Cara Menghitung Akar Pangkat 3 Dan Contoh Soal


Rumus Akar Pangkat 3 – Pada pembahasan yang sebelumnya kita sudah mengetahui dan memahami bagaimana cara menghitung akar kuadrat pangkat dua (2), sudah saya jelaskan bahwa dalam operasi perpangkatan adalah perkalian secara berulang dengan unsur yang sama, hal ini pun juga berlaku dalam bilangan yang berpangkat tiga. Untuk penjelasan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus yang digunakan untuk mencari dan menghitung akar pangkat tiga (3). Pembahasan kali ini meliputi dari pengertian akar pangkat tiga, bagaimana cara menghitung akar pangkat tiga (3), cara mencari akar pangkat tiga (3) dan rumus akar pangkat tiga.

Perlu anda ketahui bahwa menghitung akar kuadrat atau cara menghitung akar pangkat  sendiri bisa dibilang sangat mudah jika hanya dua atau tiga angka aja. Lalu bagaimana jika lebih dari itu? Bagaimana rumus akar kuadrat bila angkanya ribuan?



Tentunya akan sangat sulit untuk diselesaikan. Terlebih jika pengerjaannya harus secara manual, tanpa menggunakan kalkulator. Berbeda halnya jika dengan kalkulator, kita hanya cukup memasukkan angkanya saja dan diikuti tanda akar maka hasilnya otomatis akan muncul.

Baca juga: Rumus Pecahan Campuran

Sebelum masuk ke materi inti, ada beberapa hal yang harus anda ketahui. Cara menghitung akar tidak hanya ada satu cara. Ada beberapa cara yang dapat diterapkan, tetapi dengan hasil akhir yang sama. Namun yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini adalah cara menghitung akar kuadrat dan akar pangkat 3 secara manual. Nah, untuk  lebih jelasnya mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Akar Pangkat Tiga (3)

  • Pangkat tiga suatu bilangan bulat merupakan suatu bilangan yang didapat dari hasil perkalian bilangan bulat itu sendiri sebanyak tiga kali
  • 3˅ɑ = b → ɑ = b3 untuk a dan b bilangan bulat

Akar Pangkat Tiga Dari Suatu Bilangan Bulat

Perhatikan bilangan pangkat tiga dibawah ini:

Dari uraian tersebut bisa disimpulkan jika akar pangkat tiga dari suatu bilangan bulat adalah kebalikan dari perpangkatan tida dari bilangan itu sendiri.

Akar pangkat 3 dari sebarang bilangan dengan a > 0 yaitu bilangan positif ataupun nol.

3˅ɑ  ≥ 0 untuk a ≥ 0

Akar pangkat tiga dari sebarang bilangan a < 0 adalah negatif.

3˅ɑ ≤ 0 untuk a ≤ 0

Cara Untuk Mencari Dan Menghitung Akar Pangkat Tiga

Untuk dapat menentukan hasil dari pangkat tiga dari suatu bilangan bulat dapat dilakukan dengan cara menghitung langsung ataupun juga dapat memakai kalkulator.

1. Dengan Cara Menghitung

Pehatikanlah satuan hasil dari perpangkatan dari bilangan 0 sampai berikut ini.



Leave a Reply

Your email address will not be published.