Contoh Berita Acara Untuk Berbagai Keperluan


Berita Acara Resmi Dan Tidak Resmi – Berita acara adalah sebuah bukti legal yang berisi suatu pengesahan atau pernyataan di dalam sebuah acara. Disamping itu, berita acara juga dapat dijadikan sebagai bukti legal mengenai peristiwa tertentu, serah terima, transasksi, jual beli, insiden tertentu dan masih banyak lagi yang lainnya.



Berita acara berfungsi untuk menjadi sebuah bukti legal tertulis atas sebuah transaksi atau peristiwa yang tertentu. Membuat berita acara ini bisa dibilang cukup sulit karena jenis surat ini mempunyai cakupan yang sangat luas dan biasa digunakan untuk beragam situasi dan kondisi.

Bahkan setiap perusahaan atau lembaga mempunyai patokan sendiri-sendiri dalam membuat berita acara. Akan tetapi, secara umum berita acara ini harus menggunakan konsep yang resmi dan memakai bahasa yang baku. Selain itu, berita acara juga harus mengikuti standar yang umum untuk digunakan.

acara

Mengingat berita acara ini merupakan sejenis surat resmi yang nantinya akan dijadikan sebagai arsip atau dokumen khusus sebagai bukti jika dibutuhkan di kemudian hari. Disamping itu, juga untuk menghindarkan terjadinya berbagai penipuan atau berita hoaks.

Namun banyak sekali orang yang masih bingung dalam memahami berita acara. Maka dari itu,  untuk dapat memudahkan anda dalam belajar, berikut ini kami akan memberikan contoh dari berita acara yang baik dan benar.



Contoh-contoh yang akan kami ulas berikut ini terdiri dari jenis contoh berita acara rapat, serah terima, kehilangan, serah terima suatu pekerjaan, kerusakan barang, acara kehilangan dokumen penting, acara kegiatan sekolah, contoh dari berita acara pemeriksaan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

Contoh Berita Acara Rapat

berita acara resmi

Sebelum membahas contoh dari berita acara rapat, anda harus memahami terlebih dulu apa itu pengertian berita acara rapat. Berita acara rapat adalah sebuah catatan dan pernyataan tentang jalannya agenda rapat yang dilakukan. Berita acara ini meliputi catatan resmi tentang agenda yang dilakukan. Berikut ini adalah contoh dari berita acara rapat yang dapat anda jadikan sebagai acuan.

Berita Acara  Di Desa Cimanggi Kelurahan Jatisari Kecamatan Majalengka Jawa Barat

Untuk Program Pendamping

Sehubungan dengan adanya acara rapat perencanaan agenda perbaikan jalan di desa Cimanggi kelurahan Jatisari Kecamatan Majalengka Jawa Barat yang akan dilaksanakan pada :



Hari/Tanggal : Minggu, 11 Juni 2018

Waktu : Pukul 08.00 – selesai

Lokasi : Balai kelurahan Cimanggi kelurahan Jati Sari Kecamatan Majalengka Jawa Barat

Materi ataupun topik yang akan dibahas dan didikusikan pada agenda tersebut mempunyai beberapa tugas. Baik sebagai unsur dari kepala rapat itu sendiri dan unsur narasumber adalah :



Pemimpinan Rapat :

Sekretaris Rapat :

Narasumber :

  • …………………dari….
  • …………………dari….
  • …………………dari….

Setelah dilakukan pembahasan serta disukusi tentang materi dan topik tersebut, selanjutnya semua peserta menentukan dan menyetujui berbagai hal yang akan menjadi keputusan akhir, yaitu :

…………………….

…………………….

…………………….

…………………….

…………………….

Demikian berita acara yang kami buat berdasarkan tanggung jawab sepenuhnya agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Cimanggi, 11 Juni 2018

Pimpinan Rapat

………………..

Sekretaris Rapat

………………..

Mengetahui,

Lurah Desa Cimanggi

………………..

Contoh Berita Acara Kejadian

berita acara kejadian

Contoh berita acara yang berikutnya adalah berita acara kejadian. Berita acara kejadian adalah sebuah bertia acara yang di dalamnya terdapat susunan dari kejadian tertentu. Pembuatan berita acara memiliki tujuan dapat dijadikan sebagai bukti legal mengenai berlangsungnya sebuah kejadian tertentu.

Pada umumnya, berita acara kejadian ini meliputi kejadian tertentu. Berita acara untuk kejadian ini biasa meliputi berbagai kejadian pencurian, penganiayaan, pemerkosaan dan lain sebagainya. Berikut ini kami akan memberikan contoh dari berita acara kejadian yang dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran.

Berita Acara Kejadian

Nomor : -/III/BIK/05/2017

Pada hari kamis, tepatnya 21 Maret 2018 pukul 08.00 WIB, Saya

Jabatan………………………….setelah mendapatkan laporan mengenai……….selanjutnya membuat sebauh berita acara kejadian sebagaimana berikut ini :

Saya telah mendapatkan sebuah laporan dari seseorang :

Pekerjaan : Penjual bakso

Yang telah melaporkan sebuah kejadian bahwa terjadi : Perampokan

Saya yang dibantu oleh :

………………….akan berusaha untuk menangani kasus ini dengan memohon keterangan kemudian memeriksa para korban dan pelapri, adapun keterangan yang diperoleh adalah sebagai berikut :

  1. Korban :

Nama : Suliyati

Umur : 24 Tahun

Alamat : Jl. Cemara No. 45 Malang

  1. Pelaku :

Nama : AN

Umur : 30 tahun

Alamat : Perumahan Pondok Cabe No. 11 Sidoarjo

  1. Saksi :

Nama : Ahmad Safi

Umur : 36 tahun

Alamat : Jl. Cemara No 34 Malang

  1. Kerugian : Uang sebesar 30 juta rupiah
  2. Barang bukti : KTP, SIM, dan Pisau
  3. Kronologi kejadian : Saat itu Suliyati tengah keluar dari bank setalah mengambil uang sejumlah 30 juta rupiah. Ketika berjalan menuju halte untuk menunggu kedatangan bis, tiba-tiba seorang pria dengan mengenakan motor langsung mangambil tasnya. Suliyatu pun berteriak untuk meminta pertolongon dari orang lainnya. Akhirnya perampok yang telah merampas tas tersebut berhasil ditangkap.
  4. Tindakan yang diambil : Pertama adalah dengan menangkap pelaku dan kemudian langsung melaporkan pelaku kepada pihak yang berwajib untuk melalui proses persidangan.

Demikian berita acara mengenai pemeriksaan kejadian ini kami buat dengan sebenar-benarnya tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Berita acara kejadian ini bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya. Selanjutnya ditutup dan ditandatangani sesuai dengan tanggal dan tempat seperti yang telah disebutkan di atas.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *