai penokohan, tema, dan sedikit alur cerita kepada para pembaca.
  2. Konfik : Merupakan bagian dimana terjadi permasalahan yang dimulai dari awal permasalahan sampai menuju ke puncak permasalahan.
  3. Resolusi : Merupakan bagian penyelesaian dari permasalahan atau konflik yang sedang terjadi. Resolusi juga merupakan bagian penentu yang akan mengarah pada ending.
  4. Ending : Bagian ini merupakan bagian penutup dari cerita fantasi. Ending dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu happy ending dan sad ending. Happy ending adalah dimana tokoh utama menang dan hidup bahagia. Sedangkan sad ending adalah dimana tokoh utama tewas setelah mencapai tujuan.

Contoh Cerita Fantasi

Pada intinya contoh cerita fantasi dapat dibedakan menjadi cerita fantasi total dan cerita fantasi irisan. Nah untuk lebih jelasnya mari simak uraian dibawah ini.

Legenda Putri Bulan

Catur wulan ialah seorang gadis desa yang miskin berwajah suram karena sedang menderita penyakit kulit langka. Masyarakat desa pun selalu menghindarinya karena sangat takut saat berpapasan dengan wulan. Untuk dapat menutupi kekurangannya tersebut, akhirnya ia menggunakan penutup wajah atau cadar ketika keluar rumah.

Pada suatu malam yang sangat sunyi wulan bermimpi aneh yaitu bertemu dengan seorang pangeran tampan yang bernama rangga. Dia merupakan seorang putra raja yang ramah dan sangat tampan. Keinginan wulan untuk bertemu dengan pangeran rangga membuat wulan sering memimpikannya.

“Sudahlah wulan, singkirkan mimpi konyolmu itu! Kata ibu kepada wulan ketika sedang melihat anak gadisnya itu melamun di jendela kamarnya. “Aku tidak ingin melukai hati kecilmu itu. Kamu pun bebas untuk menyukai siapa, namun ibu hanya tidak ingin kamu kecewa nantinya” lanjut sang ibu dengan sangat lembut.

Sebenarnya yang ada di dalam pikiran wulan sendiri sama dengan ibunya. Mimpi wulan memang tinggi, orang-orang desa saja sangat takut berpapasan dengan wulan, apalagi saat pangeran rangga bertemu dengannya.





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *