Contoh Teks Cerita Ulang Dan Strukturnya


Proses yang harus dilakukan dalam mengonversi teks cerita ulang adalah sebagai berikut :



  • Membaca teks cerita ulang secara menyeluruh.
  • Mencermati pilihan kata atau diksi yang tepat dalam sebuah teks cerita ulang.
  • Merangkum isi dalam teks cerita ulang secara keseluruhan.
  • Menentukan jenis teks apa yang akan dipakai sebagai konversi.
  • Menulis ulang teks cerita ulang dalam bentuk yang lain.
  • Merevisi dalam bentuk teks baru jika memungkinkan terdapat kesalahan.

Baca juga: Pengertian Dan Contoh Teks Narasi

Contoh Teks Cerita Ulang Pribadi atau Personal Singkat

Selanjutnya saya akan memberikan  contoh teks cerita ulang pribadi beserta strukturnya yang spesial berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri, mari langsung simak contohnya di bawah ini.

  • Judul : Hiking ke Gunung Prau

Orientasi (Pengenalan)

Pada bulan mei tahun 2015 yang lalu, saya dan teman-teman satu organisasi OSIS pergi ke kawasan pegunungan Tinggi Dieng untuk melakukan hiking ke gunung prau, kami memang ingin melakukan pendakian sebagai refreshing setelah kegiatan sekolah yang begitu padat.

Peristiwa (Events)



Perjalanan di mulai dari kota Purwokerto, saya dan teman-teman pergi dari terminal bis Purwokerto dengan tujuan Wonosobo. Singkat cerita, setelah melakukan 3 jam perjalanan akhirnya kami sudah sampai di Wonosobo. Kemudian kami beristirahat selama 1 jam, tak lupa kami makan dan minum serta melaksanakan ibadah.

Waktu istirahat telah usai dan kami langsung melanjutkan perjalanan ke Dieng menggunakan bis. Perjalanan kami tempuh selama 3 menit dan kemudian kami sudah sampai di Dieng menjelang maghrib.

Akhirnya kami memutuskan untuk melakukan hiking ke puncak saat malam hari. Kami mengawali pendakian gunung prau, namun ada satu masalah yaitu tidak ada satupun dari kami yang membawa senter, karena lupa.

Untung saja ada kakak-kakak dari Semarang yang bertemu dengan kami. Mereka mengajak kami untuk melakukan pendakian secara bersama-sama. Setelah melakukan pendakian selama 2 sampai 3 jam akhirnya kami sudah sampai di puncak dan membangun tenda disana.

Reorientasi (Pengulangan Pengenalan)

Kami melihat hal yang sangat luar biasa yaitu indahnya langit ciptaan Allah SWT. Kami sangat senang dan menikmati perjalanan ini. Bertambahlah rasa syukur kami terhadap nikmat yang telah diberikan Allah kepada kita.

Contoh Teks Cerita Ulang Imajinatif Beserta Strukturnya



  • Judul : Tangisan yang Tulus

Orientasi (Pengenalan)

Di tengah malam yang sangat sunyi, Putri Liliput sedang duduk termenung melihat bulan dan bintang. Dia tampak tidak peduli dengan apapun di sekililingnya, yang dia pedulikan hanyalahrasa damai dan tenang bersama dengan semilir angin yang seakan-akan membelainya dengan penuh rasa sayang.

Peristiwa (Events)

Sebagai seorang putri kerajaan, Putri Liliput memikirkan nasib rakyat yang menderita karena perbuatan ayahnya yang semena-mena. Ia berjuang untuk memperjuangkan hak semua rakyatnya namun masih saja percuma. Ini karena ayahnya yang selalu merusak dan menggagalkan semua rencananya.





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *