Contoh Resensi Buku Fiksi Dan Non Fiksi


Resensi Buku Fiksi Dan Non Fiksi – Mungkin anda sudah mendengar kata resensi. Kata resensi merupakan kata yang sering kita dengar tetapi banyak juga orang yang masih belum paham mengenai resensi sehingga banyak sekali yang mengalami kebingungan dalam melakukan resensi buku.  Memang bagi orang yang masih awam akan kesulitan dalam memahami apa itu resensi apalagi jika diharuskan membuat sebuah resensi buku.

Nah, bagi anda yang belum paham mengenai pengertian resensi buku maka anda bisa menyimak pembahasan ini. Kami akan menjelaskan tentang resensi buku secara lengkap dan juga contoh penulisan resensi sebuah buku.

resensi buku

Pengertian Resensi Buku

Kata resensi sendiri berasal dari bahasa Belanda yaitu resentie yang  juga di artikan kedalam bahasa latin yaitu recensio yang memiliki arti mengulas kembali. Sedangkan di dalam kamus besar bahasa Indonesia, resensi memiliki makna sebuah ulasan buku.

Itulah sebabnya, resensi dapat diartikan mengulang kembali dari sebuah karya. Karya tersebut bisa berupa karya tulisan, karya audio visual dan bahkan karya dua dimensi sekalipun. Resensi akan mengulas kembali dari karya-karya yang menurut sudut pandang dari diri pribadi dari pihak yang telah menikmati.

Unsur-unsur Resensi Buku

Materi tentang resensi buku biasanya akan diberikan ketika kita masih duduk di bangku sekolah. Namun sebenarnya materi tentang resensi buku ini tidak hanya dijelaskan ketika sekolah saja tetapi juga di luar sekolah.

Supaya bisa lebih mudah mempelajari resensi buku pastinya kita harus meneliti bagaimana unsur-unsur yang ada di dalamnya agar tulisan tersebut sesuai dengan target dan bermanfaat untuk para pembacanya. Unsur-unsur resensi buku terdiri dari beberapa macam, berikut adalah penjelasan selengkapnya :

  • Isi resensi

Pada bagian isi akan memuat tentang synopsis atau ulasan secara singkat dari buku dengan kutipan yang secukupnya, kelebihan dan kelemahan buku, rumusan untuk kerangka buku dan penggunaan bahasa.

  • Penyusunan data

Berikutnya adalah penyusunan data yang mana dalam tahap ini anda harus menulis judul buku, pengarang buku, penerbit buku, tahun di terbitkan serta jumlah cekatan, dimensi buku dan harga buku.

  • Judul resensi

Dalam pembuatan judul resensi ini harus memiliki keselarasan dengan isi resensi yang akan dibuat. Ketika melakukan penulisan judul maka harus dibuat se-menarik mungkin agar bisa menarik minat para pembaca.

  • Penutup resensi

Yang terakhir adalah penutup resensi. Pada bagian penutup pada umumnya akan berisi tentang alasan kenapa buku tersebut bisa di tulis dan resensi yang di tulis nantinya akan di tujukan kepada siapa.

Tujuan Pembuatan Resensi Buku

Dalam pembuatan resensi pastinya mempunyai sebuah tujuan. Nah, apa sajakah tujuan itu? Mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini :

  • Tujuan pertama adalah untuk membicarakan dan mengulas lebih jauh tentang topik dan tema yang di angkat dalam sebuah karya.
  • Tujuan yang kedua adalah bisa dengan mudah untuk memberikan sebuah pemahaman dan informasi kepada semua pembaca tentang sebuah karya yang telah di nikmati sebelumnya. Hal ini biasa disebut dengan spoiler oleh anak remaja zaman sekarang.
  • Tujuan yang ketiga adalah dapat membantu para pembaca untuk memberikan sebuah pertimbangan mengenai sebuah karya tersebut, apakah layak untuk di baca dan di terbitkan atau tidak.
  • Tujuan yang keempat adalah Supaya bisa menjawab kebingungan yang mungkin ingin di tanyakan oleh para pembaca tentang karya tersebut.

Apabila anda sudah mengetahui pengertian resensi buku, unsur-unsur yang terdapat di resensi buku dan bahkan hingga tujuan untuk bisa meresensi buku. Pastinya anda penasaran dengan bagaimana cara penulisan resensi buku dari berbagai buku. Nah, berikut dibawah ini adalah beberapa contoh resensi yang bisa anda simak.

Contoh Resensi Buku Non Fiksi

Buku god do you speak english

Identitas Buku

Judul Buku : god, do you speak english ?

Pengarang : Nina silvia, Jeff kristianto, Rini hanifa

Penerbit : Rene Books

Tahun terbit : 2013

Jumlah Halaman : 348 halaman

Sinopsis buku

Buku ini menceritakan tentang para penulis yang mana mereka telah mendatangi berbagai tempat-tempat yang menarik. Tiga orang penulis ini adalah anggota sukarelawan dan sebuah lembaga VSO (Vouluntary Servise Organization) yang berada di Indonesia. Mereka adalah Nina silvia, Jeff kristanto dan Rini hanifa.

Mereka semua datang dari latar belakang yang beraneka ragam. Jeff merupakan seorang pengusaha yang memiliki usaha kerajinan dan tempat makan yang berada di Bali. Nina adalah seorang pekerja yang ada di sebuah LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) yang berada di kota Padang. Sedangkan Rini merupakan seorang staff lembaga donor yang internasional.

Ketiga orang tersebut memang telah bergabung menjadi volunterr VSO, yang menjadi angkatan pertama dari voluntir di Negara Indonesia yang terdapat di masing-masing Negara penempatan.

Jeff adalah seroang pekerja yang selalu mendukung para pengarajin yang berada di Taikistan, yakni bekas dari Negara jajahan Uni Soviet yang berada di Asia. Nina merupakan seorang yang membantu lembaga pendukung untuk suku asli yang berada di Bangladesh. Sementara itu, Rini di tugaskan di Guyana yang tepatnya berada di Amerikan Latin untuk menjadi kerja sama dengan LSM lokal.

Mereka semua bekerja dengan gaji yang sesuai dengan standar dimana penempatan Negaranya. Karena itulah mereka selalu berinteraksi dengan masyarakat sekitar sehingga banyak mengalami kejadian dan cerita-cerita yang lucu serta mengharukan.

Itulah sebabnya, buku ini tidak hanya sekedar menceritakan saja tetapi seolah mempunyai warna dan nyawa. Ketiga penulis tersebut merupakan bagian dari cerita yang terdapat di buku mereka sendiri. Maka dari itu, mereka selalu menceritakan sesuai berdasarkan apa yang mereka rasakan yaitu bertualang.

Kelebihan dari buku

  • Dari segi judul buku ini memang sangat menarik, ini dikarenakan nama Tuhan di judulnya.
  • Ketiga penulis buku ini membuat cerita yang sangat menginpirasi.

Kekurangan dari buku

  • Dalam buku ini ada beberapa tulisan yang menggunakan kalimat atau istilah asing sehingga orang yang masih awam tidak paham dengan kalimatnya.
  • Nina silvia membuat sebuah cerita hampir seperti narasi, ini akan menjadi pembaca merasa lelah dan jenuh apabila mengikuti alur dari cerita tersebut.

Contoh Resensi Buku Fiksi

buku Milea suara dari Dilan

Identitas Buku

Judul buku : Milea, suara dari Dilan

Pengarang buku : Pidi baiq

Penerbit buku : Pastel books

Tahun terbit : 2016

Jumlah halaman :  360 halaman

Sinopsis buku

Novel Milea ini merupakan seri ketiga dari novel Dilan yaitu Dia Dilanku Tahun 1990 dan Dia Dilanku Tahun 1991. Jika anda belum membaca dua novel sebelumnya, maka anda akan mengalami kebingunangan untuk dapat menyimak Novel ini.

Novel Milea seolah-olah  memberikan sebuah jawaban dari semua keresahan dan juga pertanyaan di benak para pembaca di novel Dilan sebelumnya.  Sebab, dengan membaca novel Milea anda bisa mendapatkan semua jawabannya.

Cerita dari novel ini di ambil dari sudut pandang Dilan. Cerita yang terdapat di dalam novel Milea ini akan menjawab dan memberikan sebuah klarifikasi tentang pertanyaan ataupun cerita dari Milea.

Misalnya saja penyebab dari Akew meninggal, kemudian alasan mengapa Dilan ada di kantor polisi. Dilan sendiri tidak di tahan karena adanya kasus Akew yang meninggal. Serta latar belakang dari kenapa Dilan yang meramal Milea pada saat pertama kali bertemu.

Dilan merupakan sosok teman yang baik, pacar yang baik. serta sebetulnya, Dilan adalah seorang murid yang baik bagi guru- guru yang memang dapat mengerti Dilan. Mungkin, para guru bisa membaca novel Milea ini agar bisa tahu bagaimana cara mengatasi dan bersikap kepada anak- anak istimewa seperti halnya Dilan dan teman-temannya.

Mereka tidak membutuhkan hukuman, tidak harus di ceramahi terlalu panjang. Hanya cukup untuk di mengerti serta sedikit memberikan mereka sebuah pengertian dan perhatian dengan cara bersahabat. Kisah cinta Dilan bukan hanya kisah remaja saja dengan Milea namun juga kisah cinta tentang keluarga, persahaban bahkan kesedihan bersatu pada buku tersebut.

Kelebihan buku :

  • Buku menggunakan cover yang kekinian serta sesuai dengan sasaran pembaca yakni para remaja.
  • Terdapat banyak puisi yang memang di selipkan pada buku, sehingga menjadikan para pembaca senyum- senyum sendiri.
  • Cerita di dalam buku Milea memilik model yang di buat dengan jelas dan juga terstruktur. Jadi, pada saat membaca dari awal maka bisa langsung membayangkan di dalam buku seri yang pertama dan kedua.
  • Novel Milea serta novel seri sebelumnya memang sangat terlihat seperti kisah yang nyata. Meskipun banyak orang yang mengira jika cerita yang ada di dalam novel adalah fiksi. Namun, cerita yang di tulis tidak berlebihan bahkan cerita mengalir apa adanya.
  • Dialog dan juga penjelasan untuk adegan yang ada di dalam setiap kalimat memang tidak berlebihan. Sehingga pembaca pun tidak seperti orang yang baru saja belajar membaca novel dan tidak suntuk untuk mengikuti jalan ceritanya.
  • Cerita yang di tulis sangat ringat, sehingga bisa di baca oleh semua umur.

Kekurangan buku :

  • Ending dari buku Milea cukup membosankan, hal ini di sebabkan ending dari kisah cinta Dilan dan Milea sudah di cerikan di seri novel sebelumnya.
  • Ada beberapa adegan yang menjadikan pembaca penasan mengenai apakah umum jika seseorang melakukan hal seperti itu di tahun 90-an. Tentunya hal ini kembali pada riset dari penulis, kemungkinan untuk beberapa pembacan sedikit merasa janggal.

Contoh resensi buku pengetahuan

buku Memahami Film

Identitas Buku

Judul buku : Memahami Film

Pengarang buku : Himawan pratists

Penerbit buku : Homerian pustaka

Tahun terbit : Tahun 2008

Jumlah halaman :223 halaman

Sinopsis buku

Kebanyakan orang masing beranggapan untuk melihat film merupakan hal yang cukup mustahil untuk di lakukan. padahal film bisa di ciptakan oleh siapa saja. Meskipun terdapat seseorang dengan minat yang tinggi untuk membuat film, Namun kedalaman untuk dapat memaham dari seni film memang amat sangat terbatas.

Ilmu mengenai sebuah film sebagai sebuah maha karya seni masih ada pada bangku kualiah saja, padahal sejatinya film bukanlah milik dari para akademisi saja namun juga miliki semua orang yang suka menonton.

Buku ini mencoba untuk membantu para penonton agar membaca sebuah film menjadi sebuah bentuk seni. Dengan buku ni, pembaca nantinya dapat belajar mengenai motif atas pilihan teknik sutradara. Baik itu dari segi paratif dan juga segi sinematiknya. Buku ini akan dengan mudah di pahami oleh seluruh pembaca apalagi dengan adanya gambar sebagai penunjang.

Kelebihan buku

  • Dapat memberi contoh dari semua unsur dalam pembentukan sebuah film dengan adanya sebuah ilustrasi serta referesi film. Dengan adanya contoh akan memudakan para pembaca.
  • Menjelaskan dengan detail mengenai topic yang akan di bahas oleh buku. Misalnya mengenai aspek naratif, ciri genre, struktur dari tiga babak dan juga alternatif, aspek sinematik, suara dan lain sebagainya.
  • Dapat membantu pembuatan film baru yang baru saja masuk tahap pengenalan alat- alat serta proses dari produksi film. Hal ini di karenakan sangat mudah untuk di mengerti dan dapat menuntun para pemula.

Kekurangan buku

  • Buku ini agar susah untuk di cari, bahkan di toko buku terkenal pun sangat jarang dijual. Apabila ingin mendapatkan buku inii maka dapat membuka web atau instagram yang menjadi penyedia jasa jual buku.

Contoh Resensi Buku Ilmiah

Metodologi penelitian dan teknik penyusunan skripsi

Identitas buku

Judul buku : Metodologi penelitian dan teknik penyusunan skripsi

Pengarang buku : H. Abdurrahmat fathoni

Penerbit buku : PT. Rineka cipta

Tahun Terbit : Tahun 2006

Jumlah halaman : 105 halaman

Sinopsis buku

Buku ini merupakan buku yang mana di susun dengan berdasarkan pandangan serta pemikiran dari beberapa peneliti serta pakar dalam bidang ilmu metodologi penelitian.

Tujuan pembuatan buku ini adalah agar membantu mereka yang ingin tahu bagaimana seluk beluk dari metodologi penelitian, prosedurnya dan juga mengenai desain penelitian secara umum bisa di pakai pada sebuah penelitian untuk ilmu sosial. Berbagai teknik yang di jelaskan pada buku tersebut bisa sangat membantu para mahasiswa untuk mudah dalam menyusun skirpsi.

Kelebihan dari buku

  • Buku ini memang terlalu segmented, sehingga sangat di anjurkan para pembaca merupakan orang- orang yang akan menjalani penelitian maupun skripsi.
  • Buku ini juga memiliki penjeelasan yang sangat jelas bakan sangat detail dari tiap- tiap langkah serta metode yang nantinya di tempuh.
  • Buku sangat mudah di dapatkan di toko buku apa saja dan dimana saja.
  • Bisa di pakai sebagai acuan untuk meluruh perguruan tinggi di Indonesia.

Kekurangan dari buku

  • Terdapat beberapa perguruan tinggi yang mempunyai metode penelitian dari skripsi sehingga pastinya metode dan lankah- langkah pembuatan skripsi tidak sama. Jadi, kamu pun wajib melakukan perbandingan dari buku satu dengan buku yang lainnya juga.
  • Terdapat sejumlah istilah yang asing yang berada di dalam buku namun tidak di jelaskan secara mendetail.

Contoh resensi buku cerita

Kisah- kisah 25 nabi dan rasul

Identitas Buku

Judul buku : Kisah- kisah 25 nabi dan rasul

Pengarang buku : Sholechul azis

Penerbit buku: KunciKom

Tahun Terbit : Tahun 2013

Sinopsis buku

Buku ini adalah buku yang menceritakan mengenai kisah- kisah para nabi yang lengkap dengan sejarah beserta mukjizatnya. Ada sejarah nabi yang pertama kali mengetahui tentang tulisan serta cara untuk membuat rumah dengan arsitektur yang masih sangat sederhana. Ada juga kisah nabi yang dapat mengerti bagaimana bahasa binatang.

