Contoh Teks Eksplanasi Tentang Fenomena Alam


Teks Eksplanasi Fenomena Alam – Teks eksplanasi merupakan media atau teks yang berisi proses tentang “Kenapa?” dan “Bagaimana “ suatu peristiwa bisa terjadi.



Teks eksplanasi ini umumnya menjadi bahan mata pelajaran Bahasa Indonesia yang diberikan pada siswa kelas VII pada kurikulum 2013. Pembahasannya pun sangat beragam, biasanya menjelaskan tentang fenomena alam maupun fenomena sosial.

Eksplanasi berasal dari Bahasa Inggris yaitu Explanation yang berarti tindakan menjelaskan atau memaparkan sebuah pernyataan atau fakta.

Berdasarkan dari segi bahasa, pengertian Teks Eksplanasi (Explanation Text) merupakan sebuah teks yang berisi proses-proses yang berhubungan dengan fenomena-fenomena sosial, alam, budaya, ilmu pengetahuan, dan lain sebagainya.

Struktur Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi memiliki struktur-struktur yang menjadi pembangun, yang pada saat struktur tersebut dipenuhi, teks ekplanasi kita akan menjadi informatif; memberikan informasi secara meyeluruh.



Pernyataan umum

Penyataan umum berisi tentang penjelasan umum mengenai suatu peristiwa atau fenomena-fenomena sosial, alam, dan lainnya yang akan dipaparkan di dalam teks; penjelasanya bisa berisi pengenalan fenomena tersebut secara umum (gambaran umum suatu peristiwa).

Di dalam bagian ini juga memuat hal-hal yang menjawab pertanyaan khalayak mengenai peristiwa tersebut, khususnya seperti pertanyaan “Apa?”, “Kenapa?”, dan “Bagaimana?”

Deretan Penjelas

Deretan penjelas akan membahas mengenai proses kenapa peristiwa tersebut bisa terjadi. Biasanya deretan penjelas terdiri dari beberapa paragraf. Pada paragraf tersebutlah dirincikan sebab dan akibat dari sebuah fenomena yang telah terjadi.

Interpretasi

Interpretasi (Opsional) merupakan bagian penutup yang memiliki sifat pilihan, jadi boleh ditulis dan boleh juga tidak.

Teks penutup yang dimaksud adalah teks yang menjadi kesimpulan atau intisari dari pernyataan umum dan deretan penjelas yang telah ditulis di paragraf-pragraf sebelumnya. Namun sangat dianjurkan untuk menulis bagian teks penutup, sebagai penegasan apa yang sebenarnya kita tulis dalam teks eksplanasi tersebut.

Opsionalnya bisa berupa sebuah tanggapan maupul kesimpulan atas pernyataan yang terdapat di dalam teks eksplanasi tersebut (Mahsun, 2013).

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Fenomena Alam

Contoh Teks Eksplanasi Singkat ke 1



Tsunami

Pernyataan Umum:

Tsunami berasal dari bahasa jepang yaitu tsu yang memiliki arti pelabuhan dan nami yang memiliki arti gelombang, yang kemudian dapat diartikan sebagai ombak besar di pelabuhan.

Secara istilah, tsunami merupakan perpindahan badan air yang dipicu oleh perubahan permukaan laut secara vertikal dan secara tiba-tiba.

Tsunami bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti misalnya gempa bumi yang episentrumya di bawah laut, letusan gunung berapi bawah laut, longsor bawah laut, dan bahkan bisa disebabkan oleh hantaman meteor ke laut.



Gelombang tsunami dapat merambat ke berbagai arah dengan kecepatan 500 – 1000 km/jam atau yang setara dengan kecepatan pesawat terbang.

Deretan Penjelas Sebab Akibat

Gelombang tsunami bisa terjadi karena beberapa faktor, diantaranya:



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *