Contoh Slip Gaji Sederhana Untuk Karyawan


Slip Gaji Sederhana Untuk Karyawan – Setiap perusahaan pastinya mempunyai format dan bentuk slip gaji yang berbeda. Meskipun demikian, format yang dibuat tentu tidak jauh berbeda antara perusahaan satu dengan perusahaan yang lainnya.



Apakah anda merupakan seorang karyawan yang bekerja sebagai staff administrasi di sebuah perusahaan yang bertugas untuk mengurusi seluruh gaji karyawan? Jika iya, mungkin anda sekarang sedang bingung bagaimana format slip gaji yang benar. Apalagi jika anda merupakan karyawan yang masih baru di bidang administrasi. Tentu saja hal ini akan sangat menjengkelkan.

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kebingungan anda. Salah satunya adalah dengan meminta format gaji yang digunakan perusahaan tersebut supaya bisa anda contoh.

contoh slip gaji karyawan

Akan tetapi, anda tidak mau kan jika dicap sebagai karyawan yang tidak memiliki potensi dan kreativitas sendiri, sampai-sampai format gaji saja harus mencontoh dari yang sebelumnya. Pastinya anda ingin membuktikan bahwa anda bisa melakukan yang terbaik dibandingkan pegawai yang menempati posisi anda sebelumnya kan? Karena dibanding-bandingkan itu sakit.

Untuk itu mulailah dari hal yang terkecil dengan membuat atau memperbaiki format dan bentuk slip gaji perusahaan yang menjadi tempat anda bekerja.



Supaya anda tidak kebingungan kami disini akan memberikan beberapa contoh slip gaji yang bisa anda gunakan sebagai referensi. Jika anda sedang mencari format gaji slip yang  baik dan benar kami disini juga akan memberikan beberapa contohnya.

Supaya memudahkan pemahaman anda tentang slip gaji, kami juga akan memberikan ulasan secara lengkap tentang pengertian slip gaji, format slip gaji, komponen gaji, dan cara membuatnya.

Baca juga: Cara Menghitung Gaji Karyawan Dengan Rumus

Pentingnya Slip Gaji

Jika dilihat dari definisinya, sebenarnya tidak ada definisi yang mutlak tentang slip gaji. Namun, agar lebih mudah dipahami kami akan menjelaskan pengertiannya. Slip gaji adalah selembar kertas yang berisi rincian gaji yang didapatkan oleh seorang karyawan, pegawai, atau sejenisnya.

Pada umumnya, rincian gaji berisi mengenai berapa gaji yang telah didapatkan, dan jika ada potongan maka potongan apa saja, semuanya sudah secara rinci tercatat di dalam slip gaji. Slip gaji biasanya akan memuat gaji karyawan dalam 1 bulan. Biasanya slip gaji berada di dalam sebuah amplop gaji yang diberikan kepada pihak yang bersangkutan atau penerima gaji.

Slip gaji digunakan sebagai bukti bahwa perusahaan sudah memberikan gaji kepada karyawannya dan digunakan juga sebagai dokumentasi terkait data pengeluaran perusahaan.

Sedangkan bagi karyawan, slip gaji akan digunakan sebagai bukti kejelasan terkait gaji yang telah didapatkannya, yang telah dipotong, dan berapa yang ia terima. Jadi, slip gaji ini memiliki 2 peran penting yaitu untuk perusahaan dan untuk karyawan.



Sebuah perusahaan pastinya tidak dapat mengabaikan slip gaji ini. Meskipun terlihat sangat sepele, tetapi keberadaan slip gaji tidak bisa dipandang sebelah mata.

Bayangkan saja, jika anda memberikan gaji tanpa  adanya slip gaji. Pasti semua karyawan akan bertanya kepada anda terkait kejelasan dari gaji yang telah mereka dapatkan. Anda tentunya tidak ingin membuang waktu untuk mengurusi hal tersebut kan? Jadi, supaya nantinya tidak terjadi kesalahan maka anda harus membiasakan untuk menyertakan slip gaji pada karyawan.

Format Slip Gaji

slip gaji honorer

Format slip gaji dari karyawan perusahaan tentu tidak akan sama dengan format slip gaji yang diterima oleh guru  ataupun PNS lainnya. Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, hal ini tergantung dari perusahaan tempat bekerja.



Setiap perusahaan pastinya tidak akan mempunyai format dan bentuk slip gaji yang sama. Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini kami akan memberikan format gaji karyawan yang perlu anda ketahui.

  • Nama dan logo perusahaan

Nama dan logo perusahaan merupakan hal paling penting yang tidak boleh anda lewatkan dalam pembuatan slip gaji. Nama perusahaan merupakan sebuah tanda bahwa yang membuat slip gaji tersebut adalah perusahaan yang bersangkutan.

Selain nama, anda harus mencantumkan logo perusahaan jika perusahaan tempat anda bekerja mempunyai logo tertentu. Slip gaji tersebut juga bisa dikira slip pembayaran di toko apabila anda tidak mencantumkan nama dan logo perusahaan. Bahkan saat ini ada banyak sekali toko yang sudah menggunakan slip pembayaran yang ada nama toko dan juga logo toko.

  • Menyatakan kerahasiaan dokumen

Jangan sampai lupa untuk mencantumkan tulisan yang menyatakan kerahasiaan dari slip gaji tersebut. Misalnya saja dengan menuliskan kalimat seperti ini “privat and confiential” pada slip gaji tersebut. Hal ini berarti data yang tertulis dalam slip gaji yang diberikan kepada karyawan  tersebut hanya akan diketahui oleh perusahaan dan karyawan yang namanya tercantuk di dalamnya.

  • Data karyawan

Di dalam sebuah slip gaji, anda harus mencantumkan data karyawan yang bersangkutan. Data ini bisa meliputi nama penerima gaji, jabatan, nomor pegawai, dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

  • Tanggal pembayaran

Anda juga perlu mencantumkan tanggal pembayaran atau tanggal untuk pembayaran kapan atau pembayaran bulan apa gaji tersebut. Disamping itu, cantumkan pula tanggal penyerahan gaji tersebut kepada pihak yang bersangkutan (penerima gaji). Pencatatan tanggal ini bisa digunakan sebagai dokumen untuk menjadi laporan kepada atas atau jika sewaktu-waktu terjadi masalah.

  • Besarnya gaji dan potongan

Bagian ini merupakan bagian yang tak kalah penting terkait slip gaji. Di dalam sebuah slip gaji yang harus anda tuliskan adalah jumlah gaji karyawan dan potongan gaji karyawan tersebut



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *