Pengertian Dan Contoh Surat Keterangan Resmi


Contoh Surat Keterangan Resmi – Surat keterangan adalah sebuah surat yang berisi penjelasan mengenai seseorang atau suatu hal.  Surat keterangan merupakan sebuah jenis surat yang seringkali di buat karena isi surat keterangan pada umumnya menyangkut aktivitas manusia.



Surat keterangan ini bersifat resmi, sebab hanya dikeluarkan oleh organisasi. Maka dari itu, tidak akan ada lagi istilah surat keterangan yang dikeluarkan oleh perseorangan. Namun jika ada perseorangan memberi keterangan tertulis berupa surat, berarti surat itu disebut dengan surat pernyataan.

Jika dilihat dari sekilas, surat keterangan tidak jauh berbeda dengan surat pertanyaan. Namun surat keterangan penggunaannya cukup luas dan banyak digunakan dalam dunia kerja dan administrasi kependudukan. Walaupun anda belum pernah membuat, tetapi anda mungkin pernah melihatnya. Nah, untuk itu maka simak penjelasan selengkapnya beserta contoh dari surat keterangan berikut ini.

Baca juga: Contoh Surat Pengajuan Dana

Pengertian Surat Keterangan

Surat keterangan terdiri dari dua kata yakni “surat” dan “keterangan”. Menurut kamus bahasa Indonesia terbaru, kata surat memiliki arti kertas yang bertulis atau keterangan, sesuatu yang ditulis atau tertulis.

Sedangkan kata keterangan memiliki arti dalam sintaksis, keterangan merupakan kata atau kelompok kata yang digunakan untuk membatasi atau meluaskan atau makna subjek atau predikat dalam suatu kalimat. Keterangan ini sendiri  sangat bermacam, mulai dari keterangan tempat, waktu, tujuan, penjelasan, dan keterangan-keterangan.



Surat keterangan merupakan suatu surat yang dibuat untuk membuat sebuah keterangan yang berkaitan tentang kesanggupan untuk dapat melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan. Surat keterangan juga dapat digunakan untuk menjelaskan bahwa perseorangan atau sebuah kelompok tersebut pernah melakukan suatu kegiatan atau sebaliknya.

Umumnya surat keterangan juga dilengkapi dengan materai dengan nominal enam ribu. Namun ada juga surat keterangan yang hanya dengan tanda tangan biasa. Dan untuk surat yang bersifat resmi biasanya didalamnya juga dilengkapi dengan materai.

Sebenarnya, surat keterangan juga bisa dibaat sendiri yang bertujuan untuk memberikan sebuah keterangan kesanggupan dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan tertentu. Atau surat keterangan juga dapat disusun oleh pihak ketiga  yang memberikan keterangan yang sesuai dengan kondisi si pemberi surat keterangan tersebut.

Surat keterangan memang banyak sekali macamnya, seperti surat keterangan berperilak baik, surat keterangan pengalaman kerja, surat keterangan kerja, keterangan tidak mampu dalam suatu kegiatan dan lain sebagainya.

Perbedaan Surat Keterangan Biasa Dan Penting

Apabila dilihat dari segi isi dan segi kepentingannya, surat keterangan dapat dibedakan menjadi dua macam, yakni :

  1. Surat keterangan yang biasa
  2. Surat keterangan yang penting, seperti misalnya surat referensi, surat pernyataan dan surat rekomendasi.

Tolak ukur yang membedakan antara kedua macam surat keterangan tersebut memang semata-semata terdapat pada sifat isi dan segi kepentingan surat keterangan yang dibuat. Ukuran kepentingan tersebut dapat diukur dengan melihat dampak yang akan terjadi karena dikeluarkannya surat keterangan tertentu. Nah, apabila akibat yang muncul dari pengeluaran surat tersebut akan berdampak luas dan “serius”, maka surat keterangan tersebut disebut dengan surat keterangan biasa.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *