Contoh Teks Eksplanasi Tentang Fenomena Alam




Contoh Teks Eksplanasi Singkat ke 2

Banjir Bandang

Pernyataan Umum

Banjir merupakan salah satu bencana alam yang secara langsung dapat mempengaruhi kehidupan manusia, entah itu menimbulkan kerusakan secara fisik ataupun mental.

Pengertian banjir sendiri adalah luapan air dengan debit besar yang dapat menggenangi dan menerjang suatu daerah. Luapan air tersebut masuk ke dalam pemukiman yang ditempati oleh manusia akibat sungai yang sudah tidak mampu lagi menampung air tersebut.

Deretan Penjelas Sebab Akibat

Terjadinya banjir bisa disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor alam dan faktor manusia.

Faktor alam adalah curah hujan yang sangat tinggi, letak geografis berada lebih rendah dari permukaan laut, pasang naik air laut, dan karena daerahnya berada pada cekungan yang dikelilingi oleh perbukitan yang dimana jalan keluar air sangatlah sempit.

Sementara itu, faktor manusia adalah penebangan hutan secara liar, membuang sampah sembarangan sehingga membuat saluran air menjadi tersumbat dan kemudian air meluap.

Banjir bisa menimbulkan kerugian yang sangat besar bagi manusia. Hal ini dikarenakan banyak sekali barang berharga yang akan ter-rendam banjir. Sarana public menjadi hancur dan bahkan banyak juga nyawa manusia yang melayang sia-sia.

Interpretasi

Banjir bisa menimbulkan kerugian yang amat banyak bagi manusia. Maka dari itu, kita harus mempelajari secara menyeluruh mengenai sebab-sebab banjir supaya bisa dilakukan pencegahan sebelum bencana alam ini terjadi.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat ke 3

Pelangi

Pernyataan Umum

Pelangi atau rainbow meruakan sebuah peristiwa optik dan meteorologi yang dimana terdapat sekumpulan cahaya pwarna-warni paralel satu dengan lainnya yang muncul di langit. Di langit, pelangi akan nampak seperti busur cahaya yang mengarah ke cakrawala saat hujan ringan. Disamping itu pelangi juga dapat kita lihat di sekelilingi air terjun.

Deretan Penjelas

Ada 4 siklus yang dapat membentuk pelangi, diantaranya:

Pembiasan cahaya matahari. Pelangi dapat terbentuk karena adanya pembiasan cahaya matahari yang dibelokkan pada saat menuju satu medium ke medium yang lainnya oleh tetesan air yang ada di atmosfer.

Sinar matahari melalui tetesan air. Pada saat cahaya matahari melalui tetesan air, cahaya tersebut akan dibelokkan sehingga membuat warna-warna tadi dapat berpisah dengan sendirinya.