Cara Menghitung Persen di Excel dengan Rumus dan Contoh Soal


Menghitung Persen di Excel – Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas dan mempelajari sedikit tentang bagiamana cara menghitung persen dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Seperti kita tau, bahwa excel spreadsheet adalah salah satu dari sekian banyak aplikasi pengolahan data yang cukup familiar dan banyak digunakan.

Persentase sendiri merupakan bagian yang tidak terpisahkan saat mengolah dan menyajikan data. Persentase juga sangat memudahkan pengguna atau pembaca data untuk lebih cepat dan tanggap menangkap ataupun menganalisis data.

Dalam pengolahan data istilah persen atau persentase tentu sudah tak asing lagi. Persentase juga biasa disebut sebagi perseratus. Istilah perhitungan ini lebih merujuk pada suatu perbandingan atau rasio yang menyatakan pecahan dari seratus. Persentase sendiri dinyatakan dalam satuan persen atau dalam bahasa Inggris adalah “percent” yang merupakan kependekan dari kata per centum yang artinya per seratus.

Bilangan persen atau persentase dinyatakan dengan lambang satuan %.

Setiap bilangan angka pada intinya bisa dinyatakan sebagai rasio perbandingan dengan angka 1. Angka 0,5 misalnya, bila dinyatakan sebagai perbandingan, maka nilainya bsa ditulis sebagai 0,5/1.

Apabila angka 0,5 dinyatakan dalam bentuk pecahan per seratus atau (persen) maka nilainya 50% yang diperoleh dengan cara mengalikan angka 0,5 dengan 100% atau 100/100.

50% atau 50 persen artinya adalah 50 perseratus yang nilainya sama dengan 50/100 = 0,50/1 = 0,50.

Lalu, bagaimanakah cara menghitung persen di microsoft excel dengan rumus? Nah, untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak cara menghitung persen di bawah ini.

Baca juga: Cara Menghitung Umur Microsoft Excel

Menampilkan Presentase di Cell Ms. Excel

Ada beragam format yang tersedia di Ms. Excel untuk angka, salah satunya adalah format persentase (Percentage). Tetapi secara defaultnya, persentase di Ms. Excel disajikan dalam format pecahan desimal. Sebagai contoh, misal nilai yang seharusnya 25%, maka secara defaultnya tampilannya menjadi 0,25. Langkah-langkah untuk menampilkan format persentase (sebelumnya harus diubah format cellnya yang berisikan nilai) adalah sebagai berikut :

  1. Pilih cell yang akan diisi data yang tampilannya akan diubah dalam bentuk persentase.
  2. Klik kanan lalu pilih format cell atau dengan shortcut di keyboard Ctrl + 1. Bisa juga dengan klik menu home lalu lihat kotak format cell di box number. 
  3. Akan muncul kotak dialog box format cell. Pilih percentage, lalu pilih sesuai kebutuhan pilihan jumlah desimal mana yang ingin digunakan. Klik OK.

Tipe Penghitungan Persentase

Ketika kita mengolah data maupun menghitung persentasenya, maka akan terdapat dua jenis perhitungan persentase, yaitu persentase dari proporsi dan persentase perubahan apabila dibandingkan dengan data yang lain.

Persentasi dari Proporsi

Untuk persentase dari proporsi, contoh sederhananya adalah misalkan saat ulangan matematika terdapat 50 soal dan hanya bisa mengerjakan 40 soal dengan benar, lalu berapa persentasenya? Cara menghitungnya dengan Excel cukup mudah, yaitu :

Dengan rumus

Dan hasilnya

Persentase Perubahan (Kenaikan atau Penurunan)

Sedangkan untuk persentase perubahan (kenaikan atau penurunan), contoh persoalannya adalah misalnya pada bulan Desember 2014 produk a bisa menghasilkan penjualan sebesar Rp. 2.000.000 dan pada bulan Januari penghasilannya Rp. 2.500.000, lalu berapa persentase kenaikan penjualannya?

Rumus

Hasilnya

Rumus Persentase Perubahan Penjualan
% = (jumlah akhir-jumlah awal/ jumlah awal)

Baca juga: Cara Menghitung Persen Diskon

Sekian artikel mengenai pembahasan cara menghitung persen di Excel. Semoga benar-benar bisa membantu dan bermanfaat.

Advertisement

Leave a Comment