Contoh Kop Surat Perusahaan Resmi Yang Benar


Kop Surat Resmi Yang Benar – Kop surat merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam pembuatan surat resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah mulai dari tingkat pusat hingga tingkat RT, begitu pula dengan perusahaan mulai dari yang bertaraf internasional sampai taraf lokal lokal. Mengapa kop surat ini sangat penting? Sebab, dengan adanya kop surat ini ini maka surat tersebut akan terkesan lebih professional dan terbukti bahwa surat tersebut resmi, dan sekaligus menunjukkan citra perusahaan yang mengirimnya.

Hal ini tentu sangat berbeda dengan surat pribadi yang terkesan begitu bebas. Dalam sebuah surat resmi terada beberapa aturan yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah jika pada surat pribadi diawali dengan tanggal dan nama kota, maka dalam surat resmi ini harus diawali dengan kop surat.

Kegunaan dari kop surat ini tidak hanya untuk pendahuluan saja, tetapi juga sangat berguna untuk menunjukkan identitas pengirim surat. Maka dari itu, hanya dengan melihat kop surat saja maka penerima dapat mengetahui dari mana surat tersebut dikirim.

Unsur Unsur Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Kop Surat

 

Sebelum akan membuat kop surat, maka ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, yaitu :

  1. Dalam menulis kop surat harus sepenuhnya. (Harus ada logo lembaga, nama lembaga, alamat lembaga yang lengkap, nomor telepon lembaga, kotak surat, dan faksimili).
  2. Nama lembaga harus ditulis dengan huruf besar atau huruf kapital.
  3. Dalam penulisan kalimat, faximiles, telepon, dan email harus menggunakan huruf kapital di awal kata.
  4. Dalam penulisan kata sambung seperti (di, dan) ini harus ditulis dengan huruf kecil.
  5. Tidak penulisan singkatan kata. Seperti Tlp. (bukan “Telepon”), Almt (bukan “Alamat”).
  6. Jangan sampai menggunakan P.O.BOX untuk menunjukkan Alamat
  7. Harus menambahkan titik dua (:) apabila terdapat nomor. Dan harus menambahkan titik dua (:) setelah kata-kata ini : Telepon, Mailbox, dll. Misalnya saja : 051xxxx

Baca juga: Contoh Surat Keterangan Resmi

Nah, untuk lebih jelasnya kami akan memberikan beberapa contoh kop surat resmi, antara lain yaitu:

Contoh Kop Surat Perusahaan Jasa Pengiriman

Salah satu perusahaan yang paling banyak beredar di Indonesia adalah perusahaan jasa pengiriman. Macam-macam jasa pengiriman yaitu pengiriman laut, pengiriman darat, dan pengiriman via udara. Berikut ini adalah sebuah contoh kop surat dari perusahaan jasa pengiriman.

  1. HARIS JAYA ABADI

Jl. Ngelom Pesantren – Gg. 1 No. 19A Sidoarjo 61257

Telp. (031)/ 828968, Fax. 031 – 700822

Website : http:/www.harisjayaabadi.com

Contoh Kop Surat Perusahaan Retail

Perusahaan retail merupakan sebuah perusahaan besar yang memiliki banyak cabang minimarket atau pertokoan yang mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Berapa contoh perusahaan retail yang besar di Indonesia adalah Indomaret, Alfamart, dan Alfamidi.  Perusahaan yang memiliki banyak cabangan seperti perusaha retail ini sudah semestinya mempunyai kop surat yang dapat menarik para pembeli.

                                               PT Sentosa Selamanya
Ruko Urbanul Indah Blok GC7 No. 8  Jl. Raya  Karah Indah Km. 4,7 Surabaya 60232
Telp. 031 8299144 Fax. 031 829944 Mobile. 081232505678
Website: www.bahagiasentosaselamanya.com Email: info@bahagiasentosaselamanya.com

Contoh Kop Surat Perusahaan Tekstil

Ada banyak sekali perusahaan tekstil yang berada di Indonesia. Dalam membuat surat dinas, maka sudah pasti perusahaan tekstil ini juga menggunakan kop surat. Kita dapat menemukan perusahaan, nomor telepon dari perusahaan, alamat dari perusahaan dan bahkan hingga alamat dari website dari perusahaan tersebut sudah ada di dalam kop surat tersebut, walaupun memang tidak semua perusahaan mempunyai website.

SUMBER AGUNG TEKSTIL

Jl. Melati Hitam Raya 1 Bl. A1 No. 5 – 7 Surabaya 60232

Telp. 0311 8299144 Fax.  022 – 5098070

Website : http://www.sumberagungtekstil.com Email : sumberagungtekstil@yahoo.com

Contoh Kop Surat Instansi Pemerintahan

Instansi pemerintahan merupakan sebuah instansi yang bergerak di bidang pemerintahan, pastinya semua instansi yang bergerak di pemerintahan ini juga harus menggunakan kop surat. Hal ini dikarenakan kop surat bisa menunjukkan kepada penerima sehingga penerima dapat mengetahui identitas dari instansi tersebut, logo dari instansi tersebut, ataupun membedakan dari satu instansi dengan instansi yang lainnya.

                        PEMERINTAH KABUPATEN KECAMATAN TUBAN

                                   KECAMATAN SOKO SARI

                                   KELURAHAN DESA TLUWE

Jl. Resi Joyo No. 07 – 09 Tuban, 60232 – tlp. (021) 8380984

Contoh Kop Surat Yayasan

Ada banyak sekali yayasan yang bergerak di Indonesia, mulai dari yayasan pendidikan, yayasan kemanusiaan, yayasan bidang sosial, dan bahkan yayasan keagamaan. Dengan adanya hal ini pastinya akan membuat banyak yayasan jadi miri dan susah sekali bagi kita untuk membedakannya. Oleh karena itu, untuk membuat pembeda antara satu yayasan dengan yayasan yang lainnya  maka setiap yayasan disarankan untuk membuat identitas sendiri yang berbeda dengan identitas dari yayasan lainnya.

YAYASAN PANTI ASUHAN

             YATIM DAN SOSIAL AL HASAN KARAH SURABAYA

                    Jl. Karah Agung 1 No. 9A Surabaya – Kode pos 60232

                Tlp. (031)8299133, 8280984, 08785308899 Fax. (031)8280984

Blog : www.alhasanpantikarah.blogspot.com Email : pantiyatimsosialhasan@yahoo.com

Contoh Kop Surat Perusahaan

Di Indonesia ada bayak sekali perusahaan yang bergerak di berbagai bidang seperti perusahaan yang menyediakan barang, perusahaan yang memproduksi barang, perusahaan yang menyediakan jasa dan masih banyak lagi jenis perusahaan yang lainnya. Untuk membuat identitas perusahaan dalam penggunaan sebuah surat, maka perusahaan tersebut diharuskan untuk membuat dan mempunyai kop surat.

                                 PT ALI MAKMUR SENTOSA SELAMANYA

Jl. Untung Suropati No. 7 Sambeng Lamongan

No. Hp. 0856455799538 Sales@sentosa.com

Blog : www.ptalimakmursentosaselamanya.com

Contoh Kop Surat Universitas/Perguruan Tinggi

Universitas atau Perguruan Tinggi merupakan suatu wadah untuk menempuh tingkat pendidikan tingi, sebuah Universitas atau Perguruan Tinggi pastinya mempunyai kop surat sendiri. Kop surat dari suatu universitas pastinya berbeda dengan kop surat universitas atau perguruan tinggi yang lainnya. Saat menggunakan surat resmi, maka setiap universitas atau perguruang tinggi tentu akan menggunakan kop surat itu juga.

UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

                                                         (UNESA)

Sekretariat : Jl. Ketintang No. 17 – 23 (Kampus 1) Jl. Lidah Wetan No. 142 – 147 (Kampus II) Surabaya

Telp : (031)78835288 – 7818718, Fax : (031)78835288

Website : www.unesa.ac.id email : unesa@university.ac.id

Contoh Kop Surat Sekolah

Setiap sekolah yang berada di Indonesia pastinya mempunyai kop surat, mulai dari sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah keatas. Salah satu ciri khas dari kop surat sekolah adanya logo atau lambang Tut Wuri Handayani. Jadi kita akan menemukan logo atau lambang ini di setiap kop surat sekolah.

Contoh Kop Surat Persero

Terdapat sangat banyak perusahaan yang bergerak di Indonesia salah satunya adalah Persero atau Perseroan Terbatas (PT). Perusahaan Perseroan Terbatas ini merupakan perusahaan yang diawasi dan berada di bawah kendali pemerintah dan merupakan perusahaan BUMN atau Badan Usaha Milik Negara. Salah satu ciri khas dari Persero adalah menggunakan logo yang sama di setiap cabang nya. Contohnya, PLN Cabang Jakarta dan PLN Cabang Medan akan menggunakan logo yang sama, namun memiliki perbedaan di penulisan cabang nya. Begitu juga Pertamina Jakarta akan menggunakan logo yang sama dengan Pertamina cabang Medan, tetapi kita akan mengetahui perbedaannya dari penulisan cabang yang terdapat pada kop surat tersebut.

PERTAMINA

Jl. Ketintang Baru Indah No. 26 Surabaya 60232 Indonesia

Telp : (031)82899133

Contoh Kop Surat Lembaga Kursus

LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN

ZULFA

Sekretariat : Jl. Arwana Cempaka II Gubeng Kertajaya Surabaya

Web : lpkzulfa.wordpress.com, Email : lpkzulfa@yahoo.com

Contoh Kop Surat OSIS

OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) adalah salah satu organisasi yang sering kita temukan di setiap sekolah SMP dan SMA di seluruh Indonesia. OSIS sebagai salah satu organisasi yang posisinya berada di bawah lingkup sekolah, tentunya OSIS juga memiliki kop surat tersendiri. Meskipun memiliki desain yang terbilang sederhana dan tidak jauh berbeda antara satu sekolah dengan sekolah lainnya, tetapi OSIS akan selalu menggunakan kop surat tersebut dalam pembuatan surat resminya.

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)

SMP AL URWATUL WUTSQO

Jl. Gebang Selatan – Bulurejo – Diwek – Jombang

Telp : (031) 8233199

Contoh Kop Surat Organisasi

Di Indonesia terdapat sangat banyak organisasi yang bergerak, mulai dari organisasi kepemudaan, organisasi sosial, organisasi kemasyarakatan, dan organisasi – organisasi lainnya. Karena organisasi sudah berbentuk kelompok, maka tentunya setiap organisasi juga memiliki kop surat tersendiri. Untuk organisasi yang memiliki cabang banyak, maka pastinya organisasi tersebut akan menggunakan logo yang sama di setiap cabangnya, akan tetapi organisasi tersebut tetap mencantumkan cabang dimana pembuatan kop surat tersebut, sebagai pembeda dari cabang yang satu dengan cabang yang lainnya.

REMAJA MASJID AL HASAN

(REMAS AL HASAN)

Jl. Karah Gang Masjid Karah Surabaya

Contoh Kop Surat Koperasi

Koperasi adalah sebuah kelompok atau suatu perkumpulan yang terdiri dari beberapa orang dengan tujuan mempermudah suatu pekerjaan yang dengan dilakukan secara gotong royong. Dari pengertian dia atas bisa disimpulkan bahwa koperasi merupakan suatu organisasi, yang tentunya juga harus memiliki sebuah kop surat masing – masing agar mudah dibedakan antara koperasi satu dengan koperasi yang lainnya.

Di Indonesia banyak sekali didirikan sebuah koperasi dengan berbagai macam jenisnya, berikut ini ada beberapa macam koperasi yang dapat diketahui jenisnya, sangat banyak segala jenis – jenis koperasi yang dapat kita temukan di lingkungan kita, mulai dari koperasi pegawai dari sebuah perusahaan, koperasi pegawai, koperasi sekolah, koperasi simpan pinjam, dan masih sangat banya dari beberapa jenis koperasi lainnya yang banyak beredar di Indonesia.

Contoh Kop Surat Kantor Hukum

Suatu kantor hukum atau lembaga bantuan hukum merupakan sebuah lembaga yang akan memberikan pendampingan hukum kepada seseorang terkait sebuah kasus tertentu. Akan tetapi bukan hanya itu, kantor hukum juga memiliki banyak pekerjaan lainnya. Dalam mendirikan sebuah kantor hukum, tentu akan sering menggunakan surat sebagai alat komunikasi dengan banyak pihak. Untuk itu, setiap kantor hukum juga akan memiliki sebuah kop surat masing – masing. Agar bisa membedakan antara kantor hokum satu dengan kantor hokum yang lainnya.

