Contoh Surat Penawaran Barang Dan Kerjasama


Cara Menulis Surat Penawaran Yang Benar

menulis surat penawaran



Dalam menulis surat penawaran, maka anda harus memperhatikan cara penulisannya. Hal ini bertujuan supaya penawaran yang telah diajukan lebih mudah diterima oleh pihak konsumen. Lalu, bagaimana cara menulis surat penawaran yang benar? Nah, untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Kop surat

kop surat penawaran

Dalam surat yang bersifat resmi, kop surat merupakan bagian paling penting yang tidak boleh ditinggalkan. Kop surat berada di bagian paling atas surat. Adapun beberapa bagian pada kop surat adalah sebagai berikut :

  • Nama perusahaan atau instansi
  • Logo perusahaan atau instansi
  • Alamat lengkap perusahaan atau instansi
  • Kontak (CP) perusahaan atau instansi  yang dapat dihubungi

Kepala Surat



kepala surat penawaran

Bagian kepala surat akan mencantumkan beberapa hal, diantaranya :

  • Tanggal pembuatan surat
  • Nomor surat
  • Lampiran
  • Perihal, dan
  • Tujuan surat

Pembuka surat

pembuka surat penawaran

Pada bagian pembuka surat penawaran biasanya akan menjelaskan secara singkat mengenai pemberitahuan atau balasan dari surat permintaan yang diterima  terkait barang  atau jasa yang ditawarkan dan akan menjelaskan sedikit mengenai perusahaan atau instansi penawar.

Isi surat

isi surat penawaran



Bagian isi merupakan bagian yang  paling penting dalam sebuah surat penawaran. Pada bagian isi surat akan dijelaskan secara rinci bagaimana barang atau jasa yang ditawarkan. Bagian yang akan dijelaskan harus sesuai dengan fakta yang ada.

Jika yang dicantumkan hanyalah sebuah rekayasa supaya konsumen tertarik, maka hal ini akan menghilangkan kepercayaan konsumen terhadap pihak penawar. Penjelasan yang rinci dan sesuai dengan fakta, akan mudah menarik konsumen untuk memilih produk. Adapun beberapa hal yang biasanya dijelaskan adalah sebagai berikut :

  • Harga produk ataupun jasa
  • Jenis produk atau jasa
  • Merk produk dan warna produk
  • Pembayaran
  • Pengiriman

Apabila ada yang perlu dijelaskan pada bagian-bagian tertentu, maka jelaskan secara detail supaya konsumen menjadi semakin yakin.

Penutup surat



penutup surat penawaran

Bagian penutup surat umumnya berisi himbauan atau harapan dari pihak penawar kepada konsumen. Bahkan jika perlu, cantumkan juga beberapa administrasi tambahan supaya konsumen menjadi semakin yakin.

Baca juga: Contoh Surat Perjanjian

Beberapa Contoh Surat Penawaran

Setelah anda memahami tentang surat penawaran, maka pembahasan berikutnya kami akan memberikan contoh surat penawaran yang benar.

  • Contoh Surat Penawaran Barang
  1. MUDA BERKARYA

Jalan Simanjutak Km 11 Nomor 34 Kota Denpasar Bali

Telp. 082134562765 Email : muda.berkaryaofficial@rocketmail.com

                                                                                                              Denpasar, 5 Mei 2018

Nomor : 14/Md-kar/V/2018

Hal : Penting

Lamp : 2 lembar

Kepada

Yth. UD Mitra Utama

Jl. Babarsari No.32

Bedugul

Dengan hormat,

Berdasarkan surat yang telah kami terima dengan nomor 012/mtr-u/IV/ 2018 yang berisi mengenai permintaan data barang yaitu berupa peralatan kerja kantor kepada perusahaan yang kami kelola, maka dengan ini kami ingin menawarkan produk-produk yang menjadi unggulan di perusahaan kami.

Bersama surat penawaran ini juga, kami akan menyertakan brosur yang berisi tentang produk-produk yang telah kami produksi. Selain itu, kami juga akan menawarkan harga spesial untuk pembelan pada bulan ini sebesar 16% untuk pembelian produk sebelum tanggal 16 Mei. 2018.

Garansi yang kami tawarkan yaitu  selama 1 tahun pemakaian untuk setiap  produk. Pembayaran dapat dilakukan dengan membayar uang muka sebesar 35% dari jumlah produk yang ingin dibeli dan untuk angsurannya akan kami jelaskan pada brosuk yang terlampir.

Demikian surat penawaran barang dari perusahaan kami. Besar harapan kami untuk menerima pesanan dari mitra yang anda kelola. Semoga dengan ini akan menjadi awal kerjasama yang baik untuk kedua belah pihak. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat kami,

Muda Berkarya,

Bambang Sutjako

Marketing Manager



Leave a Reply

Your email address will not be published.