Pengertian Dan Contoh Surat Keterangan Resmi


Contoh Surat Keterangan Resmi – Surat keterangan adalah sebuah surat yang berisi penjelasan mengenai seseorang atau suatu hal.  Surat keterangan merupakan sebuah jenis surat yang seringkali di buat karena isi surat keterangan pada umumnya menyangkut aktivitas manusia.



Surat keterangan ini bersifat resmi, sebab hanya dikeluarkan oleh organisasi. Maka dari itu, tidak akan ada lagi istilah surat keterangan yang dikeluarkan oleh perseorangan. Namun jika ada perseorangan memberi keterangan tertulis berupa surat, berarti surat itu disebut dengan surat pernyataan.

Jika dilihat dari sekilas, surat keterangan tidak jauh berbeda dengan surat pertanyaan. Namun surat keterangan penggunaannya cukup luas dan banyak digunakan dalam dunia kerja dan administrasi kependudukan. Walaupun anda belum pernah membuat, tetapi anda mungkin pernah melihatnya. Nah, untuk itu maka simak penjelasan selengkapnya beserta contoh dari surat keterangan berikut ini.

Baca juga: Contoh Surat Pengajuan Dana

Pengertian Surat Keterangan

Surat keterangan terdiri dari dua kata yakni “surat” dan “keterangan”. Menurut kamus bahasa Indonesia terbaru, kata surat memiliki arti kertas yang bertulis atau keterangan, sesuatu yang ditulis atau tertulis.

Sedangkan kata keterangan memiliki arti dalam sintaksis, keterangan merupakan kata atau kelompok kata yang digunakan untuk membatasi atau meluaskan atau makna subjek atau predikat dalam suatu kalimat. Keterangan ini sendiri  sangat bermacam, mulai dari keterangan tempat, waktu, tujuan, penjelasan, dan keterangan-keterangan.

Surat keterangan merupakan suatu surat yang dibuat untuk membuat sebuah keterangan yang berkaitan tentang kesanggupan untuk dapat melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan. Surat keterangan juga dapat digunakan untuk menjelaskan bahwa perseorangan atau sebuah kelompok tersebut pernah melakukan suatu kegiatan atau sebaliknya.

Umumnya surat keterangan juga dilengkapi dengan materai dengan nominal enam ribu. Namun ada juga surat keterangan yang hanya dengan tanda tangan biasa. Dan untuk surat yang bersifat resmi biasanya didalamnya juga dilengkapi dengan materai.

Sebenarnya, surat keterangan juga bisa dibaat sendiri yang bertujuan untuk memberikan sebuah keterangan kesanggupan dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan tertentu. Atau surat keterangan juga dapat disusun oleh pihak ketiga  yang memberikan keterangan yang sesuai dengan kondisi si pemberi surat keterangan tersebut.

Surat keterangan memang banyak sekali macamnya, seperti surat keterangan berperilak baik, surat keterangan pengalaman kerja, surat keterangan kerja, keterangan tidak mampu dalam suatu kegiatan dan lain sebagainya.

Perbedaan Surat Keterangan Biasa Dan Penting

Apabila dilihat dari segi isi dan segi kepentingannya, surat keterangan dapat dibedakan menjadi dua macam, yakni :

  1. Surat keterangan yang biasa
  2. Surat keterangan yang penting, seperti misalnya surat referensi, surat pernyataan dan surat rekomendasi.

Tolak ukur yang membedakan antara kedua macam surat keterangan tersebut memang semata-semata terdapat pada sifat isi dan segi kepentingan surat keterangan yang dibuat. Ukuran kepentingan tersebut dapat diukur dengan melihat dampak yang akan terjadi karena dikeluarkannya surat keterangan tertentu. Nah, apabila akibat yang muncul dari pengeluaran surat tersebut akan berdampak luas dan “serius”, maka surat keterangan tersebut disebut dengan surat keterangan biasa.

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih detail tentang perbedaan antara surat keterangan biasa dan surat keterangan penting, maka berikut ini kami akan berikan contoh dari masing-masing surat keterangan tersebut. Seperti misalnya surat keterangan mengenai kedudukan seseorang sebagai anggota di suatu organisasi bias, keterangan sebagai karyawan di sebuah perusahaan, dan keterangan sebagai mahasiswa dalam perguruan tinggi termasuk dalam keterangan biasa.

Sedangkan untuk keterangan mengenai kesehatan yang lebih detail, keterangan tidak pernah terlibat dengan organiasasi, keterangan belum pernah bermasalah dengan hukum, dan keterangan pengalaman kerja dapat digolongkan sebagai keterangan penting.

Pengertian Surat Keterangan Biasa

Surat keterangan biasa merupakan sebuah surat keterangan yang di berikan kepada seseoran atau warga masyarakat di tengah-tengah kesibukan setiap hari seperti misalnya surat keterangan sebagai mahasiswa, surat keteranga sebagai anggota organisasi biasa dan surat keterangan sebagai karyawan di sebuah perusahaan.

Di dalam surat keterangan biasa ini penjabat yang menerangkan, data pribadinya tidak perlu diikutsertakan. Akan tetapi, penjabat yang menerangkan bisa langsung menulis jabatannya. Jika perlu, dapat mencantumkan data pribadi penjabat yang menerangkan. Setidaknya data pribadi yang perlu dicantumkan adalah nama, pangkat / golongan, pekerjaan / jabatan.

Isi Surat Keterangan

Pada umumnya, isi pokok dari surat keterangan adalah :

  1. Data pribadi dari pihak yang menerangkan
  2. Data pribadi dari pihak yang diterangkan
  3. Isi surat
  4. Tujuan dari surat keterangan dibuat
  5. Penutup, yakni bagian berisi harapan supaya pihak ketigan dan pihak yang berkepentingan memaklumi isi surat yang dimaksud.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam penyusunan surat keterangan, yakni :

  1. Objek yang diterangkan dalam surat keterangan adalah pihak kedua atau orang yang meminta, merupakan pihak yang menjadi anggota dari suatu komunitas. Seperti komunitas sekolah, lembaga, badan usaha, atau perusahaan yang dimintai surat keterangan.
  2. Sifat keterangan dalam surat keterangan adalah tidak rahasia. Hal ini dikarenakan surat keterangan diminta sendiri dan diberikan kepada pihak yang bersangkutan, sehingga yang bersangkutan dapat membaca dan mengetahui isinya secara jelas.
  3. Isi surat keterangan tentang keadaan sesuatu atau seseorang. Biasanya dalam surat ini hanyak akan disebutkan hal-hal yang paling umum saja. Jadi, dalam sebuah surat keterangan tidak akan disebutkan kebaikan atau keburukan seseorang atau sesuatu yang terangkan. Anda harus bedakan antara surat keterangan dengan rekomendasi dan referensi.

Manfaat Surat Keterangan

Setelah mengetahui tentang pengertian surat keterangan, macam-macam surat keterangan dan apa yang dimaksud dengan surat keterangan yang baik dan benar, berikut kami akan menjelaskan beberapa manfaat yang anda akan anda dapatkan dari surat keterangan, yakni :

  1. Surat keterangan, memberikan sebuah peluang kepada penerima surat keterangan supaya memiliki alasan dan bukti untuk dapat menuntut dan meminta pertanggung jawaban kepada pihak si pemberi surat keterangan tersebut. Jika nantinya si penerima surat keterangan mendapatkan hal-hal yang tidak sesuai dengan keinginannya dalam surat keterangan tersebut.
  2. Dengan adanya surat keterangan, maka si pembuat akan memiliki alasan dan bukti bahwa si pembuat surat keterangan bersungguh-sungguh dalam menuliskan surat keterangan yang dibuatnya.
  3. Surat keterangan menjadi tolak ukur keadaan dari pihak yang diterangkan dalam surat keterangan, baik kondisi bersifat positif atau bersifat negative.

Bagian-Bagian Dan Penyusunan Surat Keterangan

Secara garis besar surat keterangan ini mempunyai tiga bagian pokok, yaitu :

  1. Kepala surat yang terdiri atas :
  • Kop surat yang dibuat lengkap dengan alamatnya,
  • Adanya kata petunjuk berupa “SURAT KETERANGAN” yang biasanya menggunakan huruf capital.
  • Nomor surat ditulis di bagian bawah kata SURAT KETERANGAN.
  1. Isi surat keterangan yang terdiri atas :
  • Pernyataan dari kesungguhan pihak atau penjabat yang menerangkan.
  • Identitas dari pihak yang diterangkan,
  • Nama
  • Tempat/tanggal lahir
  • Alamat dan lain-lain
  • Penjelasan mengenai kondisi umum dari orang tersebut sesuai dengan keterangan yang disampaikan
  • Klausa penutup yang berupa harapan surat tersebut dapat dimanfaatkan
  1. Kaki surat keterangan yang terdiri atas :
  • Tempat dan tanggal dikeluarkannya surat tersebut
  • Identitas dari penanggung jawab,
  •  Jabatan dari penanggung jawab
  • Tanda tangan disertai nama terang,
  • NIP, nomor anggota, atau sejenisnya,
  • Stempel.

Baca juga: Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Sekolah

Contoh Surat Keterangan

Nah, agar lebih menambah pemahaman Anda mengenai surat keterangan lebih lanjut, berikut ini beberapa contoh surat keterangan yang bisa Anda jadikan referensi untuk membuat surat keterangan jika suatu saat Anda membutuhkan. Beberapa contoh surat keterangan ini di usahakan akan membuat anda selalu puas, karena akan dimulai dari contoh surat keterangan umum, surat keterangan kehilangan, surat keterangan jual beli tanah, surat keterangan penyesalan, surat keterangan pengunduran diri, dan lain sebagainya.

Contoh Surat Keterangan Biasa

Berikut ini contoh susunan format dari surat keterangan umum yang dapat Anda gunajan sebagai bahan referensinya.

SURAT KETERANGAN

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama Lengkap : Alfan Syahputra
Tempat, Tanggal Lahir : Malang, 28 Mei 1998
Jenis Kelamin : Laki-laki
No. KTP : 3557500989883644
Alamat Lengkap : Jl Pattimura Desa Sungelebak

Dengan dibuatnya surat keterangan ini saya menyatakan dengan sungguh-sungguh bahwasannya:

  1. Hingga saat ini saya belum terikat kontrak kerja dengan perusahaan atau instansi manapun.
  2. Saya bersedia untuk diberikan tugas dimanapun cabang perusahaan yang tersedia di seluruh Indonesia ini.
  3. Saya bersedia bertugas dan sanggup untuk bekerja sesuai dengan waktu yang sudah ditetapkan.
  4. Saya berjanji tidak akan mengundurkan diri sebelum masa kontrak kerja yang saya punya berakhir.
  5. Saya berjanji tidak akan mengambil libur cuti selama masih dalam waktu bekerja.

Demikian surat keterangan ini saya buat dengan bersungguh-sungguh tanpa adanya unsur keterpaksaan dari pihak manapun. Jika di kemudian hari saya melakukan tindakan pelanggaran yang tidak sesuai dengan surat keterangan yang saya tuliskan, saya bersedia menerima segala konsekuensi yang sesuai dengan hukuman yang berlaku.

Malang, 21 Juni 2018