Cara Mengatur Tabel Di Microsoft Excel


Edit Tabel Dan Kolom Di Excel – Microsoft Excel menjadi software paling bisa diandalkan untuk melakukan perhitungan, termasuk membuat, hingga menganalisis data dalam tabel. Software ini menawarkan banyak sekali fitur untuk menunjang pekerjaan tersebut. Seperti membuat tabel untuk data-data yang kita kumpulkan.

Membuat tabel di Excel adalah hal yang mudah. Akan tetapi tidak semua orang tahu persis bagaimana cara membuatnya. Padahal dengan membuat tabel kita akan lebih mudah dalam mengolah dan melakukan analisis. Tidak hanya itu saja, dengan tabel kita bisa melakukan sortir, filter, hingga membuat tabel bisa disajikan dengan menarik.

Penasaran bagaimana cara membuat tabel di Microsoft Excel? Silakan simak panduan kami berikut ini.

membuat tabel excel

Baca juga: Rumus Persen Di Excel

Membuat Tabel dengan Insert Table

Ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk membuat tabel di Excel. Misalnya dengan memanfaatkan menu Insert Table. Perlu kami informasikan bahwa cara ini bisa Anda gunakan pada Microsoft Excel versi berapa saja. Akan tetapi kemungkinan ada sedikit perbedaan pada tampilan atau letak fitur.

Pada tutorial ini kami menggunakan Microsoft Excel 2019. Berikut tutorial selengkapnya yang dapat Anda praktekkan:

  • Silakan buka dokumen Excel Anda yang akan dibuatkan tabel. Anda juga bisa membuka dokumen baru dan memasukkan data-data yang dibutuhkan terlebih dahulu.
  • Jika sudah, seleksi data yang akan diubah menjadi tabel.
  • Klik tab Insert, lalu klik menu Table yang ada di grup Tables.

  • Anda juga bisa menekan tombol Ctrl + T pada keyboard untuk membuat tabel dengan cepat.
  • Muncul kotak dialog Create Table. Pastikan area yang diseleksi sudah tepat. Jika belum Anda bisa menyesuaikannya langsung pada lembar kerja Excel.
  • Apabila data yang Anda seleksi memiliki header atau judul kolom, maka jangan lupa untuk mencentang opsi My table has headers. Jika sudah klik tombol OK.

  • Data yang Anda seleksi akan berubah otomatis menjadi tabel. Anda bisa menyesuaikan jenis font, ukuran, warna tabel, lebar kolom atau baris, dan lain-lain.

  • Jika ingin mengubah warna tabel, silakan seleksi tabel tersebut lalu klik tab Design yang ada di sisi paling kanan.
  • Anda akan menjumpai Table Styles yang memuat banyak pilihan gaya tabel. Anda juga bisa membuat gaya baru.

Membuat Tabel dengan Menu Format as Table

Cara kedua kita bisa membuat tabel dengan menggunakan opsi Format as Table. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  • Seleksi atau blok data yang ingin diubah menjadi tabel.
  • Jika sudah klik tab Home, lalu pilih menu Format as Table yang ada di grup Style.

  • Anda akan menjumpai banyak sekali format tabel yang bisa dipilih. Silakan pilih salah satu yang diinginkan.
  • Berikutnya Anda akan melihat kotak dialog Format As Table. Anda bisa memeriksa kembali apakah range data yang dipilih sudah tepat. Jika belum sesuai Anda bisa  mengubahnya.
  • Jangan lupa untuk mencentang opsi My table has headers dan klik tombol OK..Jika data Anda tidak memiliki header dan membiarkan opsi tersebut tidak dicentang, maka aplikasi akan membuatkan header secara otomatis. Anda bisa mengubah nama masing-masing header tersebut.
  • Setelah klik tombol OK range data yang Anda pilih akan berubah menjadi tabel.

Dua cara yang kami sebutkan di atas ini memiliki beberapa kelebihan, terlebih jika Anda ingin menganalisis data-data tersebut. Cara ini memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai filter dengan kondisi atau syarat tertentu, ataupun melakukan sortir. Sehingga Anda bisa menyesuaikan data yang ditampilkan pada lembar kerja Excel.

Menu Table Styles

Baik cara pertama dan kedua memiliki tampilan yang serupa. Di samping itu keduanya juga memiliki menu Table Styles yang dapat diatur oleh pengguna. Ada beberapa opsi yang tersedia dan bisa dimunculkan pada tabel. Berikut penjelasan singkat masing-masing opsi tersebut:

  1. First Column: saat dicentang kolom pertama pada tabel akan dicetak tebal.
  2. Last Column: kepala dan isi kolom terakhir akan dicetak tebal.
  3. Banded Column: menampilkan garis vertikal di masing-masing kolom.
  4. Header Row: digunakan untuk menampilkan atau menghilangkan judul kolom yang ada di atas data.
  5. Banded Row: untuk menampilkan atau menghilangkan garis horizontal di setiap baris.
  6. Total Row: dipakai untuk menampilkan jumlah dari baris data yang ada di sisi paling kanan. Aplikasi akan menampilkan total di bagian bawah tabel. Anda bisa membiarkan opsi ini tidak dicentang jika tidak menginginkannya.
  7. Filter Button: dipakai untuk menampilkan menu dropdown yang ada di samping judul kolom. Dengan menu tersebut pengguna bisa melakukan filter ataupun sortir terhadap data yang ada pada tabel.

Membuat Tabel dengan Border

Ini adalah cara terakhir yang dapat Anda gunakan untuk membuat tabel di Excel. Mungkin Anda sudah mengerti bahwa software tersebut sudah dilengkapi dengan border atau pembatas berupa garis yang mengelilingi sel. Dengan fitur ini kita bisa membuat data-data yang kita ketikkan berubah menjadi sebuah tabel. Berikut langkah-langkahnya:

  • Blok atau seleksi data yang ingin diubah menjadi tabel.
  • Berikutnya klik tab Home, lalu pilih atau klik menu dropdown Border yang ada di grup Font. Secara default tombol menu ini berbentuk kotak.

  • Anda akan menjumpai banyak opsi border yang dapat dipilih. Mulai dari bottom border, top border, left border, right border, all borders, dan lain-lain. Masing-masing opsi memiliki kegunaan yang berbeda dan bisa Anda artikan dari simbolnya. Misalnya jika ingin menerapkan border atau garis untuk semua sel yang diseleksi, silakan klik opsi All Borders.

  • Anda bisa klik menu More Borders untuk melakukan kustomisasi. Atau dengan klik kanan pada range data yang diseleksi lalu pilih Format Cells. Nantinya akan muncul kotak dialog Format Cells. Pastikan Anda berada di tab Border.

  • Di menu ini kita bisa melakukan penyesuaian terhadap border yang akan diterapkan pada data yang diseleksi. Misalnya memilih jenis jenis garis, warna, dan juga menentukan di mana garis tersebut akan diterapkan.
  • Ada tiga presets yang dapat dipilih untuk mengaplikasikan garis border. Yakni None, Outline, dan Inside. Opsi None untuk menghilangkan garis border, Outline untuk memberikan garis di sisi paling tepi data yang diseleksi, dan Inside untuk memberikan garis di dalam range data.
  • Jika sudah selesai melakukan penyesuaian, silakan klik tombol OK yang ada di sisi kanan bawah.

Rumus Kolom Dan Tabel Excel

Rumus

Deskripsi

"abc"
Membuat kolom dengan teks abc di semua baris.

1+1
Membuat kolom dengan hasil 1 + 1 (2) di semua baris.

[UnitPrice] * [Quantity]
Membuat kolom dengan hasil mengalikan dua kolom tabel.
[UnitPrice] * (1 – [Discount]) * [Quantity] Menghitung harga total, dengan mempertimbangkan kolom Diskon.
“Hello” & [Name]

Menggabungkan Hello dengan konten kolom Nama di kolom baru.

Sekian yang bisa kami sampaikan seputar cara membuat tabel custom di excel. Seperti yang sudah Anda baca, pada aplikasi ini kita dimudahkan untuk membuat tabel dari suatu data yang sudah ada. Selain itu kita juga bisa melakukan penyesuaian terhadap tampilan tabel.

Baca juga: Kumpulan Rumus Excel Lengkap

Baik cara satu, dua, dan tiga mempunyai kelebihan masing-masing. Misalnya untuk cara ketiga Anda bisa membuat garis kolom atau baris saja. Di samping itu Anda bisa mengatur ketebalan garisnya.

Sedangkan cara satu dan dua memungkinkan Anda untuk menyaring ataupun memilah data dari tabel yang ingin ditampilkan. Dengan begitu Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *