Contoh Teks Eksplanasi Tentang Fenomena Alam


Tsunami

Pernyataan Umum:



Tsunami berasal dari bahasa jepang yaitu tsu yang memiliki arti pelabuhan dan nami yang memiliki arti gelombang, yang kemudian dapat diartikan sebagai ombak besar di pelabuhan.

Secara istilah, tsunami merupakan perpindahan badan air yang dipicu oleh perubahan permukaan laut secara vertikal dan secara tiba-tiba.

Tsunami bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti misalnya gempa bumi yang episentrumya di bawah laut, letusan gunung berapi bawah laut, longsor bawah laut, dan bahkan bisa disebabkan oleh hantaman meteor ke laut.

Gelombang tsunami dapat merambat ke berbagai arah dengan kecepatan 500 – 1000 km/jam atau yang setara dengan kecepatan pesawat terbang.

Deretan Penjelas Sebab Akibat

Gelombang tsunami bisa terjadi karena beberapa faktor, diantaranya:

  • Gempa Bumi yang Berpusat di Bawah Laut

Gempa bumi di bawah laut inilah yang menjadi penyebab utama terjadinya gelombang tsunami. Begitu pula yang telah menghancurkan Banda Aceh pada tahun 2004 yang lalu dan tsunami yang memporak-porandakan Pulau Mentawai pada tahun 2010.

Sebagai salah satu Negara yang diliputi oleh ring of fire dan Negara kepulauan yang dikelilingi oleh banyak samudera, Indonesia sangat rentan terkena tsunami. Meski demikian, tidak semua gempa bumi yang episentrumnya di bawah laut berpotensi untuk menimbulkan tsunami.

  • Letusan Gunung Berapi

Letusan gunung berapi dapat mengakibatkan terjadinya gempa vulkanik. Tsunami besar yang terjadi pada tahun 1883 silam juga akibat dari meletusnya Gunung Krakatau yang terletak di Selat Sunda; meletusnya Gunung Tambora di NTT pada tahun 1815 yang lalu.

  • Longsor Bawah Laut

Longsor bawah laut bisa terjadi karena adanya tubrukan antara lempeng benua dengan lembeng samudera. Proses tersebut bisa menyebabkan terjadinya pegunungan dan palung laut. Tsunami yang disebabkan oleh longsoran bawah laut ini juga biasa disebut dengan naman tsunamic submarine landslide.

  • Hantaman Meteor di Laut

Jatuhnya meter ke laut juga dapat mengakibatkan tsunami karena daya hantamnya yang sangat besar bisa memicu gelombang yang besar pula.

Interpretasi atau Simpulan

Tsunami bisa dengan mudah menghancurkan daratan. Maka dari itu, sangat penting sekali bagi kita untuk sejak dini mengenal tanda-tanda tsunami supaya kerugian yang ditimbulkan dari bencana tersebut nantinya menjadi berkurang.