Contoh Teks Cerita Ulang Dan Strukturnya


Peristiwa (Events)



Sebagai seorang putri kerajaan, Putri Liliput memikirkan nasib rakyat yang menderita karena perbuatan ayahnya yang semena-mena. Ia berjuang untuk memperjuangkan hak semua rakyatnya namun masih saja percuma. Ini karena ayahnya yang selalu merusak dan menggagalkan semua rencananya.

Dia menangis dan sangat menyesal atas semua perbuatan ayahnya. Tiba-tiba seorang kakek lewat dan mengajaknya bicara. Putri Liliput kemudian menceritakan semua kejadian yang telah dialaminya kepada kakek tersebut.

Kakek tersebut hanya tersenyum sambil berkata, “Tuan putri, jika kamu memang memperjuangkan sesuatu yang menurutmu benar, maka teruslah untuk selalu berjuang!! Jangan pernah menghiraukan apapun resikonya, namun pikirkanlah anugerah apa yang akan kamu dapatkan jika terus berjuang dan melakukannya dengan sepenuh hati. Percayalah !”.

Setelah itu, sang kakek tersebut tiba-tiba menghilang dari pandangan Putri Liliput. Dia pun kaget dan perkataan kakek tersebut selalu teringat dipikirannya. Kemudian dia segera menemui ayahnya, dia menangis di hadapan sang ayah sembari memohon.

“Ayah…dengan tidak menghormati rasa hormatku kepadamu, aku memohon jangan pernah siksa rakyat kecilku dengan ketidakadilan dan ketidaksewenangan yang telah ayah lakukan.



Apa salah mereka ayah? Mereka semua menyayangi ayah dengan sepenuh hati, jiwa, dan raga, mereka selalu menghormati ayah. Ayah percayalah, ayah ataupun kerajaan tidak akan mengalami kerugian apapun jika ayah bersikap adil kepada mereka. Aku sekarang merasakan kepedihan yang mereka alami ayah”

Raja pun menangis dan berkata. “Anakku, kau memang seorang gadis yang berhati mulia, tangisan tulusmu sudah meluluhkan hatiku.

Baiklah, mulai saat ini aku akan berlaku adil kepada mereka semua dan tidak akan semena-mena lagi. Aku juga akan mecintai mereka dengan sepenuh hati sebagaimana engkau mereka mecintai mereka.

“Anakku janganlah engkau menangis lagi!!. Raja menghapus air mata putri Liliput, sang putri pun  tersenyum.

“Terimakasih banyak ayah… Ayah memang lelaki terbaik yang ada di dunia”. Putri Liliput memeluk ayahnya dengan erat.

Reorientasi (Pengulangan Pengenalan)

Semenjak itu, semua rakyat kerajaan sangat berbahagia karena Raja sudah tidak pernah semena-mena lagi. Rakyat pun sangat berterimakasih kepada Putri Liliput karena berkat tangisan tulusnya, hati raja bisa langsung luluh.