Macam Macam Contoh Metode Penelitian


Contoh Metode Penelitian – Pastinya anda sudah paham bahwa saat melakukan penelitian anda akan memerlukan beberapa metode penelitian dan bahkan penelitian juga akan menghabiskan waktu yang panjang.



Namun sayangnya, kebanyakan orang masih belum paham betul mengenai apa metode penelitian itu sendiri. Nah, untuk lebih jelasnya anda bisa simak ulasan di bawah ini.

metode penelitian

Pengertian Metode Penelitian

Metode penelitian adalah cara ilmiah agar bisa mendapatkan dan bisa mengumpulkan data-data dengan fungsi dan tujuan tertentu. Ada beberapa hal penting yang harus anda ketahui dan pahami mengenai pengertian metode penelitian yaitu cara ilmiah, data-data, fungsi dan tujuannya.

Cara ilmiah maksudnya adalah kegiatan penelitian tentunya di dasarkan oleh ketentuan, syarat dan ciri-ciri keilmiahan yaitu empiris, rasional, dan sistematis. Empiris merupakan sebuah penelitian yang di lakukan dengan cara mengamati oleh indera manusia.

Rasional merupakan penilitian yang dilakukan dengan menggunakan cara yang mmasuk dan bisa sesuai dengan nalar manusia. Sedangkan sistematis adalah proses penelitian yang dilakukan dengan langkah-langkah khusus yang bersifat logis.



Pada umumnya, data yang diperoleh dari sebuah penelitian adalah data yang sudah mempunyai sebuah kriteria tertentu seperti valid. Valid sendiri adalah derajat ataupun tingkat ketepatan antara data yang sebenarnya terjadi pada hal-hal yang akan diteliti dengan menggunakan data yang sudah didapatkan dari peneliti objek tersebut.

Misalnya saja, di dalam sebuah masyarakat terdapat 500 orang fakir miskin, sedangkan dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa ternyata jumlah fakir miskin ternyata melebihi atau kurang dari 500 orang maka hasil penelitian tersebut mempunyai derajat yang rendah. Supaya bisa mendapatkan sebuah data yang langsung valid memang bukan sesuatu hal yang mudah untuk dilakukan.

Itulah sebabnya, setelah mendapatkan data penelitian maka harus di lakukan ujia reabilitas dan validitasnya. Jika dita yang di dapatkan tersebut reliabel dan valid, maka data tersebut sudah valid.

Fungsi Penelitian

Dalam suatu penelitian pastinya terdapat fungsi dan memiliki tujuan tertentu. Tujuan dari sebuah penelitian sendiri bersifat penemuan, pengembangan dan pembuktian. Maksud dari tujuan penelitian yang bersifat penemuan adalah data yang didapatkan dari sebuah penelitian tersebut masih belum pernah di temukan oleh peneliti sebelumnya. Misalnya saja, cara efektif untuk memberantas korupsi, menemukan tanaman yang mampu membunuh sel kanker, dan lain sebagainya.

Tujuan dari penelitian yang mempunyai sifat pembukti, maksudnya adalah data yang sudah diperoleh nantinya akan di gunakan untuk membuktikan adanya keraguan pada beberapa informasi atau bidang ilmu tertentu. Sebagai contoh, penelitian mengenai apakah benar jika rewedr dapat meningkatkan prestasi kerja karyawan.

Sedangkan maksud dari tujuan penelitian yang bersifat pengembangan adalah dengan memperluas dan memperdalam pengetahuan dengan penelitian yang sudah ada. Misalnya saja, dengan mengembangkan pemberdayaan UKM yang lebih kreatif. Nah, supaya anda menjadi semakin paham dengan apa itu metode penelitian maka simak ulasan di bawah ini :

fungsi penelitian



Tujuan Penelitian

Setiap jenis penelitian pastinya mempunyai sebuah tujuan penelitian, penelitian tanpa adanya sebuah tujuan maka tidak akan memperoleh hasil dan kesimpulan. Jadi, tujuan dari penelitian adalah rumusan hasil dari penelitian yang telah di rumuskan oleh para peneliti sejak awal, dengan cara analisis latar belakang permasalahan di dalam penelitian.

Adapun tujuan-tujuan umum dari penelitian adalah sebagai berikut :

  • Supaya bisa mendapatkan sebuah pengetahuan ataupun penemuan yang baru.
  • Untuk dapat membuktikan dan menguji kebenaran dari bidang ilmu yang sudah ada.
  • Agar bisa mengembangkan ilmu yang sudah ada.

Ketiga point diatas memang sudah kami ulas pada paragraf sebelumnya, sedangkan untuk tujuan dari penelitian yang lebih detail dapat dibedakan menjadi 2 bagian, yaitu :

Tujuan penelitian secara teoritis



Tujuan penelitian secara teoritis merupakan sebuah upaya agar bisa mengetahui suatu hal. Akan tetapi, pengetahuan yang di dapatkan dari sebuah penelitian tidak akan di gunakan secara langsung dan secara praktis. Penelitian juga mempunyai nama lain yaitu pure research dan basic research.

Tujuan penelitian secara praktis

Tujuan penelitian secara praktis adalah mencari dan menemukan ilmu yang dapat di gunakan secara langsung di dalam kehidupan. Penelitian ini biasa disebut dengan applied research. Tujuan penelitian secara praktis ini ada beberapa hal yang harus anda ketahui, yaitu :

  • Tujuan eksporatif adalah kegiatan dari penelitian yang di lakukan karena mempunyai tujuan supaya bisa menemkan pengetahuan yang baru dan masih belum ada penelitian yang sebelumnya.
  • Tujuan verifikatif adalah kegiatan penelitian yang mempunyai tujuan untuk menguji dan membuktikan dari sebuah kebenaran ilmu pengetahuan yang sudah ada.
  • Tujuan pengembangan adalah kegiatan penelitian yang memiliki tujuan untuk dapat mengembangkan dan menggali lebih dalam dari sebuah penelitian dan pengetahuan yang telah di lakukan sebelumnya.

Jenis-Jenis Penelitian

Secara garis besar, jenis-jenis penelitian terbagi dari 2 yaitu berdasarkan dengan tujuan dan berdasarkan dengan manfaatnya.

Penelitian berdasarkan pada tujuan

  • Penelitian ekploratoris, adalah penelitian yang dilakukan karena adanya masalah yang memang sangat jarang untuk di teliti. Hal yang di teliti merupakan suatu yang baru dimana para peneliti tidak banyak melakukan penelitian.
  • Penelitian deskriptif, menunjukkan bahwa tujuan penelitian adalah untuk bisa memberikan sebuah penjelasan yang lebih rici dan mendalam mengenai suatu masalah sosial yang bisa di jadikan sebagai objek penelitian. Kekuatan dari penelitian deskriptif terdapat dalam kualitas dan kuantitas kalimat yang nantinya akan di jelaskan dalam bab hasil dari sebuah penelitian. Jika semakin banyak data di dalam bentuk kalimat yang bisa di sajikan dalam sebuah penelitian maka akan semakin bagus.
  • Penelitian eksplanatoris, memiliki sebuah tujuan supaya bisa menguji suatu teori ataupun hipotesa agar bisa memperkuat ataupun menolak dari sebuah teori dari penelitian yang telah di teliti.

Penelitian berdasarkan pada manfaat



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *