Contoh Teks Anekdot Dan Strukturnya Lengkap


Contoh Text Anekdot – Dalam bahasa Indonesia, akan sering kita jumpai sebuah teks yang berbentuk cerita pendek yang lucu tetapi penuh dengan kritik dan sindirian. Teks inilah yang disebut dengan teks anekdot.



Pernahkah anda menjumpai kritikan dan sindirian yang lucu? Jika belum, dalam artikel ini kami akan memberikan beberapa contoh teks anekdot untuk anda.

Namun sebelum membahas tentang contoh teks anekdot lucu, ada beberapa hal mengenai teks anekdot yang harus anda ketahui. Beberapa di antaranya adalah struktur teks, kaidah atau unsur kebahasaan, ciri-ciri dan tujuan dari teks anekdot. Nah, untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.

Baca juga: Contoh Teks Anekdot Sindiran

Struktur Teks Anekdot

Sama seperti jenis teks pada umumnya, teks anekdot juga memiliki struktur. Teks anekdot mempunyai struktur pembangun yang membuatnya teridentifikasi sebagai anekdot. Berikut ini adalah struktur-struktur teks anekdot :

  • Abstraksi, bagian ini terdapat di awal paragraf. Abstraksi memiliki fungsi untuk mendiskripsikan keseluruhan isi teks anekdot dengan jelas.
  • Orientasi, bagian ini terdapat di permulaan kisah yang akan menggambarkan situasi dan kondisi yang terjadi.
  • Event, bagian ini berisi penjelasan atas tiap-tiap cerita pendek yang sedang berlangsung.
  • Krisis, dalam sebuah teks anekdot, krisis merupakan sorotan atau masalah utamanya.
  • Reaksi, bagian ini merupakan metode penyelesaian atau solusi dari krisis.
  • Koda, adalah perubahan suasana dari setiap kondisi dan tokoh secara umum
  • Reorientasi, merupakan bagian penutup teks anekdot.

Sebagai informasi tambahan, berikut ini adalah urutan cara menyusun sebuah teks anekdot. Pertama, yaitu memberikan judul. Apabila judul sudah diberikan di awal, maka tujuan dari tulisan anda akan menjadi fokus dan tidak melebar ke mana-mana.

Kedua adalah cari mencari bahan. Bahan yang dimasud disini adalah setting utama dalam sebuah cerita teks anekdot yang akan ditulis. Bahannya bisa diambil dari pengalaman pribadi yang lucu atau bahkan yang memalukan sekalipun.

Ketiga, menentukan topik. Contoh topik yang paling umum digunakan adalah tentang pendidikan dan politik, sebab dua aspek tersebut dipandang sarat akan cela sehingga menjadi sasaran kritik dan sindirian yang empuk. Selain itu, anda juga bsa mengambil topik yang sedang trending belakangan terakhir.

Keempat, menentukan pesan moral. Poin yang satu merupakan poin yang paling penting dalam teks anekdot. Tanpa adanya pesan moral, sebuah teks lucu bisa dikatakan bukan merupakan teks anekdot. Yang terakhir adalah menenukan unsur lucunya. Dalam standup comedy, unsur ini biasa disebut dengan istlah punch line.



Leave a Reply

Your email address will not be published.