Contoh Teks Biografi Singkat Dan Strukturnya


Contoh Biografi – Mungkin sebagian dari anda sudah mengetahui tentang pengertian teks biografi. Setiap orang pasti mempunyai pengalaman hidup entah yang menyenangkan maupun menyedihkan.



Lalu apa hubungannya dengan biografi? Anda akan menemukan jawabannya dalam pembahasan kali ini. Karena dalam pembahasan kali kita akan mengulas secara lengkap dan jelas tentang pengertian teks biografi, unsur kebahasaan teks biografi, ciri-ciri teks biografi, struktur teks biografi, jenis-jenis teks biografi, dan contoh teks biografi singkat.

Jadi, anda akan menjadi lebih mudah untuk memahami apa itu teks biografi. Nah untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Teks Biografi

Mungkin anda pernah mendengar tentang teks biografi. Namun, apa sih pengertian teks biografi? Biografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu bios yang memiliki arti hidup dan graphien yang berarti tulis.

Teks Biografi merupakan sebuah tulisan yang menjelaskan tentang kehidupan seseorang atau riwayat hidup seseorang.

Biografi singkat hanya akan membahas tentang fakta-fakta yang telah terjadi pada kehidupan seseorang dan peran pentingnya terhadap lingkungan.



Biografi panjang meliputi informasi-informasi yang sifatnya penting, namun dikisahkan secara lengkap dan detail serta dituliskan dengan gaya cerita yang baik dan menarik.

Biografi adalah sebuah buku yang menggambarkan suatu kejadian atau peristiwa yang telah dialami oleh seseorang. Lewat biografi tersebut kita akan menemukan hubungan, keterangan atau penjelasan dari suatu tindakan atau misteri yang mencangkup kehidupan seseorang.

Biografi dapat menceritakan tentang kehidupan seorang tokoh penting atau tokoh yang terkenal ataupun yang tidak terkenal. Biografi biasanya menceritakan tentang toko sejarah, tetapi banyak juga yang menceritakan tentang orang yang masih hidup. Sekarang ini banyak sekali biografi yang ditulis secara kronologis.

Unsur Kebahasaan Teks Biografi

Teks biografi memiliki unsur-unsur kebahasaan yang menjadi pembangun, diantaranya :

  1. Kata Penghubung atau konjungsi
  2. Merujuk Kata
  3. Kata Kerja
  4. Waktu, aktivitas, dan tempat

Ciri-Ciri Teks Biografi

Teks biografi memiliki ciri-ciri khusus yang dapat membedakannya dengan jenis teks pada umumnya. Ciri-ciri dari teks biografi adalah sebagai berikut :

  1. Biografi harus berisi cerita yang berdasarkan fakta sebenarnya atau fakta yang telah terjadi pada tokoh yang diceritakan dalam sebuah narasi.
  2. Bisa diteladani oleh orang lain yang berdasarkan pengalaman hidup tokoh dalam menghadapi persoalan-persoalan yang dihadapinya sehingga termasuk seseorang yang sukses hingga sekarang.
  3. Struktur teks biografi terdiri dari orientasi, masalah, dan reorientasi.

Struktur Teks Biografi

Berikut dibawah ini adalah struktur-struktur yang dimiliki oleh teks biografi :

  • Orientasi, merupakan bagian yang menjelaskan atau menggambarkan pengenalan pada tokoh, isinya berupa gambaran awal tentang tokoh yang diceritakan dalam biografi tersebut.
  • Peristiwa dan Masalah, pada bagian ini berisi mengenai suatu peristiwa atau kejadian yang pernah dialami dialami oleh seseorang. Termasuk didalamnya berisi mengenai masalah pernah ia hadapi dalam mencapai suatu tujuan dan cita-cita dalam hidupnya.

Hal-hal yang sangat menarik, mengesankan, mengagumkan, dan menyedihkan yang pernah dialami oleh seseorang tokoh yang dibahas dalam bagian ini.





Leave a Reply

Your email address will not be published.