Contoh Teks Editorial Koran / Tajuk Rencana


Teks Editorial Adalah – Mungkin anda sudah mengetahui tentang teks editorial. Teks editiriol merupakan sebuah teks yang isinya tentang pendapat pibadi sesorang terhadap suatu isu atau masalah aktual. Isu yang dibahas meliputi contoh teks editorial tentang sampah, pendidikan, dan lain sebagainya.



Baca juga: Contoh Teks Iklan

Struktur Teks Editorial

Sebelum membahas tentang contoh teks editorial, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu tentang struktur teks editorial yaitu :

  • Pernyataan pendapat (tesis) adalah sudut pandang penulis terhadap persoalan yang diangkat.
  • Argumentasi adalah bentuk alasan atau bukti yang digunakan untuk dapat memperkokoh pernyataan tesis.
  • Penegasan ulang pendapat (reiteration) adalah penguatan kembali atas pernyataan pendapat.

Berikut ini kami akan memberikan beberapa contoh teks editorial singkat dan terbaru yang meliputi contoh teks editorial tentang lingkungan sekolah, contoh teks editorial tentang kesehatan dan juga contoh teks editorial tentang sosial.

Contoh Teks Editorial Tentang Pendidikan

CBT, Pengembangan Teknologi Pendidikan di indonesia

Penyataan Pendapat

Pada zaman sekarang ini, pendidikan sangatlah penting karena tanpa pendidikan maka masyarakat Indonesia akan tertinggal jauh oleh negara-negara yang lainnya. Oleh sebab itu, segala upaya telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia untuk dapat memajukan pendidikan.

Salah satu upaya yang telah dilakukan adalah dengan kemajuan teknologi yang digunakan dalam suatu proses pendidikan, ini karena teknologi merupakan salah satu faktor untuk dapat menunjang berkembangnya sebuah negara.



Argumentasi

Belakangan terakhir, banyak sekali orang yang membicarakan tentang Ujian Nasional berbasis komputer. Ini merupakan salah satu upaya untuk kemajuan teknologi di Indonesia.

Computer Based Test atau CBT memang sudah semestinya diterapkan pada sistem UN di Indonesia. Pada intinya, selain untuk pengembangan teknologi ternyata sistem ini juga efisien dan jauh lebih hemat dibandingkan dengan Paper Based Test yang harus mencetak soal ke dalam bentuk kertas. Serta biaya untuk pengiriman soal-soal ke beberapa sekolah yang tidak sedikit.

Penggunaan teknologi seperti CBT ini akan sangat meringankan. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan untuk siswa, mereka akan menjadi terbantu karena sudah tidak perlu fokus lagi untuk menghitamkan kertas jawaban.

Namun ada juga kendala dari pemanfaatan teknologi ini, ada beberapa masyarakat yang masih belum setuju akan perihal tersebut. Mereka beranggapan bahwa CBT akan sangat membebankan siswa, terlebih pada siswa yang masih belum lancar dalam menggunakan teknogi (gaptek).

Padahal, dengan teknologi ini mereka akan menjadi termotivasi untuk mendalami teknologi seperti komputer, karena pada dasarnya sekarang ini sudah banyak sekali test-test yang menggunakan CBT.

Pernyataan ulang pendapat



Pada suatu negara diperlukan kondisi yang setidaknya sejajar dengan negara-negara lain di dunia. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara berkembang yang sangat perlu suatu kemajuan.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *