Cara Menghitung Kalori Tubuh Per Hari


Rumus Menghitung Kalori –  Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai cara menghitung kalori tubuh per hari wanita dan pria. Namun sebelum itu, kami akan membahas terlebih dahulu mengenai pengertian kalori. Nah untuk lebih jelasnya, mari langsung saja simak pembahasan berikut ini.



Pengertian dari kalori adalah suatu unit pengukuran untuk menyatakan jumlah energi dalam makanan. Ketika kita sedang makan atau minum, maka kita akan memberikan energi (kalori) pada tubuh kita. Tubuh kemudian akan menggunakan energi tersebut sebagai bahan bakar untuk berbagai aktivitas kita. Semakin banyak kegiatan yang telah kita lakukan, maka akan semakin banyak sekali energi atau kalori yang sudah terpakai.

Jumlah kalori dalam suatu makanan pada umumnya akan ditulis dalam satuan “kilokalori” atau “kkal”. Misalnya saja, 500 kalori akan ditulis sebagai 500 kkal. Tidak hanya dalam kkal, kalori juga bisa ditulis dalam satuan “kilojoules” atau “kJ”. 1 kJ yang setara dengan 0,239 kalori.

Baca juga: Kalkulator Berat Badan Ideal

Lalu kenapa kita perlu membahas kebutuhan kalori tubuh per hari? Karena memang kalori merupakan kebutuhan yang tubuh yang sangat penting. Terutama untuk anda yang :

  • Ingin menurunkan berat badan
  • Ingin menggemukkan badan
  • Butuh perawatan untuk penyembuhan penyakit seperti diabetes, kolesterol dan sebagainya

Inilah ilmu basic yang harus anda ketahui, Apabila  anda termasuk dari 3 orang yang telah disebutkan diatas. Sebab, kalori adalah energi tubuh kita yang merupakan  satuan unit energi. Apabila anda tidak mampu mengontrol berapa kalori dari makanan atau minuman yang anda makan sehari-hari dan tidak pula mengontrol kebutuhan kalori harian, maka tak heran jika anda tiba-tiba menjadi  gemuk atau kurus. Karena kaitanya sangat erat dengan metabolisme tubuh.

Rumus Menghitung Kebutuhan Kalori



Rumus hitungan yang digunakan untuk dapat mengetahui kebutuhan kalori tubuh anda yaitu : BMR x Nilai level aktivitas.

Sebelum  anda dapat menghitung kebutuhan tubuh anda per hari, anda harus bisa bagaimana cara menghitung  Basal metabolic rate (BMR). BMR merupakan energi atau kalori yang dibutuhkan selama sehari dalam kondisi istirahat.

  • Rumus menghitung BMR laki laki = 66,4730 + (13,7516 + BB kg) + (5,00 x TB cm) – (6,7550 x usia)
  • Rumus menghitung BMR perempuan = 655,0955 + (9,5634 x BB kg) + (1,8496 x TB) – (4,6756 x usia )

Keterangan :

  • BB : Berapa berat badan dalam satuan kg
  • TB : Berapa tinggi badan dalam satuan cm
  • X usia : berapa usia sekarang

Apabila sudah mendapat BMR, berikutnya akan kita kalikan dengan nilai level aktivitas. Berikut adalah nilai level aktivitas:

  1. Tidak aktif = 1,2. Artinya mereka tidak berolahraga sama sekali dalam seminggu.
  2. Aktivitas ringan = 1,375. Artinya mereka berolahraga sekitar 1-3 kali dalam seminggu.
  3. Aktivitas sedang = 1,55. Artinya mereka berolahraga sekitar 3-5 kali dalam seminggu.
  4. Aktivitas berat = 1,725. Artinya mereka berolahraga sekitar 5-6 kali dalam seminggu.
  5. Aktivitas sangat berat = 1,9. Artinya mereka berolahraga sekitar 2 kali dalam sehari, termasuk latihan fisik ekstra berat, atau memang job desc-nya full aktivitas fisik.

Contoh Cara Menghitung Kalori

Misal ada seorang wanita dengan berat badan, tinggi badan, usia dan level aktivitas sebagai berikut:



Leave a Reply

Your email address will not be published.