Cara Membuat Resume Lamaran Pekerjaan


Cara Membuat Resume – Era globalisasi seperti sekarang ini memberikan dampak yang besar bagi kita, seperti misalnya dalam hal pekerjaan. Dimana kita tidak hanya bersaing dalam negri saja tetapi juga pekerja asing dari luar negri yang sumber daya manusianya sudah tidak perlu diragukan lagi. Maka dari itu, diperlukan adanya peningkatan mutu kualitas sumber daya manusia di Indonesia agar nantinya tidak dapat digeser oleh para pekerja asing.

Nah, dalam dunia kerja yang harus anda ketahui adalah pada saat anda melamar suatu pekerjaan entah itu perusahaan dalam negri ataupun perusahaan asing, sebagai pelamar tentu anda akan diminta untuk membuat resume. Resume ini nantinya akan menjadi penilaian sendiri bagi perusahaan untuk mempertimbangkan anda, apakah anda layak untuk tes ke tahap berikutnya atau bahkan sebaliknya.

Karena pentingnya membuat resume dalam dunia kerja, maka pada pembahasan kali ini kami akan mengulas secara lengkap tentang pengertian resume, langkah-langkah dalam membuat resume dan contohnya.

Apa yang dimaksud Resume?

Saat mendengar kata resume, mungkin yang terlintas dibenak anda adalah meringkas atau merangkum. Namun yang dimaksud dengan resume pada artikel ini adalah surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja sendiri adalah sebuah surat yang berisi permohonan untuk memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan pengalaman pada perusahaan tertentu.

Atau bisa juga diartikan sebagai surat resmi yang ingin disampaikan ke sebuah perusahaan maupun perorangan dengan tujuan untuk melamar pekerjaan. Secara umum, format penulisan surat lamaran kerja  terdiri atas :

  1. Tempat dan tanggal pembuat surat lamaran kerja
  2. Lampiran
  3. Hal atau perihal
  4. Alamat yang dituju
  5. Salam pembuka
  6. Isi surat lamaran kerja, yang terdiri atas :
  • Paragraf pembuka
  • Isi surat
  • Paragraf penutup
  • Salam penutup
  • Tanda tangan dan nama terang

Baca juga: Contoh Surat Pengunduran Diri

Bagaimana Cara Memilih Pekerjaan?

Sebelum membahas lebih jauh tentang surat lamaran kerja atau resume, hal penting yang harus anda ketahui terlebih dahulu adalah mengenai memilih pekerjaan. Dalam dunia kerja yang semakin berkembang pesat ini  anda akan menemui beberapa jenis pekerjaan di pasaran. Oleh karena itu, agar anda tidak salah dalam memilih pekerjaan, anda harus menyesuaikan dengan jenis pendidikan yang sudah anda tempuh.

Mengapa demikian? Sebab, tingkat pendikan dan jenis pendidikan akan sangat berpengaruh pada posisi pekerjaan anda. Pada umumnya, apabila tingkat pendidikan anda semakin tinggi maka anda akan mendapatkan posisi yang paling strategis.

Namun bagi anda tidak menempuh tingkat pendidikan yang tinggi anda  tidak perlu sedih, karena masih ada solusi lain yang bisa membantu anda untuk memasuki dunia kerja yakni skill dan kemampuan.

Dalam dunia kerja, skill dan kemampuan memberikan pengaruh yang besar dan bahkan di beberapa perusahaan skill justru menjadi kriteria nomor satu yang paling diutamakan. Mengapa demikian? Sebab, kalau hanya dunia pendidikan saja belum bisa menjamin sepenuhnya bahwa lulusannya memang benar-benar mampu untuk melakukan pekerjaan yang dimaksud.

Maka dari itu, anda disarankan untuk tidak hanya mengandalkan sertifikasi akademis saja, tetapi anda juga harus mempersiapkan diri dengan meempunyai berbagai kemampuan dan skill yang berguna.

Apa Saja Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Melamar Pekerjaan?

Sebelum akan melamar pekerjaan, ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan :

Adaptasi Peralihan Lingkungan

Adaptasi peralihan lingkungan ini menjadi pertimbangan yang pertama. Pada saat memasuki dunia kerja, anda akan mengalami suatu peralihan aktifitas, entah itu peralihan dari dunia pendidikan ke dunia kerja ataupun peralihan dari tempat kerja yang lama ke tempat kerja yang baru.

