Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan


Contoh Teks Eksposisi Pendidikan 1

Tesis :



Beberapa waktu yang lalu sistem pendidikan di Indonesia sudah mengalami perubahan yang cukup signifikan. Perubahan ini berkaitan dengan kurikulum yang digunakan sebagai sistem pendidikan Indonesia. Kurikulum 2016 yang sudah lama digunakan kini diganti dengan kurikulum 2013. Meskipun masih banyak sekali yang belum menggunakan kurikulum 2016.

Argumentasi :

Kemendikbud menyebutkan bahwa kurikulum 2013 ini diutamakan untuk sekolah yang memiliki akreditasi A atau sekolah yang sudah berstandar Internasional.

Salah satu syarat dalam pelaksanaan kurikulum 2013 adalah harus bisa terjangkau oleh distribusi buku. Kemendikbud menjelaskan bahwa kurikulum 2013 ini fokus kepada pembangunan sikap, karakter, pengetahuan, dan keterampilan yang berdasarkan kepada pendekatan ilmiah.

Kurikulum 2013 juga lebih memfokuskan hubungan pembelajaran dengan rasa syukur kepada Tuhan melalui pengamatan, percobaan, atau menciptakan suatu karya.

Disamping itu, Musliar Kasim selaku wakil kemendikbud beranggapan bahwa kurikulum 2013 ini lebih mementingkan praktik dibandingkan hafalan. Sebab, selama ini peserta didik hanya dibebani dengan hafalan yang tentunya tidak efektif untuk meningkat kreativitas.

Meutia Hatta selaku anggota Dewan Pertimbangan Presiden menjelaskan bahwa kurikulum 2013 memiliki tujuan untuk dapat membentuk karakter generasi berkualitas, cinta tanah air, dan bangsanya.

Kurikulum 2013 menuntut peserta didik supaya berperan aktif dalam proses pembelajaran, sehingga nantinya diharapkan dapat membentuk generasi yang berkualitas.

Penegasan Ulang :

Namun banyak sekali masyarakat yang kurang setuju diterapkannya kurikulum 2013 ini. Mereka menganggap bahwa perubahan kurikulum ini sangat mendadak dan dengan paksaan.

Ada pula yang beranggan bahwa kurikulum 2013 ini kurang fokus karena menggabungkan 2 mate pelajaran yang memiliki substansi pokok yang berbeda.

Meskipun akan membuat mata pelajaran yang akan diajarkan menjadi lebih praktis, namun tingkat pemahaman dan pengetahuan yang dimiliki oleh peserta didik akan semakin berkurang karena materi ini tidak dipelajari secara menyeluruh, tetapi secara terpisah sehingga akan membuat para siswa menjadi kebingungan.

Contoh Teks Eksposisi Pendidikan 2

Tesis :

Pendidikan adalah salah satu senjata yang paling ampuh untuk mengubah dunia. Sebab, pendidikan merupakan sebuah sarana dimana kita dapat mempelajari tentang banyak hal yang sangat bermanfaat.

Argumentasi :

Tingkat pendidikan di Indonesia sendiri bisa dibilang cukup baik. Pemerintah sudah menghabiskan dana yang sangat banyak untuk membangun gedung-gedung sekolah dan memberikan sekolah gratis.

Sekarang tinggal peserta didik yang harus memiliki keinginan belajar dan berprestasi. Sehingga semangat akan menjadi terbentuk dan mereka harus berusaha memberikan yang terbaik untuk Bangsa dan Negara karena pendidikan yang lebih mudah diberikan oleh pemerintah.

Penegasan Ulang :

Saat fasilitas dan peran aktif peserta didik sudah menyatu maka tidak menutup kemungkinan bahwa derajat Indonesia akan lebih diakui oleh dunia.

Selain itu, akan banyak juga investor asing yang datang ke Indonesia sehingga dapat meningkatkan perekonomian dalam negri.

Guru yang berkualitas dan memiliki kompetensi juga dapat membantu meningkatkan pendidikan di Indonesia.