Contoh Descriptive Text Dalam Bahasa Inggris


Contoh Descriptive Text – Mungkin anda sudah paham benar dengan yang namanya deskripsi. Sadar atau tidak, seringkali kita mendiskripsikan sesuatu entah itu benda, tempat, orang, ataupun tumbuhan. Saat mendiskripsikan sesorang misalnya, pasti kita akan menggambarkan fisik dari orang tersebut, baik itu tinggi badan, bentuk badan, mata, bibir, dan lainnya.



Nah, descriptive text sendiri hampir sama dengan apa yang sering kita lakukan dalam mendeskripsikan sesuatu. Bedanya, descriptive  text dalam bahasa Inggris yang akan kita bahas ini memiliki beberapa peraturan seperti tujuan, struktur teksnya, dan penggunan bahasanya.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Descriptive Text secara lengkap mulai dari segi pengertian, tujuan, struktur, dan ciri bahasa yang dilengkapi dengan beberapa contoh untuk memperkuat penjelasan dan pembahasan. Semoga penjelasan dan contoh descriptive text yang kami sampaikan di bawah ini bermanfaat untuk kita semua.

Pengertian Descriptive Text

Descriptive Text merupakan salah satu jenis teks yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari dalam menggambarkan suatu benda, tempat, manusia, hewan, dan lain sebagainya. Descriptive Text diartikan sebagai jenis teks bahasa Inggris untuk menggambarkan seperti apa benda atau makhluk hidup yang akan dideskripsikan, baik itu secara kenampakan, bau, suara, tekstur, jumlah, ataupun sifat-sifatnya dari benda atau makhluk hidup itu sendiri.

Descriptive text tidak memerlukan informasi secara detail misalnya dari hasil penelitian atau observasi lebih jelas dalam mendeskripsikan sesuatu. Melainkan, jenis teks ini lebih mengarah ke menggambarkan apa kita lihat, dengar, dan rasakan pada sesuatu yang akan dideskripsikan.

Tujuan Kebahasaan Descriptive Text

Tujuan kebahasaan dari descriptive text adalah untuk menggambarkan dan mengungkapkan ciri-ciri dari sebuah benda, tempat, atau makhluk tertentu secara umum dan simple, tanpa adanya riset atau penelitian lebih mendalam dan menyeluruh.

Struktur Kebahasaan Descriptive Text

Setiap contoh descriptive text memiliki dua bagian yang menjadi ciri khas struktur kebahasaan dari descriptive text. Kedua bagian tersebut adalah identification dan description. Berikut adalah ulasan selengkapnya dari kedua bagian tersebut.

  • Identification

Identification merupakan bagian dari Descriptive Text yang memiliki isi tentang topik atau “apa” yang akan kita gambarkan atau deskripsikan.

  • Description

Description merupakan bagian akhir dari Descriptive Text yang memiliki isi tentang pembahasan atau penggambaran tentang topik atau “apa” yang terdapat di Identification mengenai kenampakan fisik, kualitas, perilaku umum ataupun sifat-sifatnya.

Ciri Bahasa Descriptive Text

Dalam sebuah descriptive text, terdapat ciri-ciri kebahasaan yang membedakannya dengan jenis teks pada umumnya. Berikut ini adalah ciri-ciri kebahasaan tersebut :

  • Menggunakan simpel present tense. Contohnya : He has a pointed nose, it is so big, etc.
  • Memakai beberapa macam adjectives (kata sifat) yang bersifat menggambarkan (describing), menomerkan (numbering) dan mengklafisikan (classifying). Contohnya : o strong legs, sharp, white fangs, etc.
  • Memakai linking verb (kata kerja penghubung) yaitu is, are, appear, feel, grow, look, prove, remain, smell, sound, taste, dan turn. Contohnya : Hes is handsome, is smell nice, the sunds beautiful, etc.
  • Memakai Adverb (kata keterangan) untuk memberikan informasi tambahan tentang perilaku atau sifat (Adjective) yang dijelaskan, yaitu very, extremely, definitely. Contohnya : He is very handsome, the song sounds exteremely beautiful, etc.

Contoh Descriptive Text

Agar lebih memahami tentang penjelasan Decriptive Text di atas, kami akan memberikan beberapa contoh descriptive text dengan terjemahannya dibawah ini:

Ibuku Tercinta