Contoh Teks Eksplanasi Tentang Sosial Ekonomi


Teks Eksplanasi Sosial Ekonomi – Ada banyak sekali jenis teks yang sering kita baca sehari-hari, salah satunya adalah teks eksplanasi. Beberapa buku bacaan seperti buku sekolah, biasanya merupakan sebuah teks eksplanasi yang kaya akan informasi.



Lalu, bagaimana cara membedakan teks eksplanasi dengan teks yang lainnya. Berikut ini kami akan menjelaskan mengenai pengertian, struktur, ciri, dan beberapa contoh teks eksplanasi.

Pengertian Teks Eksplanasi

Dalam ilmu bahasa Indonesia, teks eksplanasi merupakan sebuah teks yang memiliki fungsi untuk menjelaskan proses terjadinya sesuatu meliputi hubungan sebab dan akibat dengan proses berkelanjutan.

Teks eksplanasi umumnya mengulas tentang fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya yang biasa terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Teks eksplanasi disusun untuk menjelaskan secara detail mengenai fenomena yang nyata terjadi dan bersifat informatif. Jadi bisa disimpulkan bahwa teks eksplanasi ini jauh berbeda dengan berita. Isi teks eksplanasi ini bersifat fakta sehingga biasa digunakan dalam artikel, berita, ataupun essai.

Struktur Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi terdiri dari tiga struktur umum yang berupa pernyataan umum, urutan sebab akibat atau yang dikenal dengan deretan penjelas, dan penutup atau interpretasi. Berikut ini adalah uraian selengkapnya mengenai masing-masing struktur tersebut.