Contoh Kop Surat Perusahaan Resmi Yang Benar


Kop Surat Resmi Yang Benar – Kop surat merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam pembuatan surat resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah mulai dari tingkat pusat hingga tingkat RT, begitu pula dengan perusahaan mulai dari yang bertaraf internasional sampai taraf lokal lokal. Mengapa kop surat ini sangat penting? Sebab, dengan adanya kop surat ini ini maka surat tersebut akan terkesan lebih professional dan terbukti bahwa surat tersebut resmi, dan sekaligus menunjukkan citra perusahaan yang mengirimnya.



Hal ini tentu sangat berbeda dengan surat pribadi yang terkesan begitu bebas. Dalam sebuah surat resmi terada beberapa aturan yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah jika pada surat pribadi diawali dengan tanggal dan nama kota, maka dalam surat resmi ini harus diawali dengan kop surat.

Kegunaan dari kop surat ini tidak hanya untuk pendahuluan saja, tetapi juga sangat berguna untuk menunjukkan identitas pengirim surat. Maka dari itu, hanya dengan melihat kop surat saja maka penerima dapat mengetahui dari mana surat tersebut dikirim.

Unsur Unsur Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Kop Surat

 

Sebelum akan membuat kop surat, maka ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, yaitu :



  1. Dalam menulis kop surat harus sepenuhnya. (Harus ada logo lembaga, nama lembaga, alamat lembaga yang lengkap, nomor telepon lembaga, kotak surat, dan faksimili).
  2. Nama lembaga harus ditulis dengan huruf besar atau huruf kapital.
  3. Dalam penulisan kalimat, faximiles, telepon, dan email harus menggunakan huruf kapital di awal kata.
  4. Dalam penulisan kata sambung seperti (di, dan) ini harus ditulis dengan huruf kecil.
  5. Tidak penulisan singkatan kata. Seperti Tlp. (bukan “Telepon”), Almt (bukan “Alamat”).
  6. Jangan sampai menggunakan P.O.BOX untuk menunjukkan Alamat
  7. Harus menambahkan titik dua (:) apabila terdapat nomor. Dan harus menambahkan titik dua (:) setelah kata-kata ini : Telepon, Mailbox, dll. Misalnya saja : 051xxxx

Baca juga: Contoh Surat Keterangan Resmi

Nah, untuk lebih jelasnya kami akan memberikan beberapa contoh kop surat resmi, antara lain yaitu:

Contoh Kop Surat Perusahaan Jasa Pengiriman

Salah satu perusahaan yang paling banyak beredar di Indonesia adalah perusahaan jasa pengiriman. Macam-macam jasa pengiriman yaitu pengiriman laut, pengiriman darat, dan pengiriman via udara. Berikut ini adalah sebuah contoh kop surat dari perusahaan jasa pengiriman.

  1. HARIS JAYA ABADI

Jl. Ngelom Pesantren – Gg. 1 No. 19A Sidoarjo 61257

Telp. (031)/ 828968, Fax. 031 – 700822

Website : http:/www.harisjayaabadi.com

Contoh Kop Surat Perusahaan Retail

Perusahaan retail merupakan sebuah perusahaan besar yang memiliki banyak cabang minimarket atau pertokoan yang mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Berapa contoh perusahaan retail yang besar di Indonesia adalah Indomaret, Alfamart, dan Alfamidi.  Perusahaan yang memiliki banyak cabangan seperti perusaha retail ini sudah semestinya mempunyai kop surat yang dapat menarik para pembeli.





Leave a Reply

Your email address will not be published.