Cara Menghitung Bilangan Pecahan Campuran


Contoh Soal Pecahan Campuran – Bilangan pecahan pernah kita jumpai saat duduk di bangku Sekolah Dasar dan memang merupakan pelajaran yang sangat dasar pada pelajaran matematika.



Sebelum membahas mengenai pecahan campuran, kami akan membahas terlebih dahulu mengenai perbedaan antara pecahan biasa dan pecahan campuran. Berikut ini adalah perbedaan antara pecahan biasa dan pecahan campuran yang perlu anda ketahui.

  • Pecahan Biasa merupakan Pecahan Murni, yang dimana pada bilangan tersebut hanya ada bilangan pecahan saja, atau bahasa umumnya adalah Pecahan yang memiliki nilai lebih kecil dari angka satu (1).
  • Pecahan Campuran, sebenarnya Pecahan Biasa juga, hanya saja dalam bilangan Pecahan tersebut terdiri dari dua bagian, bagian yang pertama adalah Bilangan bulat dan bagian yang kedua yaitu pecahan biasa, atau bahasa umumnya adalah Pecahan yang memiliki nilai lebih besar dari bilangan satu (1).

Bilangan pecahan sendiri adalah bilangan yang terdiri atas pembilang dan penyebut. Dimana, pembilang adalah bilangan yang berada diatas penyebut atau bilangan yang akan dibagi oleh penyebut. Sedangkan, penyebut adalah bilangan yang berada dibawah pembilang atau bilangan yang akan membagi penyebut. Atau lebih sederhananya :

  • Pembilang = bilangan yang dibagi.
  • Penyebut = bilangan yang membagi.

Misal ada bilangan pecahan ½, bilangan 1 adalah pembilang dan bilangan 2 adalah penyebut.

Jika pada pecahan campuran, terdiri atas bilangan bulat dan pecahan biasa. Misal ada bilangan pecahan campuran 3½, maka bilangan 3 adalah bilangan biasa dan ½ adalah pecahan biasa.



Leave a Reply

Your email address will not be published.