Disini lah anda harus dapat memahami bagaimana keadaan dunia kerja yang akan anda masuki. Disamping itu, di dunia kerja anda juga akan dituntut untuk bersikap secara professional dan mempunyai attitude. Nah, untuk memudahkan anda dalam beradaptasi, maka anda harus mengenal lebih jauh mengenai dunia kerja yang akan masuki. Hal ini juga bertujuan supaya anda tidak kaget nantinya ketika masuk ke dunia kerja.

Kualifikasi Pendidikan dan Kemampuan

Berikutnya adalah kualifikasi pendidikan dan kemampuan. Nantinya, perusahaan atau instansi yang akan anda lamar pastinya akan melihat CV yang sudah anda lampirkan dalam surat lamaran kerja yang kemudian akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk proses rekrutan calon karyawan, baik itu yang masih fresh graduate ataupun karyawan yang sudah berpengalaman. Bahkan di beberapa perusahaan ternama ada pula yang melakukan pengujian mengenai seberapa layak kah anda untuk bekerja di perusahaan tersebut. Maka dari itu,  usahakan untuk menulis CV yang benar-benar menggambarkan attitude dan kepribadian anda.

Kualitas Perusahaan

Pertimbangan yang terkahir adalah dengan melihat track record perusahaan yang ingin anda lama. Dal hal ini, anda harus memperhatikan mengenai bagaimana soal kesejahteraan dan pemenuhan atas hak-hak semua karyawannnya. Bahkan jika perlu, anda bisa meminta opini dan juga pendapat yang berkembang kepada karyawan yang tengah bekerja di perusahaan tersebut. Jangan sampai anda melamar di perusahaan yang  tidak sehat karena anda tidak tahu mengenai kulitas dari perusahaan tersebut.

Apa Saja Tips Dalam Menulis Lamaran Kerja?

Berikut ini kami akan jelaskan tentang tips menulis surat lamaran kerja agar peluang anda untuk diterima di perusahaan yang anda impikan semakin besar.

  1. Baca dengan baik mengenai persyaratan apa saja yang diperlukan dalam lowongan pekerjaan yang ingin anda lamar. Hal ini sangatlah penting supaya isi pada surat lowongan pekerjaan anda tiak sampai keluar dari isi konteks yang sudah ditentukan.
  2. Tulislah surat lamaran kerja menggunakan bahasa yang baik dan sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia.
  3. Gunakan kata-kata yang mudah untuk dipahami, singkat, padat, jelas, sopan dan menarik.
  4. Tujuan dalam menulis lamaran kerja harus benar-benar jelas. Pastikan bahwa nama yang dituju itu benar ejaannya, gelarnya, dan jabatannya. Tanpa kecuali dengan alamat perusahaannya.
  5. Jangan sampai salah ketik dalam menulis surat lamaran kerja.
  6. Pastikan bahwa yang anda gunakan untuk menulis surat lamaran kerja harus dalam keadaan bersih, entah itu ditulis tangan ataupun di ketikan. Anda harus pastikan tidak ada kotoran, bekas lipatan, bekas dihapus, bekas tipe-ex, ataupun kotoran yang lainnya.
  7. Apabila anda menulis surat lamaran kerja dengan ditulis, maka anda harus pastikan bahwa tulisan tangan anda bisa terbaca. Hindari tulisan tegak bersambung dan jangan sampai lupa untuk memberokan las pada tangan anda menggunakan tisu agar tidak mengotori kertas.

Bagaimana Cara Menulis Surat Lamaran Kerja?

Pada umumnya, surat lamaran kerja isinya sama saja. Entah itu membuat surat lamaran kerja online, membuat surat lamaran kerja di bank, ataupun membuat surat lamaran kerja di perusahaan. Untuk membuat sebuah surat lamaran kerja yang baik dan menarik, maka anda harus mengetahui terlebih dulu siapa yang akan menerima surat lamaran kerja anda.

Umumnya dalam sebuah manajemen perusahaan besa, ada tim HRD (Human Research Development) yang bertugas untuk merekrut karyawan baru.

Langsung saja berikut akan dijelaskan mengenai cara menulis surat lamaran kerja :

  1. Tempat dan tanggal penulisan surat.
  2. Kepada Yth. Nama orang beserta gelar dan jabatannya atau perusahaan yang hendak Anda tuju. Alamat lengkap perusahaan.
  3. Salam hormat
  4. Kata pengantar atau pembukaan

Pada kata pengantar atau pembuka surat lamaran kerja, Anda wajib mencantumkan darimana Anda memperoleh informasi mengenasi lowongan kerja di perusahaan yang hendak Anda tuju. Entah itu Anda dapat dari surat kabar, internet, maupun Anda peroleh dari teman Anda.

Jangan lupa juga untuk menyebutkan posisi jabatan yang hendak Anda pilih apabila di dalam perusahaan tersebut tengah membutuhkan banyak karyawan baru untuk beberapa posisi.

Biodata pribadi

Pada biodata pribadi, tuliskan nama lengkap Anda, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon atau handphone, e-mail, maupun pendidikan Anda. Namun untuk pendidikan tersebut tidak wajib untuk Anda sertakan dalam biodata. Kalaupun Anda sertakan, tulis saja latar belakang pendidikan tertinggi Anda.

Pengalaman kerja dan kemampuan Anda

Apabila Anda memiliki pengalaman kerja sebelumnya, tuliskan apa pekerjaan Anda sebelumnya. Jika belum pernah bekerja atau fresh graduate, tidak usah ditulis tidak apa-apa. Jika Anda memiliki kemampuan, maka tuliskan pula kemampuan Anda yang sekiranya dibutuhkan dalam perusahaan tersebut.

Perlu diingat, sebuah surat lamaran kerja yang baik tentunya akan memberikan sebuah penjelasan atau setidaknya akan menonjolkan pendidikan dan kemampuan yang Anda miliki. Oleh karena itu, adalah hal yang sangat penting bagi Anda untuk menjelaskan kualifikasi pendidikan Anda, kegiatan non-formal, aktifitas organisasi, prestasi akademik dan lain sebagainya. Salah satu contohnya adalah kemampuan soft skill yang sering sekali diabaikan oleh pelamar. Jadi, apabila Anda memiliki kemampuan soft skill Anda dapat menuliskannya, karena hal itu juga akan menjadi pertimbangan bagi perusahaan untuk menerima Anda.

Penutup

Pada penutup, tulislah untuk pembaca surat lamaran kerja Anda bahwa Anda benar-benar mempunyai keinginan yang kuat agar diterima di perusahaan tersebut. Jangan lupa juga untuk menyertakan ucapan Terima kasih.

Lampiran surat lamaran kerja

Lampikan hal-hal yang dapat menambah nilai Anda, supaya perusahaan yang Anda tuju semakin yakin untuk menerima Anda. Hal yang sebaiknya Anda lampirkan adalah :

  1. Pas foto terbaru
  2. Fotokopi KTP
  3. Daftar riwayat hidup atau CV
  4. Fotokopi ijzah terakhir
  5. Fotokopi sertifikat kompetensi seperti kursus atau pelatihan yang pernah Anda ikuti
  1. Hormat saya, (tanda tangan dan nama lengkap Anda)

Hal Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Resume?

Dalam pembuatan resume, setidaknya terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan, diantara adalah :

Tampilan dan Design yang Rapi

Sebisa mungkin usahakan Anda menggunakan spasi yang tepat saat menulis resume, bahka jika perlu Anda dapat memberikan ukuran spasi yang lebih luas untuk memisahkan antar paragraf. Hal tesebut perlu dilakukan sebab supaya dapat memberikan ruang baca yang lebih luas, sehingga pembaca surat lamaran kerja Anda tidak dibuat pusing dengan rangkaian kata yang ramai dan padat.

Informatif

Maksud dari informatif yaitu sebisa mungkin Anda memasukan berbagai informasi mengenai keunggulan Anda yang relevan, serta usahakan pula dibuat seringkas mungkin, karena untuk yang lebih detail nya akan ditulis pada CV Anda. Intinya, buat Tim HRD tertarik ketika membaca surat lamaran kerja Anda meskipun hanya sekilas.

Struktur Surat

Dalam menulis surat lamaran kerja, pergunakanlah penulisan struktur surat yang rapi serta sesuai dengan kaidah penulisan. Misalnya, mengenai kapan Anda menggunakan rata kanan dan kiri, penulisan tanggal, tanda tangan, dan sebagainya. Perlu Anda ketahui, menulis surat dengan struktur yang tepat nantinya akan mampu menghasilkan surat yang nyaman untuk dibaca, serta terlihat indah secara estetika.

Ringkas dan Padat

Meskipun dalam surat lamaran kerja memuat berbagai informasi, namun Anda harus mengusahakan supaya surat lamaran kerja Anda menjadi efesien. Jangan sampai terdapat pengulangan, atau kalimat yang tidak perlu. Namun, bukan berarti surat lamaran kerja Anda menjadi ringkas, bahkan saking ringkasnya sampai sulit dimengerti. Tetapi tulislah dengan ringkas namun mudah dimengerti bagi si pembaca.

Cek dan Cek Kembali

Yang terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah mengecek ulang resume yang telah Anda buat. Jangan pernah bosan untuk melakukan hal tersebut. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya kekeliruan dalam hal penulisan ataupun kekeliruan dalam peletakan dokumen, seperti misalnya jika penulisannya menggunakan template yang telah ada, lalu dokumen bawaan template yang terbawa ke hasil final surat lamaran kerja. Intinya, baca kembali dengan benar-benar jelas surat lamaran kerja Anda apakah sudah sesuai dengan keinginan Anda  atau belum.

Baca juga: Contoh Surat Penawaran Kerja Sama

Contoh Resume

Setelah Anda mengetahui cara, tips dan lain-lain sebagainya mengenai resume atau surat lamaran kerja. Maka selanjutnya Anda dapat melihat contoh surat lamaran kerja di bawah ini.

Kediri, 19 Mei 2018

Kepada Yth.

HRD PT. Makmur Sejahtera

Jl. Raya Km. 12,5 Ngronggo

Kediri

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari media cetak Harmoni Kediri pada tanggal 18 Mei 2018 bahwa perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sedang membutuhkan karyawan di posisi Web Design.

Dengan surat ini saya bermaksud untuk mengisi posisi tersebut. Berikut ini biodata singkat saya :

Nama : Humaira Sufiya

Tempat, Tanggal Lahir : Brebes, 20 Mei 1990

Jenis Kelamin : Perempuan

Pendidikan : S1- Arsitektur

Nomor HP : 089856765679

Email : humairasufiya123@gmail.com

Alamat : Jl. Kenanga Km. 15 Kediri

Saat ini saya dalam keadaan sehat baik jasmani maupun rohani. Selai itu, saya juga menguasai beberapa software design grafis yang tentunya akan sangat mendukung dalam pekerjaan saya kelak. Serta saya telah berpengalaman di bidang arsitektur.

Saya juga telah melampirkan berkas sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu sebagai berikut :

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Foto copy Transkip Nilai Terakhir
  3. Foto copy Ijazah Terakhir
  4. Foto copy Surat Pengalaman Kerja
  5. Foto copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  6. Foto copy Surat Pencari Kerja (Surat Kuning)
  7. Pas foro 3×4 terbaru

Besar harapan saya dapat mengikuti tes selanjutnya supaya saya dapat menjelaskan lebih detail lagi kemampuan serta kompetensi yang saya miliki. Dan juga saya sangat senang dapat bergabung dengan PT. Makmur Sejahtera yang Bapak/Ibu pimpin.

Demikian surat lamaran ini saya sampaikan, atas perhatian dan kesempatannya saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Humaira Sufiya

Contoh Resume Buku

  • Identitas Buku

Judul Buku                    : Pendidikan Karakter

Nama Pengarang          : Ratna Megawangi

Nama Penerbit              : Indonesia Heritage Foundation

Tempat Terbit               : Jl Raya Jakarta – Bogor Km 31, No.46 Cisalak – Cimanggis 16951

Tahun Terbit            : Cetakan pertama, Juli 2004,  Cetakan kedua (revisi), Mei 2007

Tebal Buku                    : 188 halaman

  • Tujuan Pengarang Buku

Memberikan sebuah solusi yang tepat dalam menjawab permasalahan negara Indonesia. Selain itu untuk  menjelaskan mengenai metode pendidikan karakter yang efektif untuk anak di terapkan di beberapa lembaga pendidikan.

  • Pokok – Pokok/Ringkasan Isi Buku

Sebuah peradaban akan menurun apabila terjadi kerusakan moral. Masyarakat Indonesia saat ini sedang menghadapi krisis multidimensi yang berkepanjangan. Krisis multidimensi ini ditimbulkan karena menurunnya kualitas moral bangsa yang dicirikan oleh membudayanya konflik (antar etnis, agama, politisi, remaja, antar RW, dll), praktik KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme), meningkatnya kriminalitas, menurunnya etos kerja, dan banyak lagi.

Indonesia termasuk ke dalam 10 besar negara yang paling korup di dunia. kesepuluh negara tersebut adalah negara yang miskin dengan segudang permasalahan social lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia di mata dunia internasional dianggap sebagai negara yang rendah kredibilitasnya. Tentunya presepsi tersebut sangatlah tidak menguntungkan bagi Indonesia. Karena hal tersebut akan membawa dampak dan  pengaruh terkait daya Tarik Indonesia untuk iklim investasi. Rendahnya kredibilitas Indonesia di mata dunia internasional adalah akibat dari setiap individu yang tidak berkarakter.

Sehingga berdampak negatif terhadap pengelolaan negara dan sistem hukum. Dan pada akhirnya akan menurunkan daya saing Indonesia di kancah internasional. Dan lama-kelamaan Indonesia akan terpuruk secara ekonomi, sosial,dan budaya. Karakter yang berkualitas sangat perlu dibentuk dan dibina sejak usia dini.

Ada beberapa pihak yang sangat mempengaruhi terbentuknya karakter anak. Misalnya saja keluarga, teman sepergaulan, lingkungan masyarakat lingkungan sekolah, dan lain-lain. Banyak pakar yang mengatakan bahwa kegagalan penanaman karakter pada seseorang anak sejak dini bisa mempengaruhi karakter anak pada saat sudah dewasa nanti.

Memiliki akhlak yang mulia tidak secara otomatis begitu manusia dilahirkan, kan tetapi memerlukan proses panjang melalui pengasuhan dan pendidikan.

  • Keunggulan Buku

Memberikan pemahaman yang luas betapa pentingnya pendidikan karakter yang ditanamkan dalam diri seseorang sejak usia dini. selain itu pembahasan yang diberikan sangat detail  dan jelas disertai dengan hasil penelitian dan teori – teori yang dikemukakan oleh beberapa tokoh dunia.

  • Kelemahan Buku

Terdapat beberapa kesalahan dalam penulisan kata, penulis juga menggunakan bahasa yang kurang sulit untuk dimengerti, dan terdapat pembahasan yang diulang kembali.

  • Saran pada Penyaji Buku

Buku ini sangat bagus dibaca oleh semua kalangan, karena dapat membantu pembaca untuk menjadi manusia yang memiliki kualitas moral yang tinggi bagi diri sendiri maupun anak didiknya. Sebaiknya penulis menggunakan Bahasa yang lebih mudah dipahami oleh semua kalangan dan memperbaiki penulisan kata  yang salah agar lebih mudah dipahami.

Contoh Resume Jurnal

Judul : Apakah Keuangan Islam Memacu Perkembangan Sektor Perbankan?

Peneliti: Laurent Gheeraert

Volume: vol. 6 No. 2

Tahun: 2014

Reviewer : Niken Ambarwati

Tanggal : 20 mei 2015

 

  • Latar Belakang

Peneliti menjelasakan bahwasanya keuangan Islam menjadi salah satu fenomena yang menonjol dalam beberapa dekade terakhir. Fenomena ini paling menonjol di industri perbankan yang berada di Timur Tengah dan Asia Tenggara. Namun, terlepas dari ukuran substasi dan pertumbuhanya pada segmen tertentu di akhir-akhir ini, peran perbankan Islam dalam perekonomian masih sangat di perdebatkan. Bahkan masih sangat sedikit perkerjaan empiris yang dihasilkan. Sehingga terkait hal tersebut maka peneliti akan lebih lanjut meneliti dan menguji dampak empiris yang ditimbulkan perbankan Islam pada perkembangan sektor perbankan.

 

  • Tujuan penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari dan menguji dampak empiris yang apa yang terjadi dari industri perbankan  Islam terhadap perkembangan sektor perbankan secara keseluruhan. Apakah kehadiran perbankan Syariah baru-baru ini di lingkungan muslim memiliki efek yang merangsang ataukah malah merugikan perkembangan perbankan secara keseluruhan.

 

  • Kajian Teori

Keuangan Islam dapat didefinisikan sebagai jenis keuangan yang menghormati prinsip-prinsip Syariah yaitu, hukum Islam. Syariah itu melibatkan serangkaian larangan serta aturan mengenai praktik keuangan. Singkatnya adalah beberapa larangan. Larangan termasuk adalah

  1. Membayar atau menerima bunga (disebut “riba”)
  2. Berspekulasi atau perjudian (“gharar” atau “maysir”),
  3. Dan terkait dilarang (“haram”) industri, seperti yang terkait dengan alkohol, babi, pornografi, senjata, atau perbankan konvensional.

Selain itu, dalam keuangan Islam juga terdapat suatu kewajiban. Kewajiban tersebut termasuk sedekah. Yaitu salah satu dari lima rukun Islam, yang disebut zakat. Membagi keuntungan dan kerugian ekonomi secara adil melalui perjanjian keuangan yang sesuai (“PLS” atau “Profit-and-Loss Sharing Agreement”), dan mendorong penggunaan yang uang produktif melalui membutuhkan nyata, non-moneter, yang mendasari dalam setiap transaksi keuangan (seperti barang konsumen atau komoditas) .

 

  • Metode Penelitian

Dalam jurnal ini peneliti menggunakan metode penelitian dengan pengumpulan data. Dimana peneliti mengembangkan metodologi pengumpulan data dan dibangun dalam kemitraan dengan para ahli di industri, database asli dan komprehensif – “IFIRST” atau “Keuangan Islam.

 

  • Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan database asli pada lembaga perbankan ritel yang berbasis syariah di seluruh dunia selama 2000–2005 (“IFIRST”) atau selama 6 tahun, dihasilkan bahwa perbankan Islam memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap perkembangan sektor perbankan secara keseluruhan. Ini terjadi, di negara-negara Muslim yang memungkinkan perbankan syariah, melalui pengembangan sektor perbankan yang sesuai syariah, yang tidak mendesak keluar sektor perbankan konvensional.

Contoh Resume Lamaran Kerja

Jakarta, 10 Agustus 2017-08-11

Kepada Yth:

HRD PT NUSANTARA

Jl. Ahmad yani No 10 Jakarta

Dengan Hormat

Berdasarkan informasi dari media cetak, koran Redaksi lowongan pekerjaan yang dibuka di perusahaan tempat Bapak/Ibu pimpin. Melalui surat lamaran ini saya ingin mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin guna mengisi posisi yang dibutuhkan pada saat ini. Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

 

Nama: Anisa Shofia Marwa

Tempat /Tanggal lahir: Surabaya, 11 Juli 1996

Jenis Kelamin: Perempuan

Pendidikkan: SMK Perhotelan Bina Lestari Bali

Alamat: Jl kenanga No 8  Rt 09/Rw006

Telepon: 085678964772

Saya lampirkan juga beberapa kelengkapan data diri untuk bahan pertimbangan bapak/ibu sebagai berikut:

  1. Pas Photo
  2. Fotocopy KTP
  3. Daftar Riwayat Hidup
  4. Fotocopy Ijasah Terakhir
  5. Fotocopy Sertifikat Competensi
  6. Fotocopy Sertifikat PKL

 

Demikian surat lamaran saya buat dengan sebenarnya dan atas perhatian serta kebijaksanaan Bapak/Ibu pimpinan saya mengucapkan terima kasih.

 

Hormat saya.

Anisa Shofia Marwa

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian resume, contoh resume, bahkan lengkap dengan tips apabila Anda hendak melamar pekerjaan. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba membuat resume. Salam sukses untuk kita semua!

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *