Pengertian Dan Contoh Teks Argumentasi


Contoh Teks Argumentasi – Apabila dilihat sekilas, paragraf argumentasi tidak jauh berbeda dengan paragraf eskposisi. Yang membedakan hanyalah paragraf argumentasi ini lebih cenderung membuat pembacanya meyakini apa yang sedang mereka baca.



Sedangkan paragraf eksposisi lebih cenderung memberikan informasi tanpa memaksa pembaca untuk meyakininya. Nah untuk lebih jelasnya langsung saja kita bahas secara lengkap tentang paragraf argumentasi beserta contohnya.

Pengertian Paragraf Argumentasi

Paragraf argumentasi merupakan sebuah paragraf yang gagasan utamanya dikembangkan dengan menjelaskan pendapat, ulasan, pokok bahasan dan ide pribadi pengarangnya.

Tujuan dibuatnya paragraf argumentasi adalah untuk menyakinkan sekaligus mempengaruhi agar memiliki pendapat yang sama dengan pendapat pengarang.

Agar tujuan dapat tercapai, paragraf argumentasi harus berdasarkan dengan fakta-fakta aktual seperti hasil research, data, teori, ahli, contoh, dan lainnya.

Hal ini dilakukan untuk dapat memperkuat pendapat yang diuraikan dalam paragraf argumentasi, sehingga pendapat anda tidak hanya sekedar omong kosong dan pembaca akan merasa yakin hingga akhirnya sependapat dengan pemikiran anda.