Contoh Teks Eksplanasi Tentang Sosial Ekonomi


Contoh teks eksplanasi sosial ke 2 : Pengangguran

Pernyataan Umum



Pengangguran merupakan fenomena sosial yang berkaitan dengan aspek ketenagakerjaan yang menjadi masalah di masyarakat. Sudah banyak sekali usaha yang dilakukan untuk bisa mengatasi matasi, namun sampai saat ini masih belum juga teratasi.

Pengangguran tidak hanya terjadi di Indonesia saja, melainkan hampir di seluruh negara. Sebagian orang berpendapat bahwa penggangguran merupakan keadaan dimana orang dewasa yang tidak bekerja dan sedang mencari pekerjaan dan tidak mempunyai pekerjaan secara formal dan tidak memperoleh penghasilan.

Badan Pusat Statistik (BPS) memberikan definisi tentang pengangguran yakni orang-orang yang kurang bekerja dari 1 jam dalam setiap mingu.

Urutan Sebab Akibat

Salah satu faktor utama yang menjadi penyebab terjadinya pengangguran adalah kesenjangan antara pencari kerja dan kesempatan kerja. Selain itu perubahan struktural dalam perekonomian juga menjadi faktor penyebab pengangguran. Sehingga perubahan tersebut dapat menyebabkan timbulnya kebutuhan kepada tenaga kerja dengan tingkat keterampilan yang sangat beragam. Sehingga hal ini membuat para pencari kerja tidak bisa mendapatkan pekerjaan karena tidak sesuai dengan tuntutan. Tak jarang, pengangguran juga dapat disebabkan karena pemutusan hubungan kerja yang begitu saja terhadap karyawan dan buruh.

Pengagguran pun bisa mengakibatkan berbagai masalah dalam ekonomi dan sosial. Sehingga apabila jumlah pengangguran sangat banyak, sudah pasti akan terjadi kekacauan sosial, jumlah gelandangan menjadi meningkt dan potensi kriminal juga semakin tinggi.

Interpretasi

Sehingga pengangguran menjadi masalah besar yang harus segera kita atasi. Salah satunya adalah dengan memperbaiki kondisi lapangan pekerjaan saat ini. Selain itu juga harus memperbaiki komposisi lulusan sarjana yang dihasilkan dan harus disesuaikan dengan kebutuhan pasar tenaga kerja agar bisa mengurangi angka pengangguran.

Atau bisa juga dengan memberikan keterampilan untuk mereka, sehingga mereka dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Dan melakukan berbagai cara yang lainnya agar pengangguran bisa teratasi.