KANTOR HUKUM

MN & GROUP

HUKUM KONSULT DAN ADVOKASI

Sekretariat : Jl. Karah Agung II No. 9 A Karah Surabaya. Kode pos : 60232

HP : 085635579638 – 081515389677 Telp : (031) 8280981

Website : www.mngroup.ac.id

Contoh Kop Surat BEM

BEM atau Badan Eksekutif Mahasiswa adalah organisasi tertinggi di kemahasiswaan. Terdapat beberapa contoh organisasi kemahasiswaan ini bisa kita temukan di setiap kampus yang beredar di Indonesia. Salah satu yang menjadi ciri khas dri organisasi mahasiswa ini adalah menggunakan dua logo, yakni logo Universitas atau Perguruan Tinggi dimana BEM tersebut berlindung dan juga logo dari BEM itu sendiri.

BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA

(BEM)

UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA (UNESA)

Sekretariat : Jl. Ketintang No. 17-23 (Kampus I) Jl. Lidah Wetan No. 142 – 147 (Kampus II) Surabaya

Telp : (031) 78835288 – 7818718, Fax : (031) 78835288

Website : www.unesa.ac.id email : BEMunesa@yahoo.com

Contoh Kop Surat Niaga

Surat niaga adalah suatu surat yang dibuat atau ditulis untuk kepentingan bisnis atau perdagangan. Nah, bagi anda yang bekerja di suatu perusahaan penyedia produk atau jasa, tentunya sudah tidak asing lagi dengan bagaimana proses surat menyurat yang dilakukan oleh perusahaan. Begitu juga dengan surat niaga yang selalu digunakan dalam penjualan maupun pembelian produk dan jasa. Di Indonesia bahkan di luar Indonesia banyak sekali perusahaan penyedia jasa atau produk, jadi biar tidak terjadi kesamaan harusnya setiap perusahaan memiliki kop tersendiri.

PT DEVELOPER SEJATI

Jl. Gajah Mada No. 7 Gubeng Surabaya

No. Hp. 085645579538 Sales@sentosa.com

Baca juga: Contoh Surat Tugas Perusahaan

Kesimpulan dari Dibuatnya Kop Surat

Negara Indonesia merupakan Negara yang penduduknya berpotensi untuk menjadi pengusaha. Oleh karena itu terdapat sangat banyak perusahaan, lembaga, organisasi, dan instansi pemerintahan yang bergerak di Indonesia. Semua itu tentunya setiap perusahaan, lembaga, organisasi, dan instansi pemerintahan tersebut memiliki jati diri dan identitas masing – masing agar tidak sama antara perusahaan satu dengan perusahaan yang lain, organisasi satu dengan organisasi yang lain, lembaga satu dengan lembaga yang lain dan instansi pemerintahan satu dengan instansi pemerintahan yang lain. Identitas dari berbagai macam perkumpulan yang ada tersebut akan dipergunakan untuk keperluan apa saja, yang bisa mewakili sebuah perkumpulan atau kelompok tersebut.

Tanpa terkecuali dalam penggunaan penulisan surat, setiap perusahaan, lembaga, organisasi, instansi pemerintahan dan yang lainnya tentu akan saling menunjukkan identitas masing – masing. Jadi, penerima surat tidak perlu menanyakan dari siapa surat tersebut dikirim meskipun hanya membaca bagian kop  surat tersebut.

Sebuah kop surat, biasanya saudara akan menemukan gambar logo, nama suatu perusahaan ataupun instansi, alamat, nomor telepon, bahkan ada juga yang menyertakan alamat website. Memang sudah harus diakui bahwa tidak semua suatu perkumpulan atau suatu kelompok yang sedemikian memiliki website sendiri. Tetapi semua informasi tersebut akan disusun dengan sangat baik dan rapi agar enak dilihat oleh siapa pun yang melihat.

Sekian artikel ini saya buat, semoga bermanfaat untuk semuanya terutama untuk para pembaca. Selamat belajar dan mencoba.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *