Cara Menghitung Akar Kuadrat Tanpa Kalkulator


Rumus Akar Kuadrat – Ada banyak sekali ilmu yang dapat kita pelajari. Salah satu ilmu yang bisa dibilang sangat ditakuti oleh banyak orang adalah matematika. Ilmu hitung yang satu ini memang seakan-akan menjadi pelajaran yang sangat menakutkan bagi sebagian orang. Namun sebenarnya matematika tidak sesulit seperti apa yang kita bayangkan. Pada intinya kita harus menghafal rumus serta bagaimana cara menghitungnya. Maka dengan demikian seluruh soal akan terselesaikan dengan baik. Lantas bagaimana dengan akar kuadrat? Dan bagaimana cara menghitung akar kuadrat manual dengan?



Akar kuadrat sendiri menjadi salah satu perhitungan dasar mulai dari anak SD, SMP sampai SMA. Maka tak heran jika persoalan akar kuadrat akan sering ditemui pada soal ujian akhir nasional (UAN), SNMPTN, SPMB ataupun ujian masuk perguruan tinggi negeri/swasta lainnya. Maka dari itu, perhitungan akar kwadrat ini menjadi salah satu hal penting yang perlu diketahui dan dikuasai oleh para pelajar/mahasiswa/i.

Baca juga: Cara Menghitung Pecahan Campuran

Tahukah anda apa itu akar kuadrat? Akar kuadrat merupakan perhitungan matematika aljabar dari sebuah faktor angka dengan cara mengkuadratkan yang menghasilkan angka tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara menghitung akar kuadrat dengan hasil bilangan yang desimal ataupun koma. Supaya lebih jelasnya  untuk menghitung akar kuadrat dengan hasil desimal atau koma dapat anda lihat pada gambar dibawah ini :

Mungkin anda kurang paham apabila hanya melihat gambar. Baiklah disini saya akan mencoba untuk menjelaskan cara mencari akar kuadrat.

Step 1 :  Cobalah mencari, angka berapakah yang jika dikalikan maka hasilnya akan kurang dari atau sama dengan  2? Ya 1 x 1. Kemudian kurangi 2,3 dengan 1. Perlu diingat, harus ada 2 angka yang akan turun saat dikurangi.



Step 2 : Nah kemudian, tambahkan angka yang sebelumnya, maksudnya tambahkan angka 1 + 1. Dan sekarang kita memiliki angka 2, Sekarang cobalah lihat, dua puluh “berapa” dikalikan dengan “berapa” yang hasilnya akan menjadi kurang dari atau sama dengan 130? Sudah tentu 25 x 5 = 125. Kemudian, kurangi  130 dengan 125 maka hasilnya adalah 5. Perlu diingat, bahwa dalam setiap operasi, harus ada 2 angka yang akan turun. Sehingga nantinya akan didapat angka 500.

Step 3 : Melakukan cara yang sama pada step 3 ini. Dengan cara menambahkan  25 + 5 = 30  kemudian tiga ratus “berapa” dikalikan  dengan berapa yang hasilnya menjadi kurang dari atau sama dengan 500. Tentunya 301 x 1 = 301.

Step 4 : Melakukan cara yang sama. Sehingga nanti akan diperoleh  3026 x 6 = 18156. Nanti akan tersisa 1744.

Step 5 : Melihat angka-angka satuan yang sudah kita dapatkan seperti angka 1 5 1 6, akan menjadi hasil dari akar pangkat dua dari 2,3. Dengan menyimpan koma ,Setelah angka yang pertama.

Jadi, kita dapat menemukan hasilnya bahwa akar pangkat dua dari 2,3 yaitu 1,516. Tanpa perlu menggunakan kalkulator.



Leave a Reply

Your email address will not be published.