Contoh Teks Ceramah Singkat Dan Strukturnya


Contoh Ceramah Singkat –┬áTentu anda sudah sering melihat video orang yang berceramah di televisi, internet, ataupun secara langsung. Kemudian apa sih perbedaan antara ceramah, sambutan dan khotbah. Secara umum, ceramah, sambutan, dan khotbah adalah bagian dari pidato.



Hal ini berarti ketiganya sama-sama merupakan kegiatan berbicara di depan khalayak umum untuk menyampaikan pikiran, gagasan, atau informasi kepada para pendengar yang bersifat persuasif. Namun, topik yang akan disampaikan tidak sama.

Ceramah dan khotbah adalah suatu pidato yang menyampaikan atau menyiarkan ajaran-ajaran agama. Sementara sambutan adalah suatu pidato yang disampaikan sebagai pembuka sebuah acara. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas secara detail mengenai ceramah.

Sepeti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa ceramah adalah pidato yang menyampaikan atau menyiarkan ajaran-ajaran agama. Ajaran-ajaran yang disampaikan bisa berupa nasihat, petuah, petunjuk ataupun suatu kisah.

Baca juga: Contoh Pidato Singkat

Unsur-unsur ceramah

1. Penceramah

Penceramah adalah orang yang melakukan kegiatan ceramah. Untuk menjadi penceramah, seseorang harus memiliki ilmu yang mumpuni terhadap materi yang diberikan kepada pendengar.

2. Pendengar

Pendengar merupakan penerima nasihat-nasihat dari penceramah. Dalam hal ini, pendengar bisa siapa saja tidak terbatas status sosial, umur, jenis kelamin, latar belakang, dan lain-lain.

3. Materi