Contoh Resensi Buku Fiksi Dan Non Fiksi


Resensi Buku Fiksi Dan Non Fiksi РMungkin anda sudah mendengar kata resensi. Kata resensi merupakan kata yang sering kita dengar tetapi banyak juga orang yang masih belum paham mengenai resensi sehingga banyak sekali yang mengalami kebingungan dalam melakukan resensi buku.  Memang bagi orang yang masih awam akan kesulitan dalam memahami apa itu resensi apalagi jika diharuskan membuat sebuah resensi buku.



Nah, bagi anda yang belum paham mengenai pengertian resensi buku maka anda bisa menyimak pembahasan ini. Kami akan menjelaskan tentang resensi buku secara lengkap dan juga contoh penulisan resensi sebuah buku.

resensi buku

Pengertian Resensi Buku

Kata resensi sendiri berasal dari bahasa Belanda yaitu resentie yang  juga di artikan kedalam bahasa latin yaitu recensio yang memiliki arti mengulas kembali. Sedangkan di dalam kamus besar bahasa Indonesia, resensi memiliki makna sebuah ulasan buku.

Itulah sebabnya, resensi dapat diartikan mengulang kembali dari sebuah karya. Karya tersebut bisa berupa karya tulisan, karya audio visual dan bahkan karya dua dimensi sekalipun. Resensi akan mengulas kembali dari karya-karya yang menurut sudut pandang dari diri pribadi dari pihak yang telah menikmati.

Unsur-unsur Resensi Buku

Materi tentang resensi buku biasanya akan diberikan ketika kita masih duduk di bangku sekolah. Namun sebenarnya materi tentang resensi buku ini tidak hanya dijelaskan ketika sekolah saja tetapi juga di luar sekolah.



Supaya bisa lebih mudah mempelajari resensi buku pastinya kita harus meneliti bagaimana unsur-unsur yang ada di dalamnya agar tulisan tersebut sesuai dengan target dan bermanfaat untuk para pembacanya. Unsur-unsur resensi buku terdiri dari beberapa macam, berikut adalah penjelasan selengkapnya :

  • Isi resensi

Pada bagian isi akan memuat tentang synopsis atau ulasan secara singkat dari buku dengan kutipan yang secukupnya, kelebihan dan kelemahan buku, rumusan untuk kerangka buku dan penggunaan bahasa.

  • Penyusunan data

Berikutnya adalah penyusunan data yang mana dalam tahap ini anda harus menulis judul buku, pengarang buku, penerbit buku, tahun di terbitkan serta jumlah cekatan, dimensi buku dan harga buku.

  • Judul resensi

Dalam pembuatan judul resensi ini harus memiliki keselarasan dengan isi resensi yang akan dibuat. Ketika melakukan penulisan judul maka harus dibuat se-menarik mungkin agar bisa menarik minat para pembaca.

  • Penutup resensi

Yang terakhir adalah penutup resensi. Pada bagian penutup pada umumnya akan berisi tentang alasan kenapa buku tersebut bisa di tulis dan resensi yang di tulis nantinya akan di tujukan kepada siapa.

Tujuan Pembuatan Resensi Buku

Dalam pembuatan resensi pastinya mempunyai sebuah tujuan. Nah, apa sajakah tujuan itu? Mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini :

  • Tujuan pertama adalah untuk membicarakan dan mengulas lebih jauh tentang topik dan tema yang di angkat dalam sebuah karya.
  • Tujuan yang kedua adalah bisa dengan mudah untuk memberikan sebuah pemahaman dan informasi kepada semua pembaca tentang sebuah karya yang telah di nikmati sebelumnya. Hal ini biasa disebut dengan spoiler oleh anak remaja zaman sekarang.
  • Tujuan yang ketiga adalah dapat membantu para pembaca untuk memberikan sebuah pertimbangan mengenai sebuah karya tersebut, apakah layak untuk di baca dan di terbitkan atau tidak.
  • Tujuan yang keempat adalah Supaya bisa menjawab kebingungan yang mungkin ingin di tanyakan oleh para pembaca tentang karya tersebut.

Apabila anda sudah mengetahui pengertian resensi buku, unsur-unsur yang terdapat di resensi buku dan bahkan hingga tujuan untuk bisa meresensi buku. Pastinya anda penasaran dengan bagaimana cara penulisan resensi buku dari berbagai buku. Nah, berikut dibawah ini adalah beberapa contoh resensi yang bisa anda simak.



Contoh Resensi Buku Non Fiksi

Buku god do you speak english

Identitas Buku

Judul Buku : god, do you speak english ?



Leave a Reply

Your email address will not be published.