Pengertian Dan Contoh Surat Kuasa Yang Benar


Membuat Surat Kuasa Yang BenarSurat kuasa adalah sebuah surat yang berisi pemberian wewenang atau kuasa kepada seseorang untuk dapat melakukan sesuatu seperti yang dimaksudkan dalam surat. Umumnya surat ini akan diberikan oleh seseorang yang mempunyai kesibukan tertentu kepada orang yang terpercaya.



Surat kuasa ini berikan apabila seseorang tidak bisa melakukan suatu hal, sehingga harus diwakilkan kepada orang lain. Biasanya surat kuasa ini digunakan untuk dapat mengatasi berbagai permaslah administrasi.

Surat Kuasa Itu Sangat Penting

Bagi anda yang mempunyai berbagai macam kesibukan maka anda harus megetahui surat ini. Surat kuasa akan sangat penting untuk membantu memudahkan pekerjaan anda. Jika anda sekarang ini dalam kondisi yang sibuk dan tidak bisa mengambil sesuatu yang berharga maka anda dapat menggunakan surat kuasa untuk diberikan kepada orang yang dapat dipercaya, dan bisa digunakan untuk mengambil barang-barang yang penting seperti ijasah, BKBP, surat tanah, dan surat-surat penting yang lainnya.

Karena digunakan untuk pengambilan atau pembuatan hal-hal penting, maka anda harus pastikan untuk memberikan surat kuasa kepada seseorang yang bisa anda percaya seperti keluarga atau teman dekat anda.

Baca juga: Contoh Surat Keterangan Resmi

Pemberian kuasa kepada orang yang tidak begitu anda kenal maka akan sangat beresiko, karena bisa saja surat kuasa ini dibuat untuk mengambil dokumen penting seperti ijasah, BPKB, surat tanah, atau dokumen penting lainnya. Ini bukan masalah suudhon kepada orang lain, tetapi hanya untuk berjaga-jaga saja. Apabila kita mengenal dengan baik maka kita sudah dapat mengetahui apakah orang tersebut amanah atau tidak.



Untuk lebih jelasnya, kami akan menjelaskan secara detail mengenai surat kuasa, mulai dari ciri-ciri surat kuasa, fungsi dari surat kuasa, unsur penting yang ada dalam surat kuasa, jenis-jenis dan contoh surat kuasa.

Pengertian Surat Kuasa

Surat kuasa merupakan sebuah  surat pemberian kuasa atau wewenang kepada seseorang yang telah dipercayai supaya yang ditunjuk mampu mewakili orang yang memberikan kuasa tersebut. Pemberian surat kuasa terjadi karena adanya beberapa sebab  yakni adanya halangan yang mengharuskan pihak penyerah kuasa tidak dapat melaksanakan atau hadir pada suatu undangan.

Ciri-ciri Surat Kuasa

Surat kuasa adalah salah satu contoh surat resmi. Tetapi mempunyai beberapa perbedaan dengan surat resmi yang biasa kita jumpai.  Surat kuasa ini memiliki beberapa ciri khusus. Adapun ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh surat kuasa adalah sebagai berikut :

  1. Surat kuasa dilengkapi dengan judul surat, misalnya saja “surat kuasa”.
  2. Surat kuasa menggunakan bahasa yang baku dan mudah untuk dipahami.
  3. Surat ini dilengkapi dengan surat pelimpahan kuasa tertentu kepada pihak terkait.

Itulah beberapa ciri-ciri khusus surat kuasa yang perlu anda ketahui, supaya anda bisa membedakannya dengan jenis surat resmi lainnya.

Fungsi Surat Kuasa

Surat kuasa  akan membantu anda dalam mengatasi berbagai persoalan terkait pengambilan dokumen atau urusan penting lainnya yang tidak bisa anda lakukan sehari, karena mungkin ada kesibukan yang tidak bisa anda tinggalkan. Dengan adanya surat kuasa, anda bisa meminta bantuan kepada orang lain seperti keluarga atau kerabat anda untuk melakukan kepentingan tersebut. Karena berkaitan dengan hal-hal penting, surat ini bisa memberikan jaminan hukum atas kepentingan yang tidak bisa anda lakukan sendiri. Itulah  fungsi utama dari sebuah surat kuasa.

Unsur-Unsur Yang Harus Ada Pada Surat Kuasa Dan Formatnya

Karena termasuk surat resmi, maka ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan dalam membuat surat kuasa. Berikut ini adalah hal penting yang harus ada pada surat kuasa.





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *