Cara Menghitung Siklus Menstruasi Wanita


Cara Menghitung Haid – Masa subur pada seorang perempuan memang harus diperhitungkan dengan baik untuk dapat menetapkan kapan waktu yang baik untuk melakukan seks bagi mereka yang ingin memiliki anak atau bahkan menghindarinya. Maka dari itu, penting sekali bagi para perempuan untuk mengetahui bagaimana cara menghitung masa subur wanita yang benar.



Meskipun anda biasa menyebutnya datang bulan, tamu bulanan, menstruasi, atau sebutan yang lainnya, pada dasarnya menstruasi merupakan suatu keadaan yang pasti akan dirasakan dan dijalani oleh para perempuan, mulai akil balik bahkan hingga umur 40an-50an. Hal ini merupakan keadaan yang rutin dalam proses perkembangan.

Penting bagi para perempuan untuk dapat mengetahui kalender menstruasinya dan tahu bagaimana cara menghitung masa subur setelah haid atau menstruasi. Masa pelepasan ovum sangat bervariasi waktunya, hal ini disesuaikan dengan kondisi emosi perempuan. Emosi perempuan sangat memengaruhi reflex hipotalamus sehingga bisa  memengaruhi lepasnya faktor FSH dan LG serta akan memengaruhi waktu ovulasi.

Pada wanita dengan siklus haid selama 28 hari, sel telur yang mencapai kematangan sempurna akan dilepaskan di hari yang ke-14. Yang diartikan sebagai 14 hari sebelum hari ke-1 fase perdarahan dalam siklus haid berikutnya dan bukan 14 hari sesudah fase perdarahan sebelumnya. Pada wanita yang mempunyai siklus haid tidak sama dengan 28 hari misalnya 30 hari, maka ovulasi akan terjadi pada hari ke-16 setelah hari ke-1 fase perdarahan terakhir atau 14 hari sebelum hari ke-1 fase perdarahan berikutnya.



Leave a Reply

Your email address will not be published.