Contoh Teks Eksemplum Tentang Cerita Rakyat


Contoh Cerita Eksemplum – Teks ini merupakan sebuah jenis teks yang berfokus pada pengalaman yang memuat dan menceritakan perilaku karakter serta tokoh yang ada dalam cerita serta diawal dengan perkenalan para tokoh terlebih dahulu.



Saat ini sudah banyak sekali contoh teks eksemplum cerita rakyat singkat yang beredar dan biasanya berdasarkan pengalaman seseorang. Contoh teks eksemplum beserta strukturnya sendiri biasa kita jumpai saat duduk di bangku sekolah khususnya SMA sederajat.

Pada pelajaran bahasa Indonesia kita akan menjumpai pembahasan tentang teks eksemplum. Tetapi, apa pengertian dari teks eksemplum? Bagaimana cara membuat teks ini? Mungkin sebagian dari anda masih ada yang belum paham tentang apa itu teks eksemplum. Maka dari itu, kami disini akan membahas tentang teks eksemplum secara lengkap dan jelas.

Secara garis besar teks eksemplum sangat berhubungan dengan pengalaman hidup. Setiap orang tentu memiliki pengalaman yang berbeda-beda, entah itu dilakukan secara sengaja ataupun tidak sengaja. Nah, untuk bisa mengungkapkan pengalaman ini kita bisa membuat teks eksemplum.

Sebenarnya contoh teks eksemplum sangat mudah sekali untuk dibuat. Kita tidak perlu browsing dan mencari referensi dari orang lain karena kita bisa membuat contoh teks eksemplum sendiri berdasarkan pengalaman pribadi masing-masing. Tetapi dalam memberikan cerita eksemplum ini kta harus lebih memfokuskan pada watak dan sifat dari masing-masing karakter yang ada pada cerita.

Untuk mempermudah anda dalam mempelajari contoh teks eksemplum maka anda anda harus mengetahui unsur-unsur, pengertian, dan struktur teks eksemplum itu sendiri. Untuk lebih jelasnya mari simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Teks Eksemplum

Teks eksemplum merupakan sebuah teks yang menceritakan tentang suatu pengalaman yang didalamnya terdapat perilaku dari seorang tokoh cerita yang diawali dengan perkenalan dan pengalaman apa yang sudah dialami tokoh tersebut kemudian diakhiri oleh pemahaman didalam diri suatu tokoh cerita terhadap apa yang sudah dialaminya.

Teks ini memang sangat berhubungan dengan pengalaman hidup. Di dalam pengalaman yang telah dialami oleh tokoh cerita tersebut, didalamnya terdapat hikmah yang bisa kita ambil. Pengalaman ini terjadi supaya suatu hari nanti kita tidak akan melakukan hal yang sama sehingga hal tersebut tidak bisa terulang lagi.

Teks Eksemplum mempunyai ciri-ciri serta struktur pembangun. Ciri-ciri teks eksmplum yaitu suatu peristiwa dalam teks eksemplum terjadi oleh keinginan seorang tokoh tersebut yang dialami secara sengaja ataupun tidak sengaja, teks ini bersifat naratif atau menjelaskan suatu kejadian, teks in berisi tentang sebuah pengalaman hidup, pada teks eksemplum tokoh tersebut mempunyai sifat untuk tidak melakukan tindakan yang sama dan tokoh mengalami perubahan perilaku, didalam teks ini juga terdapat alur peristiwa yang jelas dan urut.

Menggunakan unsur kebahasaan yang terdiri dari kata rujukan, kata konjungs, kata kerja dan kalimatnya harus kompleks. Di dalamnya juga harus memiliki karakteristik tokoh yang mempunyai penyesalan dalam diri seorang tokoh tersebut, kejadian yang dialami oleh tokoh tersebut jarang terjadi, adanya hikmah atau nilai nila yang terdapat dalam teks eksemplum, dan adanya pemahaman atau interpretasi dan koda dalam suatu kejadian.

Struktur Teks Eksemplum

Dalam menyusun teks eksemplum terdapat struktur-struktur yang harus diapahami terlebih dahulu, diantaranya :

  • Abstrak

Penggambaran tentang suatu tokoh yang mengalami sebuah peristwa yang akan diceritakan. Abstrak merupakan pengantar dari sebuah cerita.