Contoh Cerita Fantasi Pendek Dan Singkat


Cerita Fantasi – Cerita fantasi merupakan suatu karya tulis yang dibangun menggunakan alur cerita yang normal, tetapi bersifat imajinatif dan khayalan semata. Pada umumnya unsur-unsur dan struktur cerita seperti setting, alur, penokohan, konflik, ending dan lainnya akan dibuat secara berlebihan dan terkesan tidak pernah terjadi di dunia nyata.



Teks cerita fantasi pada intinya termasuk dalam kategori teks narasi yang merupakan suatu teks karangan fiksi semata yang alur peristiwanya biasanya menggunakan pola sebab akibat. Walaupun teks fantasi termasuk dalam karangan fiksi dan memiliki sifat imajinatif tetapi cerita ini pada umumnya akan menceritakan perkembangan suatu peristiwa yang berawal dari prologue sampai epilogue yang sudah melewati beberapa tahapan seperti awal konflik, puncak permasalahan dan penyelesaian.

Ciri ciri dan struktur teks cerita fantasi tidak jauh berbeda dengan teks narasi yang terdiri dari orientasi atau pengenalan, konflik dan resolusi yang pada akhirnya merujuk ke ending (epilogue). Bagian ending sendiri umumnya terdiri dari dua jenis yaitu happy ending dan sad ending.

Entah itu teks narasi ataupun teks cerita fantasi mempunyai ide dan tema dasar yang menjadi orientasi pusat pengembangan cerita. Dalam teks ini biasanya tidak ada amanat. Hal ini dikarenakan tujuan cerita fantasi pada intinya adalah hanya sekedar menghibur para pembacanya saja. Tetapi ada juga teks fantasi yang mempunyai amanat bersifat tersirat yang disisipkan oleh pengarang dalam alur ceritanya.

Contoh cerita fantasi sendiri bisa anda temukan dalam kehidupan sehari-hari, apalagi jika anda suka membaca novel ataupun menonton film. Hal ini dikarenakan film film dan novel yang banyak beredar sekarang ini pada umumnya didominasi oleh cerita yang bertemakan fantasi.



Tidak jauh berbeda dengan teks pada umumnya terutama teks narasi. Selain mempunyai pengertian, teks cerita fantasi ini juga mempunyai ciri-ciri, struktur dan contoh cerita fantasi. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya dari struktur cerita fantasi dan ciri ciri cerita fantasi beserta contohnya.

Pengertian Cerita Fantasi

Teks cerita fantasi merupakan salah satu jenis teks yang hampir sama dengan teks narasi apabila dilihat dari ciri ciri dan strukturnya, yaitu sebuah cerita karangan yang mempunyai alur norma tetapi bersifat imajinatif dan khayalan. Pada umumnya teks ini akan dibuat dengan alur, unsur unsur dan struktur cerita yang terkesan berlebihan yang jika dilogika dengan pikiran kita tidak akan pernah terjadi di dunia nyata.

Ciri-Ciri Cerita Fantasi

Sama seperti dengan jenis teks lainnya cerita fantasi ini bisa dikatakan sebagai teks cerita fantasi jika memenuhi beberapa unsur dan ciri ciri seperti dibawah ini. Adapun ciri ciri cerita fantasi adalah sebagai berikut :

  • Ide cerita yang terbuka

Ide cerita dalam teks fantasi bisanya tidak mempunyai batasan realita (kenyataan) dan bisa dikembangkan sesuka pengarang. Tema dan ide yang diambil oleh cerita fantasi kebanyakan adalah mistis, supranatural, sci-fi, futuristik dan lainnya.



Leave a Reply

Your email address will not be published.