Contoh Teks Debat Singkat Dan Strukturnya


Teks Debat Singkat – Dalam suatu pendapat akan selalu ditemui pro dan kontra antara satu individu dengan individu yang lainnya, berawal dari pendapat yang kecil atau sederhana bahkan pendapat yang bersifat konkrit. Perdebatan bisa terjadi antara dua orang yang berbeda dan bahkan lebih.



Namun sebelum membahas tentang contoh teks debat, kita akan membahas terlebih dahulu tentang pengertian debat. Apa sih yang dimaksud dengan debat? Debat adalah sebuah perbedaan pendapat atau argumentasi antara dua orang dan bahkan lebih, baik yang bersifat individu ataupun kelompok yang sedang mendiskusikan dan memutuskan persoalan. Secara singkat debat biasa disebut dengan perbedaan argumen.

Jenis perdebatan pun terdiri dari beberapa macam, yaitu debat parlementer, debat formal, dan lainnya. Dalam sebuah teks contoh debat juga ada beberapa struktur yang harus dipahami. Berikut adalah penjelasan lengkap dari struktur teks debat tersebut :

  1. Pengenalan, pada bagian ini berisi tentang pengenalan masing masing tim atau individu
  2. Penyampaian Pendapat, sebuah tim atau individu menyampaikan pendapatnya masing masing yang kemudian dilanjut dengan pendapat dari pihak oposisi dan diakhiri oleh pendapat dari pihak netral.
  3. Debat, sebuah tim atau individu akan memberikan komentar mengenai pendapat dari tim ataupun individu lainnya.
  4. Kesimpulan, bagian ini berisi tentang ungkapan dari argumentasi tersebut yang diungkapkan oleh masing masing pihak dengan topik dan posisinya.

Setelah menngerti tentang pengertian debat dan strukturnya, maka akan memudahkan anda dalam membuat contoh debat singkat.

Contoh Teks Debat

Contoh teks debat sering kita temui dalam kehidupan sehari hari karena hal kecilpun bisa kita jadikan perdebatan. Akan tetapi, kali ini kita hanya akan membahas tentang kekerasan. Berikut ini adalah contoh teks debat tentang kekerasan yang timbul akibat dari tayangan televisi.



Contoh Teks Debat Tentang Kekerasan

Saat ini sudah banyak sekali media informasi mulai dari media cetak, internet ataupun televisi yang menayangkan tentang kekerasan. Tayangan-tayangan kekerasan tersebut tentu dapat membuat generasi anak bangsa kita menjadi rusak, karena berisi tentang perilaku kekerasan yang tidak seharusnya untuk dilihat ataupun dipertontokan kepada khalayak umum.

Di Indonesia sudah ada undang-undang yang mengatur tentang tayangan kekerasan tersebut, dan bahkan juga ada tidakan pidana apabila melanggarnya.

Namun faktanya undang-undang tersebut tidak bisa dilaksanakan dengan sebagaimana mestinya karena masih ada banyak sekali tayangan macanegara ataupun dalam negari yang masih mempersulit dalam merealisasikan undang-undang tersebut.

Lantas, bagaimana caranya untuk mengatasi masalah tersebut? Berikut ini adalah contoh teks debat, mari langsung saja kita simak.

X : Saat ini banyak tayangan-tayangan dari televisi baik dari mancanegara ataupun dalam negri, jika dibiarkan begitu saja akan merusak generasi anak muda penerus bangsa dan dapat membuat kerusakan di masa mendatang.



1: Merusak penerus bangsa bagaimana? Saya pikir tidak akan berpengaruh



Leave a Reply

Your email address will not be published.