Contoh Teks Deskripsi, Tujuan, Ciri-Ciri, dan Jenisnya


Contoh Dan Jenis Teks Deskripsi – Teks deskripsi merupakan teks yang menjelaskan sebuah objek tertentu melalui kata-kata yang bisa merancang panca indera sehingga pembaca seakan-akan menyaksikan atau merasakan sendiri objek yang telah dideskripsikan oleh penulis.



Aspek-aspek yang dijabarkan bisa berupa keadaan, karakteristik, sifat atau perasaan yang dimiliki oleh objek itu sendiri.

Tujuan Teks Deskripsi

Teks deskripsi disusun karena memiliki tujun, yaitu memberikan penjelasan yang utuh kepada para pembaca agar mereka dapat memahami apa yang dibicarakan secara jelas, entah itu dalam bentuk fisik maupun wujud abstrak seperti sikap, rasa, dan lain sebagainya.

Teks deskripsi merupakan teks hasil pengamatan atau observasi, oleh karena itu informasi yang digunakan untuk menjelaskan suatu benda atau objek harus jelas, berdasarkan data dan fakta yang ada pada objek tersebut.

Baca juga: Contoh Text Descriptive Dalam Bahasa Inggris

Ciri-ciri Teks Deskripsi

Teks deskripsi memiliki ciri-ciri khusus yang dapat membedakannya dengan jenis teks lainnya. Ciri-ciri teks deskripsi adalah sebagai berikut :

  1. Menjelaskan atau menggambarkan suatu objek seperti benda, tempat atau suasana tertentu.
  2. Pada umumnya akan melibatkan panca indera seperti penglihatan, pendengaran, pengecapan, penciuman, dan perabaan.
  3. Menjelaskan ciri-ciri fisik dan sifat objek tertentu seperti ukuran, bentuk, warna dan kepribadian yang jelas dan detail.
  4. Adanya kata-kata atau frasa yang bermakna kata sifat atau keadaan.

Struktur Teks Deskripsi

Teks deskripsi mempunyai 3 unsur sebagai struktur pembangunnya. Berikut ini adalah unsur-unsur teks deskripsi :



  • Identifikasi, bagian ini berisi penentuan dari indentitas seseorang, benda, atau objek tertentu.
  • Klasifikasi, adalah unsur penyusun yang bersistem dalam suatu kelompok berdasarkan kaidah atau standar yang sebelumnya sudah ditetapkan
  • Bagian Deskripsi, pada bagian ini berisi gambaran atau penjelasan tentang suatu objek atau topik yang terdapat dalam paragraf tersebut.

Jenis-Jenis Teks Deskripsi

Teks deskripsi dapat dibedakan menjadi 3 jenis teks, yaitu teks deskripsi spatial, subjektif, dan objektif.

  • Teks deskripsi subjektif. Sebuah teks deskripsi yang dalam penggambaran objeknya berdasarkan kesan yang dimiliki oleh si penulis.
  • Teks deskripsi spatial. Dalam teks deskripsi yang satu ini objek yang dipaparkan hanya berupa benda, tempat, ruang, dan lain sebagainya.
  • Teks deskripsi objektif. Dalam teks deskripsi ini pemaparan tentang objek yang digambarkan apa adanya berdasarkan keadaan objek yang sebenarnya, sehingga para pembaca dapat membayangkan keadaan tanpa ada penambahan opini dari si penulis.

Contoh Teks Deskripsi

Berikut ini kami akan memberikan beberapa contoh teks deskripsi dari berbagai tema. Untuk lebih jelasnya simak ulasan selengkapanya.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Sekolah

Kelas X11 IPS 1 sudah kami anggap seperti rumah bagi kami di sekolah. Di sinilah kami bertemu dengan teman-teman yang baik dan ramah. Di sini juga kami menuntut ilmu untuk bisa meraih masa depan.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *