Contoh Surat Permohonan / Pengajuan Dana


Surat Permohonan Sponsorship – Dalam menjalani kehidupan pastinya kita akan sering dihadapkan dengan berbagai persoalan atau masalah. Misalnya saja, kita tidak bisa mengerjakan tugas sendiri dan membutuhkan bantuan dari orang lain. Apabila kita mengingkan agar permohonan di kabulkan maka kita harus membuat sebuah surat permohonan yang harus kita tujukan kepada yang di mintai tolong. Selain itu, kegunaan dari surat permohonan adalah untuk mengajikan permohonan terhadap orang lain.



Sebagaimana mestinya surat permohonan merupakan sebuah surat resmi dan untuk membuat surat ini sangatlah sulit. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat surat permohonan seperti misalnya format menulisnya. Selain itu, kata yang baik dan tepat juga akan mempengaruhi surat permohonan yang kita buat bisa di kabulkan.

Apa itu surat permohonan?

Surat permohonan merupakan sebuah surat yang berisi mengena permintaan kepada pihak yang dituju seperti lembaga, organisasi, instansi, dan lain-lain.

Berikut ini adalah beberapa contoh surat permohonan :

  1. Surat permohonan cuti
  2. Surat permohonan kerjasama
  3. Surat permohonan izin
  4. Surat permohonan beasiswa
  5. Surat permohonan sponsor
  6. Surat permohononan untuk mengadakan suatu kegiatan
  7. Surat permohonan kehadiran
  8. Dan masih banyak lagi lainnya

Selain itu, ada banyak fungsi dari surat izin yakni sebagai bukti tertulis di mana kita sudah membuat permohonan yang diberikan kepada yang bersangkutan bisa terpenuhi tujuannya dengan baik dan berjalan mulus.

Sama seperti surat resmi pada umumnya, dalam membuat surat permohonan anda wajib memenuhi syarat-syarat yang telah di rumuskan.



Baca juga: Surat Perjanjian Kerjasama

Hal-hal yang harus diperhatikan saat membuat surat permohonan

Ketika membuat surat permohonan yang harus anda perhatikan adalah penulisan identitas dan tujuan surat yang harus jelas dan benar.

  1. Anda harus menulis surat pemohonan secara ringkas supaya mudah di cerna oleh pembaca namun anda juga harus menyertakan tujuan permohonan surat tersebut yang melatarbelakangi. Supaya mudah dalam menerima kepastian mengenai surat permohonan yan telah anda buat di tolak atau tidak, anda juga harus menyertakan waktu yang sudah di tentukan dengan tujuan untuk menjawab permohonan tersebut.
  2. Pada umumnya, dalam membuat surat permohonan terdiri dari format teratur dan letak yang rapi juga sangat berpengaruh dalam pembuatan surat permohonan. Apabila surat tersebut di buat oleh suatu organisasi maka surat tersebut harus di lengkapi dengan kop surat. Hal ini  bertujuan untuk dapat menyampaikan identitas lembaga atau instansi yang bersangkutan untuk lebih jelas. Di bagian bawah kop surat tersebut di isi nomor surat dan tanggal kapan surat di buat.
  3. Setelah itu, untuk bagian dari isi surat harus di mulai menggunakan salam dan penulis identitas dari si pemohon, jangan sampai lupa untuk mencantumkan isi dari permohonan dan kemudian di akhiri dengan tandatangan. Anda juga harus menggunakan bahasa yang logis supaya permohon anda di terima oleh pihak yang bersangkutan.
  4. Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, di bagian akhir surat anda jangan sampai lupa memberikan akhir waktu untuk menanggapi surat supaya anda mudah mendapat kepastian. Pada bagian paling bawah, anda harus menyertakan tanda tangan dan nama. Sebaiknya anda juga menggunakan materai.

Contoh surat permohonan

Kalau anda sudah paham tentang membuat surat permohonan, mari langsung saja kita simak contoh berikut ini !

Surat Permohonan Izin Untuk Mengadakan Kegiatan

KARANG TARUNA BAKTI



Leave a Reply

Your email address will not be published.