Cara Menghitung Resistor Dan Tabel Warna


Menghitung Nilai ResistorResistor adalah sebuah komponen yang penting dan sering dijumpai pada sirkuit elektronik. Bisa dikatakan  hampir pada setiap sirkuit elektronik sudah pasti terdapat resistor. Namun banyak diantara kita yang sudah bekerja di perusahaan perakitan Elektronik  ataupun  yang menggunakan peralatan  Elektronik  tersebut tidak tahu bagaimana cara membaca kode warna dan kode angka yang  terdapat pada resistor itu sendiri.



Pada dasarnya Resistor adalah sebuah komponen Elektronika Pasif yang memiliki nilai resistansi atau hambatan tertentu yang memiliki fungsi untuk dapat membatasi dan mengatur arus listrik dalam suatu rangkaian Elektronika.

Berdasarkan bentuk dan proses pada pemasangan PCB, Resistor terdiri dari 2 bentuk yaitu komponen Axial/Radial dan Komponen Chip. Bentuk kompoen Axial/Radial,nilai pada resistor diwakili dengan kode warna sehingga kita harus tahu cara membaca dan mengetahui nilai-nilai yang terdapat pada warna tersebut sedangkan untuk komponen chip,nilainya diwakili dengan kode tertentu dan pastinya akan lebih mudah untuk membacanya. Kita juga dapat  mengetahui nilai suatu Resistor dengan cara menggunakan alat pengukur Ohm Meter atau MultiMeter. Satuan nilai Resistor adalah Ohm (Ω).



Leave a Reply

Your email address will not be published.