Contoh Teks Ceramah Singkat Dan Strukturnya


Contoh Ceramah Singkat –┬áTentu anda sudah sering melihat video orang yang berceramah di televisi, internet, ataupun secara langsung. Kemudian apa sih perbedaan antara ceramah, sambutan dan khotbah. Secara umum, ceramah, sambutan, dan khotbah adalah bagian dari pidato.



Hal ini berarti ketiganya sama-sama merupakan kegiatan berbicara di depan khalayak umum untuk menyampaikan pikiran, gagasan, atau informasi kepada para pendengar yang bersifat persuasif. Namun, topik yang akan disampaikan tidak sama.

Ceramah dan khotbah adalah suatu pidato yang menyampaikan atau menyiarkan ajaran-ajaran agama. Sementara sambutan adalah suatu pidato yang disampaikan sebagai pembuka sebuah acara. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas secara detail mengenai ceramah.

Sepeti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa ceramah adalah pidato yang menyampaikan atau menyiarkan ajaran-ajaran agama. Ajaran-ajaran yang disampaikan bisa berupa nasihat, petuah, petunjuk ataupun suatu kisah.

Baca juga: Contoh Pidato Singkat

Unsur-unsur ceramah

1. Penceramah



Penceramah adalah orang yang melakukan kegiatan ceramah. Untuk menjadi penceramah, seseorang harus memiliki ilmu yang mumpuni terhadap materi yang diberikan kepada pendengar.

2. Pendengar

Pendengar merupakan penerima nasihat-nasihat dari penceramah. Dalam hal ini, pendengar bisa siapa saja tidak terbatas status sosial, umur, jenis kelamin, latar belakang, dan lain-lain.

3. Materi

Materi dalam ceramah berasal dari ajaran-ajaran agama. Akan tetapi, ceramah yang bagus adalah ceramah yang mampu membuat pendengar tergugah dan terdorong untuk melakukan nasihat-nasihat yang disampaikan oleh penceramah. Selain itu, materi hendaknya disusun secara sistematis sehingga materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh pendengar.

4. Metode Ceramah

Metode ceramah adalah cara-cara yang digunakan seorang penceramah untuk menyampaikan materi. Metode ceramah terbagi menjadi:



  • Impromptu, yakni metode ceramah tanpa persiapan. Biasanya penceramah yang melakukan metode ini sudah memiliki jam terbang berceramah yang cukup tinggi.
  • Menghafal, yakni dilakukan dengan persiapan, kemudian menghafalnya.
  • Membaca naskah, yakni melakukan ceramah dengan naskah lengkap.
  • Ekstemporan, yakni metode ceramah yang menuliskan pokok-pokok pikiran sebagai catatan pengingat.

5. Media Ceramah

Media ceramah adalah alat yang digunakan untuk menyampaikan materi kepada pendengar. Ceramah di zaman sekarang tidak hanya dilakukan di rumah ibadah, tetapi juga bisa di banyak tempat. Adapun kegiatan ceramah bisa dilakukan secara langsung ataupun direkam sehingga pendengar bisa melihat dari internet atau televisi.

Struktur Teks Ceramah

1. Pendahuluan



  • Pembuka: bagian ini berisi salam pembuka, ucapan penghormatan, dan ucapan syukur.
  • Pengantar: bagian ini adalah paragraf pengantar yang mengarah pada topik. Biasanya pengantar berasal dari informasi atau berita yang faktual yang masih terkait dengan topik ceramah.

2. Isi Ceramah

  • Inti: berisi paparan dari penceramah, pandangan umum, ilustrasi dari materi yang disampaikan.
  • Gagasan: berisi ide besar yang ingin disampaikan kepada pendengar. Ceramah yang baik berisi satu gagasan besar yang kemudian dikembangkan dalam subtopik.

3. Penutup

  • Simpulan
  • Ucapan permintaan maaf
  • Salam penutup

Contoh Ceramah Singkat Tentang Pergaulan Bebas

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *