Cara Menulis Daftar Pustaka Dan Contoh


Contoh Penulisan Daftar Pustaka – Bagi anda yang sedang menuntut ilmu terutama seorang mahasiswa, pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan daftar pustaka. Bahkan daftar pustaka ini merupakan suatu yang penting yang tidak boleh terabaikan oleh mahasiswa.



Mengapa dikatakan begitu penting? Apa itu daftar pustaka? Baiklah, pembahasan ini akan menjawab semua pertanyaan-pertanyaan anda tentang daftar pustaka. Tidak hanya tentang urgenitas dan pengertiannya, namun kami akan membahas tentang cara membuat daftar pustaka yang baik dan benar.

Apa yang dimaksud dengan daftar pustaka?

Daftar pustaka adalah tulisan yang terletak di bagian akhir sebuah karya tulis ilmiah yang biasa dijadikan sebagai sumber atau referensi oleh penulis dalam membuat sebuah karya tulis ilmiah baru. Jadi, setiap dosen akan meminta mahasiswanya untuk selalu menyertakan daftar pustaka di bagian akhir makalah, skripsi, laporan atau karya tulis ilmiah lainnya.

Perlu anda ketahui bahwa penulisan daftar pustaka harus ditulis secara abjada mulai dari atas ke bawah yang terdiri dari nama penulis, tahun terbit, judul tulisan, identitas penerbit dan lokasi penerbit.

Kapan Anda Harus Menyertakan Daftar Pustaka?

Pastinya anda harus mencantumkan daftar pustaka saat mengutip atau mencantumkan setiap catatan ataupun kalimat entah itu berupa kata, kalimat, maupun paragraf dari karya tulis orang lain kedalam karya tulis yang dibuat. Hal seperti ini sudah menjadi kaidah dalam penulisan karya tulis yang tidak bisa diganggu gugat.

Mengapa Daftar Pustaka Itu Penting?

Daftar pustaka memiliki peran yang sangat penting dalam penulisan, ini dikarenakan daftar pustaka berguna untuk :



  1. Menjadikan sebuah karya tulis menjadi valid karena disusun berdasarkan referensi yang sudah ada dan disesuaikan dengan bidang keahlian masing-masing.
  2. Dapat memberikan pertanggung jawaban ilmiah dan sebagai bentuk apresiasi penulis atau penggunaan gagasan karya orang lain dalam karya tulis ilmiahnya.
  3. Untuk dapat menghindari tuduhan sebagai plagiat dalam suatu karya tulis.
  4. Sebagai pemenuhan syarat yang paling utama dalam membuat karya tulis, ini dikarenakan karya tulis ilmiah sendiri wajib menyertakan daftar pustaka.

Bagaimana Prinsip Dalam Menulis Daftar Pustaka?

Dalam menulis daftar pustaka pastinya anda tidak boleh asal-asalan, anda harus mengikuti beberapa prinsip yang umum digunakan untuk menulis daftar pustaka itu sendiri, yakni :

  1. Dalam menulis nama maka harus dibalik dan dipisah menggunakan tanda koma, untuk nama depan cukup ditulis dengan huruf pertama saja. Tetapi jika terdiri dari 3 kata atau bahkan lebih maka penulisannya dapat dimulai dari nama yang terakhir diikuti dengan singkata dari nama pertama ke belakang.
  2. Untuk penulisan nama pengarang anda tidak perlu menyertakan gelar, entah itu gelar akademik, keturunan ataupun agama.
  3. Jika penulisannya berjumlah lebih dari satu orang penulis maka anda bisa menggunakan tanda koma untuk memisahkannya dengan nama penulis yang lainnya.
  4. Untuk penulisan judul buku harus dicetak miring namun untuk judul artikel tidak perlu dicetak miring.
  5. Setiap awal kata pada judul buku harus menggunakan huruf kapital, terkecuali pada kata tugas.
  6. Pada judul artikel ditulis menggunakan huruf kecil, kecuali untuk huruf awalnya harus kapital.
  7. Urutan daftar pustaka harus sesuai dengan alfabet.
  8. Jarak atau spasi antara satu referensi satau dengan referensi judul yang lainnya adalah 1,5 sampai 2.
  9. Untuk sambungna referensi diketik dengan menjorok ke dalam sebanyak 5 sampai 7 ketukan dan spasinya rapat atau tuggal satu.
  10. Nama penulis dapat diganti dengan garis saja apabila dari penulis menggunakan beberapa referensi atau rujukan.

Apa Tips Dalam Menulis Daftar Pustaka?

Ada beberapa tips yang akan memudahkan anda dalam menulis daftar pustaka yaitu :

  1. Anda harus mengklasifikasikan sumber ataupu referensi berdasarkan kategori. Seperti misalnya pengklasifikasian bisa dimulai dari referensi kategori buku, kategori majalah, kategori jurnal, kategori jurnal online, kategori surat kabar dan lainnya. Hal ini dilakukan agar anda bisa fokus dalam menulis daftar pustaka berdasarkan kategori karena setiap kategori mempunyai format penulisan yang hampir sama.
  2. Setelah anda melakukan klasifikasi, anda bisa mengurutkan masing-masing sumber sesuai abjadnya. Hal ini dilakukan untuk memudahkan anda ketika anda mulai untuk menulis daftar pustakan. Selain itu juga akan memudahkan anda pada saat menyusun daftar pustaka secara keseluruhan.
  3. Tips terakhir dalam menulis daftar pustaka adalah anda harus menulis daftar pustaka sesuai dengan tata cara yang sudah ditentukan dan disesuaikan oleh setiap kategori sumber.

Hal-Hal Umum Apa Saja Yang Harus Diperhatikan Saat Menulis Daftar Pustaka?

Sama seperti prinsip dalam menulis daftar pustaka, hanya saja berikut ini akan kami jelaskan lebih detail tentang hal-hal yang bisa dikatakan paling umum dan harus diperhatikan ketika anda menyusun daftar pustaka, yakni :

  1. Struktur penulisan pada daftar pustaka dimulai dari urutan nama, tahun terbit, judul, lokasi penerbit, kemudian nama penerbit.
  2. Pada setiap bagia harus dipisah menggunakan tanda titik, “.”.
  3. Pada lokasi penerbit dengan nama penerbit harus dipisahkan menggunakan tanda titik, “:”.
  4. Pada penulisan nama penulis anda tidak perlu menyertakan gelar akademiknya maupun keturunan dan juga agamanya.
  5. Penulisan judul karya tulis harus menggunakan font italic. Terkecuali jika bersumber dari artikel maka judul artikel ditulis seperti biasa apapun bahasanya. Kemudian pada penulisan judul artikel jika terdapat istilah asing maka anda harus ditulis miring.
  6. Yang juga perlu anda ketahui adalah kategori sumber berpengaruh terhadap cara penulisan daftar pustaka itu sendiri.

Bagaimana Cara Menulis Daftar Pustaka?

Karena ada beberapa sumber saat menulis daftar pustaka, maka pembahasan selanjutnya akan dijelaskan bagaimana cara dalam penulisan daftar pustaka berdasarkan kategori sumbernya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *