Contoh Cerita Fabel Pendek Dan Singkat


Contoh Cerita Fabel – Teks fabel merupakan salah satu materi yang ada didalam mata pelajaran bahasa indonesia. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang materi teks cerita fabel secara lengkap mulai dari pengertian, struktur teks kaidah bahasaan dan contoh teks cerita fabel beserta strukturnya.



Pengertian Teks Cerita Fabel

Cerita fabel merupakan sebuah cerita yang menceritakan kehidupan binatang yang mempunyai perilaku seperti layaknya manusia. Fabel termasuk ke dalam jenis cerita fiksi dan bukan kisah tentang kehidupan nyata. Cerita fabel biasa disebut sebagai cerita moral karena di dalamnya mengandung pesan moral.

Tokoh yang berperan dalam cerita fabel biasanya adalah binatang. Cerita fabel bukan hanya menceritakan kehidupan manusia saja, tetapi juga menceritakan kehidupan manusia dan berbagai karakternya.

Jadi binatang yang berperan dalam cerita fabel tersebut mempunyai karakter atau sifat seperti manusia. Sifat mereka sendiri ada yang baik dan ada juga yang tidak baik. Mereka yang mempunyai sifat baik biasanya senang bersahabat, pintar, sopan, jujur dan melakukan perbuatan yang terpuji. Sedangkan mereka yang mempunyai sifat yang tidak baik biasanya suka menipu, sombong, culas, licik, dan ingin menang sendiri.

Cerita fabel menjadi sebuah wadah atau sarana yang sangat potensial dalam menanamkan nilai moral. Anda pun bisa mencontoh atau memberikan pengajaran kepada orang lain mengenai beberapa karakter yang terpuji dari binatang tersebut supaya bisa mempunyai sifat yang baik.

Struktur Teks Cerita Fabel

Struktur adalah sesuatu yang digunakan dalam menyusun sebuah teks. Struktur teks yang terdapat dalam teks cerita fabel meliputi koda, resolusi, komplikasi, dan orientasi. Untuk lebih detailnya simak ulasan berikut ini :

  1. Koda, adalah bagian akhir dari teks cerita fabel. Bagian ini berisi amanat dan pesan yang ada pada cerita fabel tersebut.
  2. Resolusi, bagian ini berisi pemecahan masalah yang sedang dialami tokoh dalam sebuah cerita.
  3. Komplikasi, bagian klimaks dari sebuah cerita fabel yang berisi puncak permasalah yang sedang dialami tokoh tersebut.
  4. Orientasi, adalah bagian awal dari sebuah cerita fabel. Bagian ini berisi waktu, latar tempat, pengenalan tokoh dan pengenalan background.

Kaidah Kebahasaan dalam Sebuah Teks Cerita Fabel

Kaidah kebahasaan atau yang biasa disebut dengan unsur kebahasaan adalah ciri dari bahasa yang digunakan dalam sebuah teks seperti cerita fabel. Berikut ini adalah pembahasan mengenai kaidah kebahasaan dalam sebuah teks cerita fabel :

Kata Kerja

Salah satu unsur atau kaidah kebahasaan dalam sebuah teks cerita fabel adalah kata kerja. Kata kerja dalam sebuah teks cerita fabel dapat dikelompokkan menjadi 2 kelompok yaitu kata kerja aktif intransitif dan kata kerja aktif transifit.



Leave a Reply

Your email address will not be published.