Cara Menghitung Persen Dengan Rumus Persentase Tercepat


Cara Menghitung Persentase – Rumus mencari persen adalah salah satu rumus yang terdapat di tingkat pendidikan SD dan SMP.  Rumus matematika menghitung persen ini sering digunakan untuk mencari jumlah presentasi sebuah nilai penjualan ataupun nilai keuntungan.

Pengertian persen dalam bahasa matematika adalah sebuah rasio (perbandingan) dalam bentuk angka untuk dapat menyatakan nilai pecahan dari seratus dan persen yang sering disamakan dengan presentase karena tujuan dan maksudnya memang sama.

Sedangkan untuk rumus mencari persen matematika itu sendiri di tunjukkan dengan simbol %. Perlu diingat, walaupun Rumus matematika persentase ini  ditujukan bagi siswa SD dan SMP namun juga sering muncul pada Soal-Soal matematika  persentase di ujian penerimaan pegawai baru. Apabila anda akan mengikuti ujian penerimaan pegawai baru disarankan untuk mempelajari rumus ini.

Baca juga: Cara Menghitung Persen Di Excel

Untuk itu disini saya sebagai penulis akan memberikan kepada anda penjelasan tentang Rumus Mencari Persentase dan Cara Mencari Rumus Persen secara detail dan telah dilengkapi juga dengan contoh soal matematika persetanse yang lengkap sehingga dapat memudahkan anda untuk memahami salah satu rumus matematika dasar  ini.

Rumus Persen Sangat Sederhana

Sebenarnya Rumus cara menghitung persentase itu sendiri sangatlah sederhana dan cukup mudah untuk dipahami, Namun kadang-kadang sesorang sering lupa Karena memang rumus matematika  tersebut juga sangat jarang digunakan oleh mereka sendiri atau lebih tepatnya banyak orang yang lupa karena tidak pernah dipelajari kembali.

Sedangkan untuk  Rumus Menghitung Persentase sendiri mempunyai 2 jenis rumus matematika turunan yaitu:

Nilai Persen = Nilai persen x Nilai pecahan  / 100.

Rumus Mencari Persentase yang ke-dua adalah

Nilai Persen = Nilai / Nilai Pecahan x 100.

Contoh Soal Menghitung Persen

Sementara, hanya itu penjelasan yang dapat dapat saya berikan kepada anda tentang Rumus Menghitung Persentase dan soal matematika tentang persen yang lengkap dan cukup detail.

Dengan menyertakan penjelasan  dan contoh soal serta pembahasan yang saya harapkan bisa membuat para pembaca bisa lebih mudah untuk dapat memahami dan banyak latihan agar tidak lupa untuk mengingat materi ini kembali.

Ternyata sangat mudah dan tidak seribet yang Anda bayangkan bukan?

Cara menghitung persen yang masuk dalam Ilmu Matematika ini sangat erat kaitannya dalam hal perdagangan dan  hal yang lainnya. Misalnya saja, untuk dapat menghitung diskon dari suatu barang dan untuk menghitung persentase pinjaman dari bank. Pada intinya, menghitung persen dapat  Anda lakukan secara manual maupun menggunakan kalkulator. Contoh yang kami bagikan di atas adalah contoh penghitungan persen menggunakan manual. Jadi, tanpa menggunakan kalkulator pun akan menjadi mudah dalam menghitung persen.

Baca juga: Cara Menghitung Diskon

Belajar Matematika memang sanga mudah. Mengapa demikian? Mudahnya belajar Matematika adalah karena belajar ilmu yang satu ini hanya menggunakan logika dan bilangan. Jika ada berbagai macam kesulitan pada saat mempelajari ilmu Matematika, maka Anda bisa terus berlatih dan terus belajar mengerjakan soal.

Apabila Anda sudah berpendapat bahwa Matematika itu mudah, maka belajar Matematika Anda juga akan lebih mudah. Termasuk di dalamnya belajar cara menghitung persen. Jangan berhenti untuk terus asah kemampuan Anda dalam menghitung persen.

Demikian artikel yang saya tulis semoga bermanfaat untuk para pembaca dan semua pengunjung blog cara menghitung ini.

Advertisement

Leave a Comment