Dengan buku ini, Anda bisa mendapatkan berbagai info mengenai alasan mengapa Nabi Nuh harus membuat kapal yang besar, mukijizat yang di dapatkan di saat Nabi brahim akan di bakar, mengenai serunya kisah perjalanan Nabi Muhammad dan masih banyak lagi cerita yan ada di dalamum buku tersebut.

Buku ini dapat memberikan banyak sekali hikmah yang di ambil dari kisah-kisah 25 nabi tersebut. buku ini semakin menarik dengan adanya petadari perjalanan nabi- nabi di saat berdakwa di muka bumi.

Pada nabi ini merupakan orang- orang terpilih yang di utus oleh Allah dengan mengemban tuga masing- masing dan juga memiliki keistimewaan masing-masing. Nabi Anda as contohnya, ia adalah manusia pertama yang di ciptakan oleh Allah.

Kemudian Nabi Idris yang di berikan sebuah kesempatan untuk dapat melihat surge dan neraka secara langsung. Nabi Nuh yang berdakwak dengan waktu yang sangat lama yaknni 950 tahun dan Nabi Ibrahim beserta putranya Nabi Ismail di beri sebuah amanah untuk bisa membangun Kakbah. Semua kisah nabi yang ada di dalam buku tersebut, di rangkum secara apik dan menarik.

Kelebihan buku

  • Kelebihan pertama dari sisi judulnya, judulnya sudah menarik orang untuk membeli dan membacanya. Apalagi untuk orang- orang yang memiliki penasaran besar terhadap kisah nabi.
  • Buku ini memiliki isi cerita yang berdasarkan dengan ada di al-Qur,an dan referensi hadis yang shohih.
  • Sertiap cerita yang di muat pasti juga di pandu dengan adanya ayat al-Qur’an dimana cerita tersebut di ambil.
  • Semua kisah yang di muat di buku akan selalu di lengkapi dengan gambar- gambar yang menarik.
  • Skema kisah merupakan awal sebelum kisah nabi di ceritakan dengan detail agar memudahkan para pembaca.
  • Semua usia merupakan target sasaran dari buku tersebut, namun buku juga sangat -cocok untuk anak- anak yang masih di dalam tahap untuk belajar ilmu agama.

Kekurangan buku

  • Kekurangan dari buku ini adalah kisah yang di ceritakan memang belum mendetail mengenai perjalanan Nabi berdakwah.

Contoh resensi buku kumpulan cerpen

Filosofi kopi

Identitas Buku

Judul buku : Filosofi kopi

Pengarang buku: Dewi “Dee” Lestari

Penerbit buku: Penerbit bentang, Truedee books dan Gagas media

Tahun terbit : tahun 2006

Tebal Halaman : 142 Halaman

Sinopsis buku

Buku menceritakan kisah mengenai Ben dan jug Jody, mereka adalah seorang barista yang handal dalam membuat racikan kopi. Jody dan Ben mendirikan sebuah kedai kopi yang memiliki filosofi kopi. Ben memberikan sebuah deskripsi yang singkat dengan sebuah katu kecil tentang filososi kopi dari setiap racikan ramuan yang memang di racik dan disajikan di kedai kopi tersebut.

Kedai yang didirikan oleh Ben dan Jody menjadi sangat ramai bahkan sampai penuh pengunjung. Bahkan bukan sekedar penggemar kopi saja yang datang, namun banyak dari mereka yang tidak menyukai kopi dan ingin mencoba rasanya kopi juga turut meramaikan kedai kopi tersebut.

Hingga pada suatu hari, datang seorang pira yang sangat kaya yang mendatangi Ben serta memberikan sebuah tantangan untuk membuat sebuah racikan kopi, yang jika di minum menjadikan orang menahan nafas karena takjub akan rasanya. Ben pun merasa terpukul dengan perkataan serta tantangan yang di berikan kepadanya.

Akhirnya Ben dan juga Jody segera datang menuju lokasi yang sudah di tentukan oleh pria kaya tersebut dan menemukan secangkir kopi tiwus yang sedang di sajikan oleh pemilik warung. Tidak bisa memberikan kopi dengan rasa yang sempurna menjadikan Ben merasa gagal serta putus asa.

Sesudah kembali dari Jakarta, Jody menghidangkan kopi tiwus tersebut dengan adanya kartu kecil yang berisi tulisan mengenai makna filosofi yang akhirnya membuat Ben sadar, jika hidup yang tengan ia jalani adalah merupakan hal yang salah karena kehidupan memang tidak ada yang sempurna. Dengan itulah, pada akhirnya Ben melanjutkan perjuangan serta hobi menjadi seorang barista di kedai Filosofi kopo.

Kelebihan buku

  • Buku ini menjadikan siapa saja yang membacanya akan merasakan penasaran, dan hal ini terbukri dengan adanya beberapa kali cetakan dari buku filososi ini.
  • Buku ini juga menuliskan beberapa pesasn moraj yakni “ kita tidak boles merasakan putus asa untuk mejalani kehidupan serta wajib untuk berusahan keras untuk bisa memperoleh sebuah hasil yang maksimal.

Kekurangan buku

  • Sebagian dari cerita buku ini terdapat kata atau kalimat yang memang sebagian orang untuk susah di mengerti. Jadi, untuk beberapa pembaca yang masih baru sangat di anjurkan untuk tidak memilih buku ini sebagai buku pertama sebagai bacaan.
  • Buku ini juga terlalu segmented, hal ini di karenakan adanya gagasan dari penulis yang tidak semua pembaca dapat mengerti.
  • Sampul yang di gunakan kurang menarik jika target sasaran adalah remaja.

Contoh Resensi Novel

5 cm

Identitas Buku

Judul novel : 5 cm

Penulis novel : Donny dhirgantoro

Penerbit novel : PT. Grasindo

Tahun Terbit : Tahun 2007

Tebal buku : 381 halaman

Sinopsis novel

Buku ini adalah buku yang menceritakan mengenai persahabatan dari lima orang anak muda yang sudah menjalin persahabatan kurang lebih selama 7 tahun.

Mereka memiliki nama Arial, Ian, Zafran, Genta dan juga Riani. Mereka ini merupakan sahabat yang sangat kompak, mempunyai sebuah obsesi dan juga impian masing- masing, mereka juga adalah sahabat yang selalu pergi bersama serta bertemu di setiap saat. Karena mereka bosan beremu setiap hari, maka mereka pun memutuskan agar dapat saling melakukan berkomunasikasi selama tiga tahun.

Selama tiga bulan mereka berpisah, hal ini menjadikan mereka menemukan banyak hal yang menjadikan hati mereka lebih kaya dari yang sebelumnya. Arial yang jatuh cinta dengan teman sesama fitnessnya, Riani yang sudah sukses di tempat kerjanya, Ian yang pada akhirnya berhasil menyelesaikan tugas akhir kuliah, Genta yang sudah sukses menjadi seorang EO pada sebuah pameran serta Zafran yang kian tergila-gila dengan Arinda yang merupakan adik kandung Arial.

Setelah 3 bulan akhirnya mereka melakukan pertemuan yang penuh dengan rasa rindu, dan pada akhirnya di rayakan dengan adanya sebuah perjalanan reuni mereka  dengan mendaki gunung tertinggi yang berada di Pulau Jawa yakni Gunung Semeru. Di dalam perjalanan mendaki inilah mereka bisa menemukan sebuah arti dari persahabatan yang sebenarnya.

Kelebihan novel

Novel ini terdapat kata- kata yang bisa mejadikan para pembaca terinspirasi agar bisa semangat untuk menjalani kehidupan. Apalagi dengan memakai bahasa yang cukup mudah untuk di mengerti serta penempatan setting waktu beserta lokasi yang cukup detail.

Kekurangan novel

Pada akhir cerita, keadaan begitu di paksakan dengan adanya pembentukan sebuah keluarga antara sahabat dan keturunan mereka yang memiliki sifat yang sama dengan orang tuanya.

Nah, untuk kamu yang memang ingin membuat sebuah resensi buku maka dengan membaca ulasan di atas di pastikan resensi buku kamu akan lebih menarik. Demikianlah sekilas info yang bisa di berikan mengenai contoh resensi buku. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *