Kumpulan Contoh Cerita Cerpen Singkat


Contoh Cerpen – Selamat datang di website kami. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang contoh teks cerpen. Sebelum itu tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan cerpen, saat duduk di bangku sekolah kita seringkali mendengar kata cerpen. Cerpen atau singkatan dari Cerita pendek merupakan sebuah karya tulis yang termasuk dari jenis prosa narasi fiktif.



Sesuai dengan namanya, cerpen biasanya lebih padat, singkat, padat, dan langsung ke bagian tujuan atau intinya, sangat berbeda sekali jika disamakan jenis tulisan fiksi yang lainnya.

Nah, pada pembahasan berikutnya kami akan membahas cerpen secara lengkap. Mulai dari pengertian cerpen, ciri-ciri cerpen, serta unsur-unsur instrinsi dan ektrinsik cerpen. Selain itu, kami juga akan memberikan beberapa contoh teks cerpen. Baiklah langsung saja inilah pembahasan selengkapnya tentang contoh teks cerpen.

Pengertian Cerpen

Cerpen merupakan salah satu jenis karya sastra yang menerangkan sebuah kisah dan cerita mengenai manusia beserta seluk beluknya melalui tulisan singkat atau pendek.

Pengertian cerpen lainnya adalah sebuah karangan fiktif yang isinya menceritakan tentang kehidupan seseorang ataupun kehidupan yang akan dibahas secara singkat dan berpusat hanya pada satu tokoh.

Umumnya cerita pendek memiliki jumlah kata yang kurang dari 10.000 kata atau hanya 10 halaman saja. Disamping itu, cerita pendek hanya sekedar membawakan suatu kesan tunggal dan memfokuskan diri hanya pada salah satu tokoh dan hanya pada kondisi yang tertentu saja.



Ciri-ciri Cerpen

Ada beberapa ciri-ciri cerpen yang perlu anda ketahui. Sebagian besar orang menganggap bahwa cerpen adalah novel, padahal ditinjau dari jumlah katanya saja sudah sangat berbeda. Berikut ini adalah ciri-ciri cerpen yang selengkapnya.

  1. Cerpen mempunyai alur cerita yang jauh lebih pendek jika dibandingkan dengan novel.
  2. Jumlah kata pada sebuah cerpen kurang dari 10.000 kata.
  3. Umumnya cerpen akan menceritakan sebuah kisah yang diambil dari kehidupan sehari-hari.
  4. Cerpen tidak menceritakan secara detail seluruh cerita dari setiap tokohnya, karena cerpen hanya menggambarkan atau menceritakan intinya saja.
  5. Tokoh yang ada di dalam cerita cerpen akan dikisahkan ditimpa suatu masalah atau konflik sampai pada level penyelesaiannya.
  6. Penggunaan kata yang sederhana dan dapat dipahami oleh para pembaca.
  7. Pada cerpen biasanya akan meninggalkan kesan yang sangat mendalam, bahkan pembaca dapat secara langsung merasakan hal yang berlangsung pada cerita tersebut.
  8. Umumnya cerpen hanya sekedar mengisahkan suatu peristiwa saja.
  9. Alur cerita pada cerpen bersifat lurus dan tunggal.
  10. Ponokohan pada cerpen juga sederhana, tidak begitu mendalam dan sangat singkat.

Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Cerpen

Cerpen atau cerita pendek ini terdiri dari 2 unsur, yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik cerpen. Berikut ini adalah ulasan selengkapnya dari kedua unsur tersebut.

Unsur Intrinsik Cerpen



Leave a Reply

Your email address will not be published.