Contoh Berita Acara Untuk Berbagai Keperluan


Berita Acara Resmi Dan Tidak Resmi – Berita acara adalah sebuah bukti legal yang berisi suatu pengesahan atau pernyataan di dalam sebuah acara. Disamping itu, berita acara juga dapat dijadikan sebagai bukti legal mengenai peristiwa tertentu, serah terima, transasksi, jual beli, insiden tertentu dan masih banyak lagi yang lainnya.



Berita acara berfungsi untuk menjadi sebuah bukti legal tertulis atas sebuah transaksi atau peristiwa yang tertentu. Membuat berita acara ini bisa dibilang cukup sulit karena jenis surat ini mempunyai cakupan yang sangat luas dan biasa digunakan untuk beragam situasi dan kondisi.

Bahkan setiap perusahaan atau lembaga mempunyai patokan sendiri-sendiri dalam membuat berita acara. Akan tetapi, secara umum berita acara ini harus menggunakan konsep yang resmi dan memakai bahasa yang baku. Selain itu, berita acara juga harus mengikuti standar yang umum untuk digunakan.

acara

Mengingat berita acara ini merupakan sejenis surat resmi yang nantinya akan dijadikan sebagai arsip atau dokumen khusus sebagai bukti jika dibutuhkan di kemudian hari. Disamping itu, juga untuk menghindarkan terjadinya berbagai penipuan atau berita hoaks.

Namun banyak sekali orang yang masih bingung dalam memahami berita acara. Maka dari itu,  untuk dapat memudahkan anda dalam belajar, berikut ini kami akan memberikan contoh dari berita acara yang baik dan benar.

Contoh-contoh yang akan kami ulas berikut ini terdiri dari jenis contoh berita acara rapat, serah terima, kehilangan, serah terima suatu pekerjaan, kerusakan barang, acara kehilangan dokumen penting, acara kegiatan sekolah, contoh dari berita acara pemeriksaan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

Contoh Berita Acara Rapat

berita acara resmi

Sebelum membahas contoh dari berita acara rapat, anda harus memahami terlebih dulu apa itu pengertian berita acara rapat. Berita acara rapat adalah sebuah catatan dan pernyataan tentang jalannya agenda rapat yang dilakukan. Berita acara ini meliputi catatan resmi tentang agenda yang dilakukan. Berikut ini adalah contoh dari berita acara rapat yang dapat anda jadikan sebagai acuan.

Berita Acara  Di Desa Cimanggi Kelurahan Jatisari Kecamatan Majalengka Jawa Barat

Untuk Program Pendamping

Sehubungan dengan adanya acara rapat perencanaan agenda perbaikan jalan di desa Cimanggi kelurahan Jatisari Kecamatan Majalengka Jawa Barat yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal : Minggu, 11 Juni 2018

Waktu : Pukul 08.00 – selesai

Lokasi : Balai kelurahan Cimanggi kelurahan Jati Sari Kecamatan Majalengka Jawa Barat

Materi ataupun topik yang akan dibahas dan didikusikan pada agenda tersebut mempunyai beberapa tugas. Baik sebagai unsur dari kepala rapat itu sendiri dan unsur narasumber adalah :

Pemimpinan Rapat :

Sekretaris Rapat :

Narasumber :

  • …………………dari….
  • …………………dari….
  • …………………dari….

Setelah dilakukan pembahasan serta disukusi tentang materi dan topik tersebut, selanjutnya semua peserta menentukan dan menyetujui berbagai hal yang akan menjadi keputusan akhir, yaitu :

…………………….



Leave a Reply

Your email address will not be published.