Cara Membuat Resume Lamaran Pekerjaan


Cara Membuat Resume – Era globalisasi seperti sekarang ini memberikan dampak yang besar bagi kita, seperti misalnya dalam hal pekerjaan. Dimana kita tidak hanya bersaing dalam negri saja tetapi juga pekerja asing dari luar negri yang sumber daya manusianya sudah tidak perlu diragukan lagi. Maka dari itu, diperlukan adanya peningkatan mutu kualitas sumber daya manusia di Indonesia agar nantinya tidak dapat digeser oleh para pekerja asing.



Nah, dalam dunia kerja yang harus anda ketahui adalah pada saat anda melamar suatu pekerjaan entah itu perusahaan dalam negri ataupun perusahaan asing, sebagai pelamar tentu anda akan diminta untuk membuat resume. Resume ini nantinya akan menjadi penilaian sendiri bagi perusahaan untuk mempertimbangkan anda, apakah anda layak untuk tes ke tahap berikutnya atau bahkan sebaliknya.

Karena pentingnya membuat resume dalam dunia kerja, maka pada pembahasan kali ini kami akan mengulas secara lengkap tentang pengertian resume, langkah-langkah dalam membuat resume dan contohnya.

Apa yang dimaksud Resume?

Saat mendengar kata resume, mungkin yang terlintas dibenak anda adalah meringkas atau merangkum. Namun yang dimaksud dengan resume pada artikel ini adalah surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja sendiri adalah sebuah surat yang berisi permohonan untuk memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan pengalaman pada perusahaan tertentu.

Atau bisa juga diartikan sebagai surat resmi yang ingin disampaikan ke sebuah perusahaan maupun perorangan dengan tujuan untuk melamar pekerjaan. Secara umum, format penulisan surat lamaran kerja  terdiri atas :



  1. Tempat dan tanggal pembuat surat lamaran kerja
  2. Lampiran
  3. Hal atau perihal
  4. Alamat yang dituju
  5. Salam pembuka
  6. Isi surat lamaran kerja, yang terdiri atas :
  • Paragraf pembuka
  • Isi surat
  • Paragraf penutup
  • Salam penutup
  • Tanda tangan dan nama terang

Baca juga: Contoh Surat Pengunduran Diri

Bagaimana Cara Memilih Pekerjaan?

Sebelum membahas lebih jauh tentang surat lamaran kerja atau resume, hal penting yang harus anda ketahui terlebih dahulu adalah mengenai memilih pekerjaan. Dalam dunia kerja yang semakin berkembang pesat ini  anda akan menemui beberapa jenis pekerjaan di pasaran. Oleh karena itu, agar anda tidak salah dalam memilih pekerjaan, anda harus menyesuaikan dengan jenis pendidikan yang sudah anda tempuh.

Mengapa demikian? Sebab, tingkat pendikan dan jenis pendidikan akan sangat berpengaruh pada posisi pekerjaan anda. Pada umumnya, apabila tingkat pendidikan anda semakin tinggi maka anda akan mendapatkan posisi yang paling strategis.

Namun bagi anda tidak menempuh tingkat pendidikan yang tinggi anda  tidak perlu sedih, karena masih ada solusi lain yang bisa membantu anda untuk memasuki dunia kerja yakni skill dan kemampuan.

Dalam dunia kerja, skill dan kemampuan memberikan pengaruh yang besar dan bahkan di beberapa perusahaan skill justru menjadi kriteria nomor satu yang paling diutamakan. Mengapa demikian? Sebab, kalau hanya dunia pendidikan saja belum bisa menjamin sepenuhnya bahwa lulusannya memang benar-benar mampu untuk melakukan pekerjaan yang dimaksud.

Maka dari itu, anda disarankan untuk tidak hanya mengandalkan sertifikasi akademis saja, tetapi anda juga harus mempersiapkan diri dengan meempunyai berbagai kemampuan dan skill yang berguna.

Apa Saja Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Melamar Pekerjaan?

Sebelum akan melamar pekerjaan, ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan :

Adaptasi Peralihan Lingkungan



Adaptasi peralihan lingkungan ini menjadi pertimbangan yang pertama. Pada saat memasuki dunia kerja, anda akan mengalami suatu peralihan aktifitas, entah itu peralihan dari dunia pendidikan ke dunia kerja ataupun peralihan dari tempat kerja yang lama ke tempat kerja yang baru.

Disini lah anda harus dapat memahami bagaimana keadaan dunia kerja yang akan anda masuki. Disamping itu, di dunia kerja anda juga akan dituntut untuk bersikap secara professional dan mempunyai attitude. Nah, untuk memudahkan anda dalam beradaptasi, maka anda harus mengenal lebih jauh mengenai dunia kerja yang akan masuki. Hal ini juga bertujuan supaya anda tidak kaget nantinya ketika masuk ke dunia kerja.

Kualifikasi Pendidikan dan Kemampuan

Berikutnya adalah kualifikasi pendidikan dan kemampuan. Nantinya, perusahaan atau instansi yang akan anda lamar pastinya akan melihat CV yang sudah anda lampirkan dalam surat lamaran kerja yang kemudian akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk proses rekrutan calon karyawan, baik itu yang masih fresh graduate ataupun karyawan yang sudah berpengalaman. Bahkan di beberapa perusahaan ternama ada pula yang melakukan pengujian mengenai seberapa layak kah anda untuk bekerja di perusahaan tersebut. Maka dari itu,  usahakan untuk menulis CV yang benar-benar menggambarkan attitude dan kepribadian anda.



Kualitas Perusahaan

Pertimbangan yang terkahir adalah dengan melihat track record perusahaan yang ingin anda lama. Dal hal ini, anda harus memperhatikan mengenai bagaimana soal kesejahteraan dan pemenuhan atas hak-hak semua karyawannnya. Bahkan jika perlu, anda bisa meminta opini dan juga pendapat yang berkembang kepada karyawan yang tengah bekerja di perusahaan tersebut. Jangan sampai anda melamar di perusahaan yang  tidak sehat karena anda tidak tahu mengenai kulitas dari perusahaan tersebut.

Apa Saja Tips Dalam Menulis Lamaran Kerja?

Berikut ini kami akan jelaskan tentang tips menulis surat lamaran kerja agar peluang anda untuk diterima di perusahaan yang anda impikan semakin besar.

  1. Baca dengan baik mengenai persyaratan apa saja yang diperlukan dalam lowongan pekerjaan yang ingin anda lamar. Hal ini sangatlah penting supaya isi pada surat lowongan pekerjaan anda tiak sampai keluar dari isi konteks yang sudah ditentukan.
  2. Tulislah surat lamaran kerja menggunakan bahasa yang baik dan sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia.
  3. Gunakan kata-kata yang mudah untuk dipahami, singkat, padat, jelas, sopan dan menarik.
  4. Tujuan dalam menulis lamaran kerja harus benar-benar jelas. Pastikan bahwa nama yang dituju itu benar ejaannya, gelarnya, dan jabatannya. Tanpa kecuali dengan alamat perusahaannya.
  5. Jangan sampai salah ketik dalam menulis surat lamaran kerja.
  6. Pastikan bahwa yang anda gunakan untuk menulis surat lamaran kerja harus dalam keadaan bersih, entah itu ditulis tangan ataupun di ketikan. Anda harus pastikan tidak ada kotoran, bekas lipatan, bekas dihapus, bekas tipe-ex, ataupun kotoran yang lainnya.
  7. Apabila anda menulis surat lamaran kerja dengan ditulis, maka anda harus pastikan bahwa tulisan tangan anda bisa terbaca. Hindari tulisan tegak bersambung dan jangan sampai lupa untuk memberokan las pada tangan anda menggunakan tisu agar tidak mengotori kertas.

Bagaimana Cara Menulis Surat Lamaran Kerja?

Pada umumnya, surat lamaran kerja isinya sama saja. Entah itu membuat surat lamaran kerja online, membuat surat lamaran kerja di bank, ataupun membuat surat lamaran kerja di perusahaan. Untuk membuat sebuah surat lamaran kerja yang baik dan menarik, maka anda harus mengetahui terlebih dulu siapa yang akan menerima surat lamaran kerja anda.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *