Cara Menghitung Subnetting ipv4 dan ipv6


Cara Subnetting Kelas CSelamat datang di website kami. Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas secara lengkap dan jelas mengenai cara menghitung subnetting ipv4 dan upv6 dengan benar dan cepat. Nah, untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak pembahasan selengkapnya berikut ini.



Mungkin ada banyak hal yang orang masih belum ketahui mengenai dasar-dasar jaringan komputer. Termasuk aktivitas subnetting dan subnet mask. Dua hal tersebut memiliki peran yang sangat penting dalam suatu jaringan komputer.

 Pengertian dari subnetting sendiri adalah sebuah teknik memecahkan network (jaringan komputer) menjadi beberapa subnetwork yang menjadi lebih kecil. Subnetting hanya bisa dilakukan pada IP Adress kelas A, kelas B, dan juga kelas C. Dan dengan teknik subnetting ini, maka suatu network akan menciptakan beberapa network tambahan, namun hal itu  sayangnya dapat mengurangi jumlah maksimum host yang terdapat dalam network tersebut.

Untuk perhitungan Subnetting dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan cara binary yang relatif lambat dan dengan cara khusus yang akan lebih cepat. Pada hakekatnya untuk semua pertanyaan mengenai subnetting akan dapat berkisar pada empat masalah  yaitu : pada Jumlah Subnet, Jumlah Host per Subnet, Blok subnet dan pada alamat Host-Broadcast.



Leave a Reply

Your email address will not be published.