Contoh Teks Eksplanasi Tentang Bencana Alam


Contoh Teks Eksplanasi Bencana – Teks eksplanasi, bagi kalian sebagai pelajar tentu sudah tidak asing lagi dengan materi ini, karena akan selalu ada setiap tingkatan kelas di sekolah. Bahkan mulai dari SMP sampai SMA akan selalu menjumpai materi yang satu ini.



Teks Eksplanasi merupakan sarana bagi siswa atau seseorang yang berguna untuk menjelaskan hasil penelitian atau observasi. Isi teks eksplanasi sendiri bisa berupa fakta yang terjadi seperti fenomena alam, budaya, sosial, dan ilmu pengetahuan.

Pada kesempatan kali ini caramenghitung akan mengulas secara detail tentang teks eksplanasi mulai dari pengertian, struktur teks eksplanasi, dan ciri-ciri teks eksplanasi. Untuk lebih jelasnya, kami juga akan memberikan beberapa contoh teks eksplasi beserta strukturnya berbagai tema termasuk tentang bencana alam gunung meletus. Mari simak ulasan dibawah ini.

Struktur Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi ini terdiri dari beberapa unsur yaitu pernyataan umum, sebab akibat, dan interpretasi. Untuk pejelasan lebih lengkap mengenai struktur-struktur tersebut, simak ulasan berikut ini!

  • Pernyataan Umum

Pernyaatan umum menjelaskan secara umum tentang fenomena yang dibahas, isinya berupa pengenelan fenomen yang sudah terjadi. Beberapa struktur penulisan yang harus anda perhatikan pada penjelasan umumnya adalah apa yang terjadi, mengapa fenomena itu bisa terjadi, dan bagaimana fenomena itu bisa terjadi.

  • Deretan Penjelas (Sebab – Akibat)

Bagian deretan penjelas biasanya berisi mengenai proses mengapa fenomena tersebut bisa terjadi. Umumnya, pada deretan penjelas ini terdapat lebih dari satu paragraf. Penjelasannya yaitu mengulas gambaran fenomena secara rinci dan mendalam mengenai sebab-akibat dari fenomena yang telah terjadi.