Contoh Teks Eksplanasi Tentang Sosial Ekonomi


Teks Eksplanasi Sosial Ekonomi – Ada banyak sekali jenis teks yang sering kita baca sehari-hari, salah satunya adalah teks eksplanasi. Beberapa buku bacaan seperti buku sekolah, biasanya merupakan sebuah teks eksplanasi yang kaya akan informasi.



Lalu, bagaimana cara membedakan teks eksplanasi dengan teks yang lainnya. Berikut ini kami akan menjelaskan mengenai pengertian, struktur, ciri, dan beberapa contoh teks eksplanasi.

Pengertian Teks Eksplanasi

Dalam ilmu bahasa Indonesia, teks eksplanasi merupakan sebuah teks yang memiliki fungsi untuk menjelaskan proses terjadinya sesuatu meliputi hubungan sebab dan akibat dengan proses berkelanjutan.

Teks eksplanasi umumnya mengulas tentang fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya yang biasa terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Teks eksplanasi disusun untuk menjelaskan secara detail mengenai fenomena yang nyata terjadi dan bersifat informatif. Jadi bisa disimpulkan bahwa teks eksplanasi ini jauh berbeda dengan berita. Isi teks eksplanasi ini bersifat fakta sehingga biasa digunakan dalam artikel, berita, ataupun essai.

Struktur Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi terdiri dari tiga struktur umum yang berupa pernyataan umum, urutan sebab akibat atau yang dikenal dengan deretan penjelas, dan penutup atau interpretasi. Berikut ini adalah uraian selengkapnya mengenai masing-masing struktur tersebut.



  • Pernyataan Umum

Pernyaatan umum biasanya berisi tentang topik atau permasalah yang dijelaskan secara umum dan hanya garis besar saja. Penjelasan mengenai topik ini meliputi pengertian, ciri-ciri, dan alasan suatu fenomena yang terjadi.

  • Urutan Sebab Akibat atau Deretan Penjelas

Pada bagian ini, topik akan dijelaskan secara detail dan mendalam dengan menggunakan prinsip sebab akibat. Misalnya saja tentang mengapa suatu fenomena terjadi, apa akibat yang terjadi, mengapa bisa terbentuk fenomena tersebut, bagaimanakan proses terbentuknya, dan sebagainya.Topik menjadi jauh lebih rinci dan sarat akan informasi pada bagian ini.

  • Penutup atau Interpretasi

Bagian yang terakhir adalah penutup tau interpretasi. Pada bagian ini pembahasan topik sudah mulai disimpulkan sehingga akan diperoleh intisari dari permasalahan atau fenomena yang sedang dibahas. Penulis biasanya akan memberikan beberapa saran bagi para pembaca pada bagian interpretasi ini.

Ciri-ciri Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi memiliki ciri-ciri khusus sehingga dapat dibedakan dengan jenis teks yang lainnya. Untuk bisa mengetahui apakah suatu teks yang anda baca merupakan teks eksplanasi atau bukan, berikut ini kami akan memaparkan beberapa ciri-ciri teks eksplanasi.

  • Jenis kata kerja yang dipakai dalam teks eksplanasi adalah kata kerja meterial dan relasional. Kata kerja material yaitu seperti “berubah” dan “mengalir” yang berguna untuk menunjukkan terjadinya sesuatu. Sementa kata kerja relasional yaitu seperti “Akibat” dan “kemudian” yang berguna untuk menunjukkan sebab akibat.
  • Teks ekplanasi umumnya berisi sebuah informasi atau pengetahuan yang bersifat fakta alias tidak dibuat-buat.
  • Teks eksplanasi adalah sebuah teks yang membahas hal-hal umum seperti misalnya tanah longsor, fenomena kemiskinan, kebudayaan suatu daerah, dan masih banyak lagi.
  • Teks eksplanasi jauh lebih banyak menggunakan bentuk kalimat pasif dengan konjungsi waktudan kausal seperti apabila, maka, jika, kedua, lalu , dan sebagainya.
  • Fenomena yang dibahas teks eksplanasi bersifat informatif dan tidak bertujuan untuk mempengaruhi para pembaca untuk mengikuti atau mempercayai sesuatu.

Setelah mengetahui tentang pengertian, ciri-ciri, dan struktur teks eksplanasi, berikut ini kami akan memberikan beberapa contoh teks eksplanasi sosial yang mungkin bisa anda jadikan sebagai referensi.



Leave a Reply

Your email address will not be published.